Digitalisasi Bidang Konvensional Dengan Teknologi Cloud Computing - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Digitalisasi Bidang Konvensional Dengan Teknologi Cloud Computing

Share This

Digitalisasi Bidang Konvensional Dengan Teknologi Cloud Computing - Cloud Computing, teknologi yang sebetulnya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, dalam setiap harinya sadar atau tidak sadar kita sudah menggunakan teknologi cloud, masa sih? Iya betul, misalnya gadget yang biasa kita gunakan setiap harinya untuk keperluan browsing, media sosial, atau aktivitas lainnya sudah menerapkan teknologi Cloud Computing, bahkan Cloud Computing ini sudah masuk menjadi kurikulum pembelajaran di beberapa Perguruan Tinggi.


Pada tahun 2020 melalui Kominfo, Indonesia sempat mengumumkan ingin menjadi salah satu pemain dalam perekonomian digital terbesar di Asia Tenggara. Hal ini sangat bisa dilakukan jika melihat dari sisi pengguna internet di Indonesia yang sangat tinggi, yaitu sekitar 93,4 juta dan 71 juta pengguna telepon pintar (smartphone). Dengan banyaknya pengguna, sangat memungkinkan apabila Indonesia memiliki keinginan menjadi pemain atau bahkan menjadi raja perekonomian digital di Asia Tenggara.


Perekonomian digital ini mencakup berbagai sektor konvensional yang ada saat ini, salah satunya adalah UMKM. Pertumbuhan ekonomi digital UMKM Indonesia memiliki peningkatan yang sangat pesat, dilansir dari CNN Indonesia jumlah transaksi digital pada E-Commerce mencapai 80 juta transaksi pada tahun 2019 dan meningkat menjadi 140 juta transaksi sampai Agustus 2020 lalu. Angka tersebut tentunya sangat fantastis mengingat kondisi pada tahun tersebut sedang memasuki masa-masa pandemi virus corona.


Kebutuhan transaksi secara digital sangat dibutuhkan masyarakat, selain praktis juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli produk di toko-toko konvensional pada umumnya. Selain itu, keuntungan dari sisi penjualnya pun bisa menjangkau pembeli lebih luas karena tidak hanya di satu kota atau tempat saja. Disinilah peran teknologi Cloud Computing sebagai infrastruktur dalam menyukseskan digitalisasi perekonomian di Indonesia.     


Apa sih Cloud Computing?

Dari penjelasan awal diatas, sebetulnya apa sih Cloud Computing itu? Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah metode pengolahan sistem komputasi melalui jaringan internet yang terhubung dari satu perangkat dengan perangkat yang lainnya. Dari penjelasan tersebut, apakah sudah dapat dimengerti? Oke, untuk menyederhanakan penjelasan sebelumnya, kita ambil contoh penggunaan teknologi Cloud dari aplikasi yang sering digunakan sehari-hari untuk mengirim atau bertukar pesan secara gratis dan cepat alias aplikasi chatting


Dalam kasus ini, perangkat (device) gadget hanya memerlukan koneksi internet untuk bisa mengirim dan berbagi pesan menggunakan aplikasi. Jika perangkat terhubung dengan internet maka layanan pengiriman pesan akan berhasil dikirimkan, dan sebaliknya jika perangkat tidak terhubung dengan internet maka layanan pengiriman akan gagal dikirimkan. Tapi, tidak hanya si pengirim saja yang perlu untuk tersambung dengan internet, penerima pesan tersebut pun harus terhubung juga dengan internet. Jadi, keduanya (pengirim dan penerima) perlu untuk terhubung dengan internet.


Dengan contoh kasus diatas, semoga bisa memberikan pemahaman mengenai penjelasan Cloud Computing sebelumnya. Mengenai alur teknis dari Cloud Computing ini, bisa dilihat pada gambar dibawah ini ya.

sumber: idCloudHost


Manfaat dari Cloud Computing 

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat dan maju, saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang beralih menggunakan teknologi Cloud Computing sebagai infrastrukturnya, karena Cloud memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebelum adanya teknologi Cloud Computing, perusahaan-perusahaan minimal memerlukan Data Center khusus yang cukup besar juga dengan kapasitas yang besar untuk menunjang keberlangsungan produk perusahaan, selain itu biaya pengelolaan data center juga cukup besar.


Dengan adanya teknologi Cloud Computing ini membawa angin segar bagi perusahaan-perusahaan yang notabene berbasis di dunia industri digital. Perusahaan tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk Data Center dan pengelolaannya, tidak lagi khawatir apabila terjadi bencana di sekitar Data Center, tidak lagi khawatir akan adanya down karena banyaknya permintaan dari user. Semua masalah tersebut sangat bisa diatasi dengan Cloud Computing, sampai sini sudah paham kenapa Cloud Computing itu diperlukan? 


Mengapa di perlukan?

