3+ Cara Mengatasi Booting Lama Pada Windows 10 - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

3+ Cara Mengatasi Booting Lama Pada Windows 10

Share This

Cara Mengatasi Booting Lama Pada Windows 10 - Berdasarkan data yang ada dari berbagai sumber terpercaya, Windows menjadi operasi sistem yang paling banyak digunakan pada saat ini. Mungkin dari temen-temen yang membaca artikel ini seringkali melihat pada setiap komputer atau laptop terinstal Windows sebagai operasi sistemnya, fantastis banget kan OS jendela ini.


Windows 10 adalah
versi terbaru yang telah di publish dan kemungkinan akan ada lagi next versi terbaru lainnya di masa depan nanti. Walaupun Windows 10 ini keluaran terbaru, tetap saja untuk masalah-masalah kecil selalu ada yang bermunculan. Masalah yang muncul beragam dan berbagai macam, salah satu masalah yang seringkali muncul adalah booting windows 10 yang sangat lama.


Mungkin bagi beberapa teman-teman yang masih awam, Booting merupakan proses menyalakan laptop/komputer. Dalam keadaan normal, booting tidak akan memakan waktu yang banyak hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk bisa masuk ke desktop (tampilan awal). Tetapi, jika mengalami masalah booting yang lama, proses untuk masuk ke desktop akan memakan waktu 5 - 10 menit atau mungkin bisa lebih dari itu. 


Baca Juga :


Tentunya pada saat mengalami masalah seperti ini akan sangat menjengkelkan karena harus menunggu proses untuk masuk ke desktop, selain itu juga merugikan penggunanya karena membuang waktu secara cuma-cuma dan menghambat aktifitas dari penggunanya itu sendiri. Mau tidak mau, apabila mengalami hal seperti ini harus menunggu hingga proses booting selesai, karena jika mematikan/merestart secara paksa akan lebih lama lagi atau mungkin memunculkan masalah yang lain.


Setiap masalah pasti ada sebabnya, ada banyak penyebab dari mengapa booting windows 10 sangat lama. Mulai dari beban laptop yang sangat berat, adanya masalah sistem, repair windows, dan lainnya. Tapi tenang saja, Anda bisa menggunakan cara-cara pada artikel ini untuk mengatasi masalah seperti itu.


Cara Mengatasi Booting Windows 10 Lambat

[1] Bersihkan Cache Pada Laptop/Komputer

Cache yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab dari booting Windows yang lambat. Hal ini dikarenakan, semakin berat proses kerja dari laptop maka akan semakin lama juga proses kerja dari laptop termasuk pada saat booting. 


Solusinya, Anda bisa membersihkan cache yang menumpuk di laptop/komputer terlebih dahulu menggunakan aplikasi pembersih cache yang biasa Anda gunakan. Setelah semua cache dibersihkan, lakukan percobaan dengan cara merestart untuk mengetahui apakah booting sudah berjalan dengan normal atau masih lama seperti sebelumnya.


[2] Menonaktifkan Aplikasi Startup Yang Berjalan

Selanjutnya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan aplikasi Startup yang berjalan. Startup adalah service dari aplikasi yang otomatis berjalan pada saat pertama kali windows dinyalakan, artinya pada setiap kali windows dinyalakan maka service dari beberapa aplikasi akan berjalan secara otomatis. Dampaknya laptop/komputer mendapatkan kerja yang berat karena service tersebut dan berpengaruh terhadap proses booting. 


Baca Juga :


Maka dari itu, untuk mematikannya silahkan ikuti langkah dibawah ini :

  1. Buka Task Manager, buka dengan cara klik kanan pada Task Bar kemudian pilih Task Manager atau dengan Ctrl + Alt + Delete lalu pilih Task Manager.
  2. Masuk pada tab Startup, akan ada banyak beberapa aplikasi yang berjalan (enable).
  3. Untuk menonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan, klik pada salah satu aplikasi yang akan dimatikan, kemudian klik button Disable di pojok bawah kanan.
  4. Lakukan cara yang sama jika ingin mematikan beberapa aplikasi lainnya.


Setelah Menonaktifkan aplikasi, lakukan pengetesan dengan cara merestart laptop/komputer dan lihat apakah ada perubahan atau masih lama. 

 

[3]. Mengaktifkan Fast Startup

Windows memiliki fitur Fast Startup bawaan yang bertugas untuk mempercepat proses loading booting Windows. Namun, pada beberapa perangkat fitur ini juga bisa berbanding terbalik yang menyebabkan proses booting malah menjadi lama. Lakukan pengecekan jika sudah merasakan booting windows menjadi lama.


Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Klik kanan pada icon baterai, biasanya berada di Taskbar pojok kanan bawah.
  2. Pilih Power Options.
  3. Selanjutnya, pada menu Power Options, pilih Choose what the power buttons do pada pilihan di sebelah kiri.
  4. Lalu, klik Change setting that are currently unavailable.
  5. Kemudian, Centang pada Turn on fas startup (recommended).
  6. Klik Save Changes.

Lakukan restart laptop/komputer setelah melakukan langkah diatas, cek dan lihat apakah ada perubahan atau tidak pada saat proses booting berjalan. Jika berhasil, proses booting akan memakan waktu sebentar dan sebaliknya jika tidak berhasil.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Booting Lama Pada Windows 10. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ke artikel ini, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close