Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala Tapi Lampu Power Hidup - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala Tapi Lampu Power Hidup

Share This

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala Tapi Lampu Power Hidup - Laptop merupakan alat elektronik serba guna yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pekerjaan kantor, mengerjakan tugas, menonton film, bermain game, dan lain sebagainya. Dengan berbagai fungsi yang bisa dikerjakan dengan sekaligus, menyebabkan banyak orang ingin menggunakan laptop sebagai media dari berbagai hal pekerjaan.

Mungkin, sudah tidak perlu ditanyakan lagi jika semua barang pasti memiliki kerusakan. Tentunya, kerusakan yang timbul pada laptop beragam. Ada yang laptopnya mengalami blank, kipas laptop yang berisik, laptop lemot, laptop panas, dan berbagai macam masalah lainnya. Dari banyaknya masalah pada laptop, disini kita akan mengulas sedikit mengenai permasalahan pada laptop yang tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup/menyala.


Apakah Anda pernah mengalami laptop yang tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup? Jika ya, mungkin masalah tersebut bisa diatasi dengan mengikuti langkah-langkah solusi yang ada pada artikel ini. Pastinya, jika mengalami hal tersebut akan bingung dan sedikit panik karena laptop tak kunjung nyala padahal lampu power hidup. 


Baca Juga : 


Masalah tersebut terjadi karena berbagai faktor yang mungkin terjadi akibat kesalahan kita sendiri, seperti lupa mematikan laptop, tidak mengisi baterai pada saat low, dan faktor-faktor lainnya. Perlu diingat, masalah-masalah seperti ini bisa terjadi pada segala jenis merek laptop tanpa terkecuali, jadi tidak ada pengecualian bagi brand/merek tertentu.


Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Silahkan ikuti beberapa tips dibawah ini, lakukan dengan mempraktekkan langsung pada laptop bermasalah ya.


1.  Cek RAM Laptop

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek RAM laptop, mengapa? Biasanya, pada beberapa kasus laptop tidak menampilkan desktop dan hanya layar hitam saja tetapi mesin dalam keadaan nyala dan normal, mengecek RAM adalah salah satu solusinya! 


Anda cukup memperbaiki posisi RAM atau dengan membersihkan RAM menggunakan penghapus dan meletakkannya kembali ditempat semula, setelah itu nyalakan kembali laptop. 


2. Cek Harddisk Laptop

Selanjutnya, permasalahan laptop tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup bisa terjadi karena HDD pada laptop mengalami masalah. Masalah ini mencakup kerusakan atau tidak terbacanya HDD pada laptop. 

Baca Juga : Perbedaan HDD vs SSD, Lebih Baik Mana?

Tapi, jika masalahnya pada HDD biasanya akan muncul notifikasi pada layar yang menandakan terjadinya masalah pada HDD laptop. Namun, tidak ada salahnya untuk memperbaikinya dengan cara mengecek dan memperbaiki posisi HDD, apakah sudah sesuai atau tidak, bersihkan juga jika perlu. Anda juga bisa mengetes dengan HDD lain untuk memastikan HDD yang sebelumnya rusak atau tidak.


3. Cek Baterai Laptop

Baterai laptop bisa menjadi indikasi yang menyebabkan laptop tidak bisa menyala tapi lampu power hidup/menyala. Biasanya terjadi karena lupa mengisi baterai pada saat baterai laptop sudah low. Laptop yang mengalami lowbat akan mati secara otomatis hingga daya baterai benar-benar habis, dan laptop akan tetap menyala walaupun baterai lowbat tetapi masih memiliki sedikit daya.


Akibatnya, laptop akan tetap menyala dan lampu power hidup/menyala. Solusi untuk mengatasi hal ini, cukup dengan menyambungkan kabel charger laptop saja kemudian tunggu beberapa saat hingga baterai laptop stabil.


4. Tanyakan dan bawa Laptop ke Service Center

Apabila cara sebelumnya sudah dilakukan namun masih tidak berhasil, Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membawa laptop ke Service Center terdekat di tempat Anda berada. Tanyakan secara mendetail keluhan permasalahan pada laptop, bilamana terdapat masalah minor biasanya dapat ditunggu. 

 

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala Tapi Lampu Power Hidup. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya, terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk Anda, silahkan bagikan artikel ini ke rekan sekitarmu ya agar bisa merasakan manfaatnya juga.

 



No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close