Penyebab Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi Perangkat Lain - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Penyebab Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi Perangkat Lain

Share This

Penyebab Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi Perangkat Lain - Hampir setiap produk laptop keluaran terbaru saat ini memiliki Bluetooth yang terpasang didalamnya. Kita semua mungkin sudah mengetahui mengenai salah satu fitur ini, Bluetooth sudah dikenal dan terpasang lebih dulu di handphone. Namun, sekarang sudah banyak perangkat elektronik lain yang sudah menerapkan Bluetooth, misalnya speaker. 


Fungsi Bluetooth pada laptop sama dengan Bluetooth pada handphone, untuk mengirim data atau file antar device dengan jarak tertentu. Mengirim data dengan Bluetooth dari handphone ke laptop atau sebaliknya juga bisa dilakukan. Jadi, tidak lagi memerlukan kabel usb untuk mengirim file dari handphone ke laptop dan sebaliknya.



    Tidak hanya untuk mengirim file antar device saja, dengan menggunakan Bluetooth, laptop dapat berkomunikasi dengan alat elektronik lainnya seperti speaker. Anda bisa menghubungkan laptop dengan speaker yang memiliki Bluetooth untuk mendengarkan sesuatu dari laptop ke speaker.  


    Dengan memanfaatkan Bluetooth yang terpasang pada laptop, untuk mengirim data ataupun menghubungkan antar perangkat tidak lagi memerlukan kabel.


    Kenapa Bluetooth Tidak Terdeteksi Perangkat Lain?

    Sebelum adanya Bluetooth yang terpasang pada laptop ataupun komputer seperti sekarang, kita semua mungkin pernah menggunakan flashdisk ataupun kabel usb/otg untuk mentransfer file ke laptop kita. Ketika laptop memiliki Bluetooth, transfer file dengan flashdisk atau kabel rasanya sudah tidak perlu digunakan lagi karena hal itu bisa dilakukan dengan Bluetooth.


    Meskipun begitu, cara transfer file seperti itu (menggunakan kabel atau flashdisk) masih banyak dilakukan oleh banyak pengguna dengan alasan tertentu.


    Baca Juga :


    Banyak pertanyaan yang menanyakan kenapa Bluetooth laptop tidak terdeteksi, ada beberapa faktor yang menyebabkan Bluetooth menjadi tidak terdeteksi. Masalah ini tentunya sangat mengganggu kita sebagai pengguna karena tidak bisa menggunakan Bluetooth dengan normal.


    Lalu apa yang menyebabkan Bluetooth laptop tidak terdeteksi pada perangkat lain? Silahkan simak penjelasan beberapa penyebab yang ada dibawah ini ya.


    Bluetooth Belum Aktif

    Penyebab pertama mengapa Bluetooth tidak terdeteksi pada perangkat lain karena Bluetooth laptop belum di aktifkan. Yups, belum aktif. Dari beberapa kasus yang sering terjadi, banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa Bluetooth laptop belum menyala. Bluetooth yang belum aktif tidak akan terdeteksi oleh perangkat lain.


    Jika Bluetooth pada laptop belum diaktifkan maka tentu saja tidak akan bisa terdeteksi oleh perangkat lainnya. Biasanya Bluetooth akan terdeteksi secara otomatis bila dalam keadaan aktif.


    Oleh karena itu, cek terlebih dahulu apakah Bluetooth sudah aktif atau belum, silahkan cek pada menu Bluetooth. Seperti pada gambar dibawah ini.


    Belum Allow Discovery Bluetooth

    Penyebab lainnya dari Bluetooth laptop tidak terdeteksi pada perangkat lain adalah belum melakukan konfigurasi discovery Bluetooth. Discovery Bluetooth ini mungkin akan sedikit asing di telinga kita, karena memang jarang mendengar kalimat ini. 


    Fungsi dari Discovery Bluetooth sendiri agar Bluetooth laptop yang di hidupkan bisa terdeteksi oleh pengguna lainnya. Pengguna lain akan menemukan nama Bluetooth laptop jika Discovery Bluetooth sudah di aktifkan.


    Jika sudah mengaktifkan Bluetooth namun Bluetooth laptop masih tidak terdeteksi di perangkat lain, ada kemungkinan pengaturan Discovery Bluetooth belum diaktifkan.


    Untuk mengaktifkan Discovery Bluetooth cukup mudah sekali, lebih jelasnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

    1. Masuk ke menu Setting Bluetooth.

    2. Aktifkan Bluetooth, lalu klik More Bluetooth Options. Seperti pada gambar dibawah.


    3. Kemudian, ceklis Allow Bluetooth devices to find this PC pada kotak Discovery.


    4. Terakhir, klik Apply dan klik OK.


    Driver Bluetooth Tidak Support

    Penyebab lainnya yang menjadikan Bluetooth tidak dapat terdeteksi oleh perangkat lain adalah Driver Bluetooth Tidak Support. Driver Bluetooth yang sudah kadaluarsa tidak akan bisa lagi digunakan, maka dari itu, agar tetap bisa menggunakan Bluetooth dan dapat terdeteksi pada perangkat lain, silahkan lakukan Update Driver Bluetooth dengan yang terbaru.


    Jika dengan meng-update driver Bluetooth masih belum berhasil juga, silahkan melakukan re-install driver Bluetooth. Caranya, Uninstall driver Bluetooth terlebih dahulu, kemudian instal kembali driver Bluetoothnya. 


    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai Penyebab Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi Perangkat Lain. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat serta menambah wawasan baru bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah mengunjungi dan membaca artikel pada blog ini sampai habis, silahkan bagikan pada rekan sekitarmu jika isi konten artikel ini bermanfaat. 


    Apabila ada pertanyaan ataupun kesalahan mengenai isi dari konten artikel ini, silahkan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

    Boxed(True/False)

    close