Pengertian, Jenis, Fungsi Modem Berserta Kelebihan dan Kekurangannya - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Pengertian, Jenis, Fungsi Modem Berserta Kelebihan dan Kekurangannya

Share This
Pengertian, Jenis, Fungsi Modem Berserta Kelebihan dan Kekurangannya - Perkembangan teknologi di Indonesia sangatlah pesat, perkembangan ini terjadi pada beberapa sektor atau bidang, termasuk pada jaringan internet. Jaringan internet di Indonesia sudah masuk pada era 5G namun belum merata dan jaringan 4G yang bisa dibilang sudah stabil pada beberapa wilayah di Indonesia.
Sebagian dari kita mungkin sudah tau mengenai layanan jaringan dengan teknologi fiber optik yang sudah banyak dipakai di beberapa tempat seperti rumah, kantor, taman, ataupun di tempat-tempat publik lainnya. Jauh sebelum adanya itu, orang-orang lebih dulu menggunakan Modem sebagai alat komunikasi jaringan internet.


Meskipun saat ini sudah jarang yang menggunakan, tapi masih ada yang menggunakan Modem sebagai alat komunikasi dengan jaringan internet. Alasan kenapa masih menggunakan modem biasanya karena jaringan dengan fiber optik masih belum tersedia di wilayah tersebut atau bisa juga karena alasan lainnya. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Pengertian dari Modem dan juga kelebihan serta kekurangannya. Simak penjelasannya ya.

Apa Itu Modem?

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator, Modulator merupakan komponen yang dapat mengubah gelombang (sinyal) informasi ke dalam gelombang (sinyal) pembawa dan siap untuk dikirim. Sedangkan Demodulator merupakan komponen yang dapat memisahkan gelombang (sinyal) informasi dari gelombang (sinyal) pembawa yang diterima sehingga informasi bisa diperoleh dengan baik.

Jadi, kedua komponen tersebut disatukan dan disebut dengan Modem. Modem merupakan penggabungan kedua komponen (Modulator & Demodulator) dengan komunikasi 2 arah.  

Baca Juga :

Komputer atau perangkat apapun yang dipasang dengan modem akan bisa melakukan komunikasi jaringan internet dengan baik. 

Jenis-Jenis Modem

Ada beberapa jenis-jenis modem saat ini, masing-masing modem memiliki perbedaan dalam segi bentuk ataupun valuenya. Berikut ini merupakan jenis-jenis modem yang perlu diketahui, diantaranya :
1. Modem ISDN
Modem ISDN atau Integrated Services Digital Network merupakan jaringan telekomunikasi yang memiliki layanan data, gambar, dan suara yang terhubung dengan jaringan yang menyediakan konektivitas digital untuk ruang lingkup yang lebih luas.

2. Modem Analog
Modem Analog merupakan modem yang dapat mengubah gelombang (sinyal) analog menjadi gelombang (sinyal) digital

3. Modem GSM
Modem GSM merupakan modem yang menggunakan provider telepon seluler dengan jaringan GSM pada kartunya. Pemilihan teknologi jaringan ini ditentukan dari seberapa kuat sinyal diwilayah tersebut.

4. Modem CDMA
Sama seperti modem GSM, modem CDMA merupakan modem yang menggunakan provider telepon seluler dengan jaringan CDMA pada kartunya. Pemilihan teknologi jaringan ini ditentukan berdasarkan seberapa kuat sinyal diwilayah tersebut.

5. Modem Satelit
Modem Satelit merupakan modem yang saling menerima dan mengirim data dengan ISP dibantu dengan satelit yang menghubungkan teminal satelit yang terhubung ke modem.

6. Modem Kabel
Modem kabel adalah modem yang menerima data dari sambungan TV kabel.

Fungsi Modem

Berdasarkan penjelasan yang sudah dijelaskan diatas, adapun fungsi dari modem, diantaranya :
  1. Mengubah dari sinyal digital ke sinyal analog
  2. Mengubah dari sinyal analog kembali ke sinyal digital
  3. Menghubungkan perangkat ke jaringan internet.

Baca Juga :

Kelebihan & Kekurangan Modem

Kelebihan Modem :
  • Harganya lebih murah dan terjangkau
  • Praktis karena tinggal pakai saja
  • Tidak memerlukan adaptor tambahan

Kekurangan Modem :
  • Terlalu banyak kabel jika menggunakan modem kabel.
  • Cepat panas saat di hubungkan ke port CPU komputer/laptop.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Pengertian, Jenis, Fungsi Modem Berserta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta bisa menambah wawasan pengetahuan baru mengenai Modem. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis dan mengunjungi blog ini, jika isi informasi dari artikel ini dirasa bermanfaat menurut Anda, silahkan bagikan dan rekomendasikan konten ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka dapat merasakan manfaat yang sama.

Jika ada pertanyaan ataupun kesalahan pada penulisan artikel ini, silahkan tuliskan pada kolom komentar, ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close