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, kehadiran Cloud Computing sangat diperlukan oleh banyak perusahaan, banyak perbedaan yang sudah dirasakan oleh perusahaan sebelum dan sesudah menggunakan Cloud. Untuk lebih meyakinkan lagi, berikut dibawah ini adalah perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan Cloud :

  1. Biaya yang dikeluarkan perusahaan sebelum menggunakan Cloud lebih banyak karena memerlukan Data Center dan biaya pengelolaannya (menggaji teknisi + pengelolaan server), sedangkan setelah menggunakan Cloud perusahaan tidak memerlukan Data Center lagi karena Server tersedia secara virtual.
  2. Sebelum menggunakan Cloud, Perusahaan harus merawat, memperbaiki dan mengelola Data Center secara rutin, sesudah menggunakan Cloud, Perusahaan tidak perlu lagi khawatir dengan Data Center yang rusak karena pusat dari server tersedia secara virtual
  3. Sebelum adanya Cloud, perusahaan menyimpan data perusahaan mereka secara konvensional sehingga data rentan rusak. Dengan menggunakan Cloud, perusahaan tidak perlu lagi khawatir dengan data yang rentan rusak karena semua data yang ada di server akan terjamin keamanannya.


Bagaimana? Apakah sudah mulai tertarik menggunakan teknologi Cloud untuk perusahaan Anda? Di Indonesia, ada banyak provider yang saat ini sudah menyediakan teknologi Cloud, salah satunya adalah idCloudHost. idCloudHost merupakan Cloud Provider Indonesia murah terbaik dengan banyaknya service yang bisa dipilih dan digunakan oleh clientnya. 

Tampilan utama website idCloudHost

Ada beberapa layanan teknologi yang bisa dipilih dengan provider idCloudHost, diantaranya :
1. Cloud Hosting
Dikutip dari idCloudHost, Cloud Hosting adalah layanan web hosting dengan teknologi cloud hosting didukung teknologi Solid-State Drive (Optimized SSD) untuk performa tinggi dengan pengaturan dan proses yang cepat, mudah, dan praktis.


2. Private Cloud  
Dikutip dari idCloudHost, Private Cloud adalah layanan full cloud yang mempermudah untuk meluncurkan server full cloud dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan server dengan dukungan control panel yang user friendly, praktis, dan fleksibel serta didukung dengan harga yang terjangkau dengan bantuan tim teknis yang berpengalaman. 


3. Dedicated Server

Dikutip dari idCloudHost, layanan Dedicated Server merupakan suatu infrastruktur yang digunakan untuk kebutuhan akses yang sangat besar dan cepat yang berbeda dengan hosting dan server VPS yang sangat cocok untuk kebutuhan perusahaan.


4. Colocation Server

Dikutip dari idCloudHost, layanan Colocation Server merupakan salah satu solusi penyimpanan untuk server pada data center milik IDCloudHost sehingga akan mempermudah dan memberikan jaminan daya tahan, kualitas, keamanan, untuk kelangsungan bisnis.


Dari sekian banyaknya layanan teknologi, Anda bisa menggunakan salah satu layanan yang ada di idCloudHost sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan. 


Kesimpulan

Sesuai dengan tema judul pada artikel ini, perusahaan bisa sukses dengan mendigitalisasi bidang konvensional dengan menggunakan teknologi Cloud Computing karena banyaknya manfaat yang bisa didapatkan. Tentunya tidak hanya perusahaan besar, perusahaan kecil yang baru merintis pun sangat bisa merasakan manfaat yang sama dari Cloud Computing ini, maka dari itu persentase kemungkinan berhasilnya sebuah perusahaan sangatlah besar dengan Cloud sebagai infrastrukturnya. 


Dengan segala manfaat yang hadir pada Cloud saat ini, memungkinkan di masa depan akan berkembang menambah solusi-solusi baru dari permasalahan yang ada nantinya. Pemanfaatan teknologi seperti Cloud Computing sudah banyak digunakan diberbagai bidang, seperti Perbankan, Machine Learning, IoT (Internet of Things). Jadi, apakah sudah benar-benar tertarik untuk menggunakan Cloud?


Demikianlah artikel mengenai Digitalisasi Bidang Konvensional Dengan Teknologi Cloud Computing. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya.  


Sumber Referensi : 

  1. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201021193353-92-561232/transaksi-e-commerce-naik-nyaris-dua-kali-lipat-saat-pandemi
  2. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6441/Indonesia%2BAkan%2BJadi%2BPemain%2BEkonomi%2BDigital%2BTerbesar%2Bdi%2BAsia%2BTenggara/0/berita_satker
  3. https://idcloudhost.com/private-cloud/
  4. https://idcloudhost.com/hosting/
  5. https://idcloudhost.com/dedicated-server/
  6. https://idcloudhost.com/colocation-server/

1 comment:

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close