5+ Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Mengirim & Menerima File Windows 10 - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

5+ Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Mengirim & Menerima File Windows 10

Share This

5+ Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Mengirim & Menerima File Windows 10 - Teknologi semakin hari kian berkembang dengan sangat cepat, seperti halnya pada Laptop. Saat ini, perkembangan laptop bisa dikatakan berkembang pesat dari segi teknologi spesifikasi yang dipasang, semakin tinggi spesifikasi laptop maka akan semakin baik pula untuk penggunanya pada saat menggunakan laptop.

Teknologi yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita adalah Bluetooth. Siapa yang tidak kenal dengan Bluetooth? Bluetooth merupakan layanan komunikasi yang bisa berkomunikasi antar device dengan jarak tertentu. 



    Beberapa dari kita mungkin hanya mengetahui Bluetooth hanya terpasang pada handphone saja untuk digunakan mengirim file antar handphone, namun sekarang Bluetooth sudah terpasang juga di beberapa laptop pada keluaran versi terbaru, dengan fungsi yang sama seperti pada handphone. 


    Laptop dengan keluaran terbaru memiliki fitur bluetooth untuk mengirim file antar device dengan frekuensi atau jarak tertentu. Untuk bisa mengirim file antar device, tentu saja 2 device laptop harus memiliki bluetooth untuk mengirim dan menerima file. Jika tidak ada bluetooth maka tidak bisa mengirim atau menerima file. Lalu, bagaimana jika laptop memiliki bluetooth namun tidak bisa mengirim & menerima file? 


    Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Mengirim & Menerima File Windows 10

    Pada beberapa laptop dengan OS Windows 10 seringkali ditemukan kasus Bluetooth tidak bisa mengirim dan menerima file, padahal laptop yang digunakan memiliki Bluetooth. Pada kasus tersebut biasanya muncul pesan Bluetooth file transfer not completed. Windows was unable to transfer some files.


    Munculnya pesan tersebut menyebabkan laptop tidak bisa menerima ataupun mengirim file dengan normal, hal itu juga terjadi karena beberapa penyebab. Bisa terjadi karena file yang dikirim merupakan file corrupt atau bisa juga terjadi karena kesalahan teknis.


    Tidak usah terlalu khawatir jika terjadi masalah seperti itu. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan coba tips dibawah ini.


    Pastikan Bluetooth Sudah Menyala

    Ada beragam macam penyebab yang mengakibatkan bluetooth tidak berfungsi untuk mengiriim dan menerim file, hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek dan pastikan terlebih dahulu Bluetooth pada laptop telah dinyalakan. Barangkali lupa untuk menyalakan Bluetooth, tidak ada salahnya untuk cek lebih dulu.


    Anda bisa cek Bluetooth sudah menyala atau tidak pada menu Bluetooth & Other Devices



    Pastikan Bluetooth Terhubung Dengan Device Tujuan

    Setelah dipastikan Bluetooth menyala, selanjutnya pastikan Bluetooth yang dinyalakan sudah terhubung dengan device lain. Karena beberapa kasus yang sering terjadi, tidak bisa mengirim atau menerima file ternyata bluetooth belum tersambung antar device sehingga proses kirim dan menerima file tidak berjalan.  


    Ada juga kasus Bluetooth yang tersambung bukan dengan device tujuan, melainkan dengan device lain yang bukan sebagai tujuan karena sifat bluetooth yang terkoneksi otomatis. Maka dari itu, perlu di cek terlebih dahulu untuk memastikan. 


    Baca Juga : 


    Silahkan cek pada menu Bluetooth & Other Devices untuk melihat apakah Bluetooth sudah tersambung dengan device tujuan atau tidak.


    Cara Menerima File Melalui Bluetooth di Laptop 

    Jika poin pertama dan kedua sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah teknik ataupun cara untuk menerima file melalui bluetooth. Jikalau di handphone, mengirim file melalui bluetooth cukup tersambung saja lalu mengirimnya ke device tujuan. Nah, pada laptop agak sedikit berbeda caranya, apabila melakukan cara seperti pada handphone maka pengiriman file akan gagal. Lalu bagaimana cara mengirim file melalui bluetooth laptop yang benar?


    Untuk menerima file dari device pengirim, perlu masuk dulu ke Receive a File bluetooth. Berikut ini cara lengkapnya :

    1. Show icon pada taskbar dibagian sebelah kanan bawah layar laptop.

    2. Akan muncul icon yang ter-hide, lalu klik kanan pada icon Bluetooth.


    3. Pilih Receive File.


    4. Selanjutnya kirim file dari device pengirim ke device tujuan.

    5. Tunggu hingga pengiriman selesai, kemudian tentukan folder yang dijadikan tujuan sebagai penyimpanan.


    6. Selesai, penerimaan file melalui bluetooth berhasil.

    7. Jika pengiriman dari laptop ke handphone, akan ada notifikasi untuk menerima atau menolak file. Namun, jika pengiriman dari handphone ke laptop biasanya file akan langsung terkirim. 


    Cara Mengirim File Melalui Bluetooth di Laptop

    Sama seperti halnya menerima file, untuk mengirim file melalui bluetooth di laptop ada cara tersendiri dan agak berbeda tidak seperti pada handphone. Untuk lebih lanjut, silahkan simak cara mengirim file melalui bluetooth di laptop berikut ini :

    1. Show icon pada taskbar, terletak dibagian kanan bawah.

    2. Klik kanan pada icon Bluetooth.


    3. Pilih Send File.


    4. Tentukan device mana yang akan dituju.


    5. Pilih file yang akan dikirim, klik Browser. Lalu klik Next.


    6. Tunggu hingga proses pengiriman selesai.

    7. Selesai, pengiriman berhasil.


    Matikan Bluetooth di perangkat lain

    Terjadinya masalah tidak bisa mengirim dan menerima file terjadi karena Bluetooth tidak saling terkoneksi dengan baik. Ada faktor yang menyebabkan Bluetooth tidak dapat tersambung dengan device yang dituju, faktor tersebut biasanya karena Bluetooth nyangkut di device lain yang kebetulan memiliki Bluetooth yang sedang menyala.


    Karena akan langsung terkoneksi secara otomatis jika pernah terkoneksi dengan Bluetooth tersebut. Misalnya, Bluetooth speaker, headset, ataupun device lainnya.


    Oleh karena itu, akan lebih baik jika mematikan terlebih dahulu device lain yang memiliki Bluetooth untuk sementara waktu.


    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai 5+ Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Mengirim & Menerima File Windows 10. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan solusi tepat untuk Anda dan memberikan informasi yang bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel pada blog ini, jika artikel ini berisi konten yang bermanfaat, silahkan bagikan pada rekan sekitarmu agar mendapatkan manfaat yang sama.


    Apabila ada pertanyaan atau kesalahan yang berkaitan dengan isi artikel, tuliskan pada kolom komentar.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

    Boxed(True/False)

    close