Cara Mudah Mengatasi Port Arduino Tidak Terdeteksi - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mudah Mengatasi Port Arduino Tidak Terdeteksi

Share This

Cara Mudah Mengatasi Port Arduino Tidak Terdeteksi - Arduino merupakan mikrokontroller papan tunggal yang bersifat open source (terbuka) yang saat ini banyak digunakan untuk mengembangkan robotik atau keperluan elektronik. Akan tetapi, pada artikel ini kita tidak akan membahas lebih detail mengenai arduino, kita akan membahas mengenai masalah pada port arduino yang tidak terdeteksi.



Permasalahan port arduino ini memang sudah sangat sering terjadi dan mungkin setiap orang yang pernah menggunakan arduino mengalami hal yang serupa. Dalam kondisi normal (port terdeteksi), kita bisa dengan sangat mudah mengupload program yang telah dibuat dari Arduino IDE ke mikrokontrorller Arduino. Sebaliknya, jika kondisinya port tidak terdeteksi maka peng-uploadan akan mengalami kegagalan. 


Walau mungkin terlihat sederhana, tetapi efek yang ditimbulkan sangat terasa. Hal tersebut menyebabkan kita tidak bisa mengupload sehingga tidak dapat menjalankan perintah yang telah dibuat pada program ke mikrokontoller Arduino. Dengan begitu, akan menghambat pekerjaan kita dalam membuat project. 


Apa sih yang menyebabkan port arduino yang tidak terdeteksi? Biasanya, penyebab mengapa port arduino tidak terdeteksi karena belum di instalnya driver yang khusus untuk menyambungkan antara laptop/komputer dengan arduino. Driver tersebut adalah Driver CH340, maka dari itu, apabila laptop/komputer belum pernah terinstal driver tersebut biasanya akan sulit mendeteksi port arduino.


Baca Juga :


Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Silahkan Anda ikuti beberapa langkah yang ada dibawah ini. Apabila ada yang kurang dimengerti mengenai langkah-langkah dibawah, tanyakan di kolom komentar ya.


Cara Mengatasi Port USB Arduino Uno Tidak Terbaca

1. Download terlebih dahulu driver yang dibutuhkan, Anda bisa mendownloadnya disini.

2. Apabila driver sudah berhasil di download, extract terlebih dahulu dalam satu folder.

3. Selanjutnya, buka folder dari hasil extract dan klik 2x pada SETUP.EXE

4. Akan muncul pop up DriverSetup, pilih Select INF Filenya CH341SER.INF.

5. Klik Install dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

6. Setelah proses berhasil, cabut terlebih dahulu USB yang terhubung dengan laptop/komputer dan sambungkan kembali.  

7. Apabila masih belum terdeteksi juga, lakukan restart laptop/komputer.


Bagaimana, sangat mudah bukan untuk mengatasi hal tersebut? Apakah sekarang port arduino sudah dapat terdeteksi? Sekarang Anda sudah bisa melanjutkan pekerjaan dalam membuat project dan dapat mengupload program yang telah dibuat ke dalam arduino.


Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Mengatasi Port Arduino Tidak Terdeteksi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close