Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Php - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Php

Share This

Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Php - Sebagai seorang programmer kita akan selalu dituntut untuk terus berpikir dalam menyelesaikan suatu task. Tidak hanya dilatih untuk bisa menguasai bahasa pemrograman, namun juga harus memiliki kemampuan berhitung yang baik. Seperti pada tutorial artikel kali ini, kita akan mencoba membuat suatu perhitungan sederhana menggunakan bahasa pemrograman Php.


Dalam hal ini, perhitungan yang akan di hitung adalah Gaji Karyawan. Program perhitungan akan menjadi salah satu tantangan bagi seorang programmer, karena tidak boleh ada satu pun kesalahan dalam proses perhitungannya. Agar program sederhana perhitungan gaji karyawan ini mendapatkan jawaban yang tepat, harus memasukkan rumus yang benar. 



Program perhitungan gaji ini akan dibuat per satu bulan kerja ditambah dengan bonus seperti lembur, tunjangan, bpjs, dan lainnya. Meskipun program yang akan dibuat ini masih sangatlah sederhana, namun untuk seorang pemula sangatlah cocok untuk dipelajari. 


Selain membuat program pada tutorial ini, Anda juga bisa mempelajari dan membuat program lainnya pada blog ini dengan masuk pada kategori pemrograman. Atau bisa juga masuk ke kategori Php apabila ingin mempelajari dan membaca tutorial bahasa pemrograman Php lebih lanjut.


Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Php

Bahasa pemrograman Php merupakan salah satu bahasa pemrograman populer pada saat ini, berdasarkan berbagai survei pun termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang banyak dipelajari dan digunakan. Selain itu, banyaknya support dari berbagai plugin menjadi alasan mengapa Php masih banyak digunakan developer. 


Sebelum melakukan implementasi program menghitung gaji karyawan yang sederhana ini, Anda perlu menyiapkan beberapa tools yang harus di instal di laptop atau komputer, tools ini nantinya akan digunakan untuk menulis source code dan sebagai service untuk menjalankan program Php. 


Baca Juga :


Tools yang perlu di siapkan adalah text editor dan xampp. Silahkan gunakan text editor apapun sesuai yang Anda inginkan dan unduh xampp pada website resminya. 


Instalasi Xampp mungkin akan sedikit membingungkan, Anda bisa cek pada artikel berikut ini untuk mengetahui cara instalasi xampp di Windows. Untuk pengguna OS Linux bisa cek pada artikel berikut untuk mengetahui cara instalasi xampp di Linux.


Implementasi Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Php

Setelah tools yang akan digunakan telah siap pakai, selanjutnya adalah Implementasi Program.


Pada saat implementasi program, disarankan untuk tidak melakukan copy paste code dan lebih baik menulis ulang source code pada text editor agar lebih memahami baris per-baris code yang ditulis. 


Jangan lupa untuk selalu menyimpan file dengan format .php dan simpan pada folder C:xampp/htdocs/(nama_file.php). Jalankan service xampp (MySQL & Apache) terlebih dahulu jika ingin membuka file di browser. 


Untuk membuka file php di browser, ketikkan localhost/(nama_file.php) di URL browser.


Source Code :


Hasil Running :


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Php, Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda serta menambah ilmu baru tentang pemrograman Php dengan membaca postingan artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai habis, silahkan bagikan atau rekomendasikan artikel ini pada rekan sekitarmu jika menurutmu artikel ini memiliki informasi yang bermanfaat.


Jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun pertanyaan mengenai seputar isi artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close