[Tutorial C++] Membuat Program Perkalian Matriks Dengan C++ - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial C++] Membuat Program Perkalian Matriks Dengan C++

Share This

[Tutorial C++] Membuat Program Perkalian Matriks Dengan C++ - Salam Coding! Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mempelajari bagaimana membuat program pengurutan angka dari terbesar ke terkecil menggunakan C++. Di artikel ini, kita akan kembali mempelajari dasar pemrograman bahasa C++ dengan membuat program perhitungan perkalian matriks. Penasaran nanti jadinya akan seperti apa? Simak penjelasannya dan praktekkan langsung ya.

Bagi Anda yang pernah belajar matematika setidaknya pasti tidak asing dan mengenal dengan sebutan Matriks ini. Matriks adalah susunan yang dapat berupa angka dan simbol yang disusun dalam baris dan kolom sehingga membentuk seperti persegi. Untuk mengingatkan kembali ingatan Anda bagaimana bentuk dari matriks ini, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

sumber gambar : andi-lestianto.blogspot.com


Dalam perhitungan manual kita hanya perlu mengetahui rumus atau cara menghitungnya seperti apa, dan menuliskannya pada kertas atau buku sehingga bisa berbentuk seperti persegi. Cara tersebut bisa dilakukan oleh siapapun karena tidak memerlukan sesuatu lagi selain rumus atau cara menghitungnya. Berbeda halnya jika matriks ini diubah ke dalam bentuk digital dan di program, bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat matriks ini bisa di program dengan baik, kita memerlukan Array untuk menampung bilangan/angka yang akan dihitung dan ditampilkan membentuk persegi. Teorinya, setiap baris/kolom akan memiliki satu buah Array untuk menampung angka yang diinput, setiap angka yang di input akan dihitung dan menghasilkan angka yang telah di hitung.


Baca Juga :


Penjelasan diatas sepertinya cukup rumit, namun Anda akan lebih mengerti jika sudah membuat programnya, hehe. Sebelum memulai ke tahap pembuatan program, silahkan siapkan terlebih dahulu software IDE untuk menjalankan program yang telah dibuat. Bebas menggunakan software apapun atau Anda juga bisa menggunakan compiler online yang tersedia di internet.


Pada program ini, nantinya Anda bisa menentukan ordo sesuai keinginan, misalnya perkalian matriks 3x3 c++ atau perkalian matriks 2x2 c++. Jika segala sesuatunya sudah siap, mari kita ke tahap pembuatan program. Silahkan ikuti source code dibawah ini, disarankan untuk mengetik ulang semua script agar lebih memahami setiap baris kode yang ditulis.


Source Code :


Hasil Runningnya :



Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat program perkalian matriks? Demikianlah artikel mengenai [Tutorial C++] Membuat Program Perkalian Matriks Dengan C++. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang saat ini membacanya, terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close