[Tutorial Python] Membuat Program Deret Bilangan Fibonacci Dengan Python - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial Python] Membuat Program Deret Bilangan Fibonacci Dengan Python

Share This

[Tutorial Python] Membuat Program Deret Bilangan Fibonacci Dengan Python - Pada postingan artikel sebelumnya kita sudah belajar membuat program menghitung keliling lingkaran dengan python. Nah, di artikel kali ini kita akan kembali mempelajari bahasa pemrograman python. Tentunya dengan latihan sederhana, yaitu program menampilkan deret bilangan fibonacci dengan python.

Bagi Anda yang mungkin pernah mempelajari pelajaran matematika pasti sudah pernah mendengar bilangan fibonacci ini. Untuk mengingatkan ingatan, Fibonacci adalah bilangan yang barisan awalnya 0 dan 1, diikuti dengan angka selanjutnya didapat dari penjumlahan bilangan yang berurutan sebelumnya. Agak sedikit bingung memang bila dijelaskan menggunakan teori seperti itu, contoh penjumlahan bilangan fibonacci seperti dibawah ini :

0 1 1 2 3 5 8 13 21 34 55 89 144


Perlu diingat bahwa angka 144 bukanlah angka terakhir, bilangan diatas hanyalah contoh untuk mengingatkan bilangan fibonacci, masih ada lanjutan hingga batas keinginan yang ditentukan. Bagaimana? Apakah sudah sedikit ingat dengan bilangan fibonacci ini? Jika sudah, syukurlah, mari lanjutkan kembali pembahasannya.


Di atas kertas (konvensional), mungkin akan terasa sangat mudah menghitung bilangan fibonacci ini karena hanya menjumlahkan 2 bilangan saja, bagaimana jika perhitungan tersebut dibuat dan dijalankan dengan program? Hmm, cukup menarik. 


Membutuhkan logika yang cukup lumayan rumit, belum lagi bingung bagaimana implementasi dari logic yang sudah didapat. Lanjut, implementasi bilangan fibonacci pada latihan kali ini, kita akan menggunakan python sebagai bahasa pemrogramannya. Mengapa menggunakan python? Jawabannya adalah simpel. Betul, dengan menggunakan python kita bisa membuat program dengan cara yang sederhana.


Python merupakan bahasa yang sangat ringkas, selain itu didukung oleh banyak library yang bisa digunakan. Selanjutnya, kita akan masuk ke tahap pembuatan program.


Sebelum melanjutkan ke tahap pembuatan program, silahkan siapkan beberapa tools/software untuk menjalankan source code yang akan dibuat nantinya. Anda bisa menggunakan tools/software apapun, bebas sesuai kenginan dan kenyamanan. Akan tetapi, jika bingung untuk menggunakan tools/software yang akan digunakan, Anda bisa menggunakan compiler online yang tersedia di internet.


Walaupun source code pada latihan kali ini hanya sedikit, perhatikan baik-baik dan cermati setiap baris (line)-nya. Disarankan untuk mengetikkan ulang semua source code agar Anda bisa lebih memahami apa yang dimaksud dari baris kode yang Anda ketik. Atau, bisa juga dengan mengcopy source code dan paste, tapi cara ini sangat tidak direkomendasikan.


Source Code :


Hasil Runningnya :



Demikianlah artikel mengenai [Tutorial Python] Membuat Program Deret Bilangan Fibonacci Dengan Python. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta menambah wawasan keilmuan mengenai pemrograman khususnya python. Terimakasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close