Cara Mengubah File Program Python Menjadi File Executable Di Windows - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengubah File Program Python Menjadi File Executable Di Windows

Share This

Cara Mengubah File Program Python Menjadi File Executable Di Windows - Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengubah file program python menjadi file execute, cara ini hanya bisa dilakukan pada sistem operasi Windows saja. Jika Anda menggunakan sistem operasi selain Windows, silahkan cari cara lain yang sesuai dengan sistem operasi yang dipakai.

Pada umumnya, file program yang dibuat dengan bahasa pemrograman Python memiliki ekstensi yang berakhiran dengan format (.py). Setiap file program yang dibuat dengan Python harus disimpan dengan berakhiran (.py). Jika tidak, maka program yang sudah dibuat tidak akan bisa dijalankan sebagaimana mestinya.



Jika Anda membuat program Python pada text editor biasa, untuk menjalankannya perlu membuka Command Prompt (CMD) lalu masuk ke dalam folder penyimpanan file Python dan mengetikkan baris perintah. Sedangkan, jika membuat program Python dengan tools yang memiliki fitur compiler, program yang sudah selesai dibuat akan bisa langsung dijalankan hanya dengan satu kali klik saja. 


Python merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sintaks code sangat simpel bila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Selain itu, Python bisa mengimplementasikan program pada berbagai platform seperti mobile, desktop, dan web. Python sangat mudah di pelajari, bahkan untuk seorang pemula sekalipun


Cara Mengubah File Program Python Menjadi File Executable Di Windows

Ketika selesai membuat suatu program dan kita ingin menjalankannya perlu membuka Command Prompt (CMD) atau menggunakan tools yang memiliki fitur untuk mengcompile program. Bagaimana jika ingin merubah program yang telah kita buat dan menjalankannya hanya dengan mengklik icon seperti membuka aplikasi atau software pada umumnya.


Agar bisa menjalankan hanya dengan mengklik icon, yang perlu dilakukan adalah mengconvert file program Python (.py) ke dalam bentuk format (.exe). Bagi beberapa orang khususnya pengguna Windows mungkin kata (.exe) sudah tidak asing lagi, karena installer software pada Windows banyak yang menggunakan format (.exe).


Baca Juga :


File Executable atau yang sering kita kenal dengan sebutan (.exe) merupakan kode mesin yang sudah diterjemahkan dari program sehingga sistem pada laptop ataupun komputer bisa langsung menjalankan program yang telah dirubah menjadi file (.exe). File program bisa langsung dijalankan hanya dengan satu klik saja tanpa perlu menjalankannya di Command Prompt (CMD) lagi


Lantas, bagaimana cara mengubah file program Python kita menjadi file Execute yang siap dijalankan? Caranya cukup mudah, namun sebelum itu siapkan terlebih dahulu package pyInstaller yang akan digunakan untuk melakukan build dari file Python ke file Executable. Kita membutuhkan package tersebut, jika tidak menginstal package tersebut kita tidak bisa melanjutkan ke step berikutnya.


Cara Convert File Program Python Menjadi File Executable Di Windows

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, agar bisa melakukan convert file Python menjadi file Executable diperlukan satu package yang berfungsi untuk melakukan proses build. Untuk melakukan instalasi package pyInstaller, bisa menuliskan perintah berikut pada Command Prompt (CMD) atau Terminal :

pip install pyinstaller


Selanjutnya, Anda baru bisa melakukan convert file Python ke file Executable. Silahkan ikuti instruksi dan langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Pastikan program Python sudah selesai dibuat.

2. Buka Command Prompt melalui folder tempat file Python di simpan. Caranya, tekan shift pada keyboard lalu klik kanan pada bagian yang kosong di dalam folder. 

3. Lalu, klik pilihan Terminal. Lihat gambar dibawah ini.


4. Akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini, dan lokasi di Command Prompt sudah berada di dalam folder penyimpanan file Python.


5. Selanjutnya, ketikkan perintah berikut untuk mulai proses build dari file Python menjadi file Executable :

pyinstaller -F namafile.py

Ubah (namafile.py) menjadi nama file program Python yang Anda simpan, misalnya seperti ini : pyinstaller -F latihan.py.

6. Proses build atau convert dari file Python menjadi file Executable akan segera berlangsung, tunggu proses build hingga selesai.

7. Setelah selesai, akan ada 2 folder (build & dist) dan 1 file (namafile.spec) baru di dalam folder penyimpanan file Python.

8. File Executable yang sudah berhasil di build akan berada di dalam folder dist, dan file Executable sudah bisa dijalankan dengan cara di klik 2 kali.

9. Coba jalankan file Executable yang sudah di convert dari file program Python. Seharusnya dapat berjalan dengan normal.

10. Untuk mempermudah file tersebut dijalankan, pindahkan file Executable ke desktop laptop atau komputermu.


Penutup

Bagaimana? Sangat mudah bukan mengubah file program Python menjadi file Executable. Semoga penjelasan diatas sudah cukup jelas ya, silahkan tanyakan apabila ada kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas.


Demikianlah artikel mengenai Cara Mengubah File Program Python Menjadi File Executable Di Windows. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan solusi yang tepat untuk informasi yang sedang Anda cari.


Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir, mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun kalimat dalam penulisan konten artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu. Jika ada pertanyaan mengenai isi dari konten artikel ini, bisa memberikan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah ini.

 

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close