Membuat Program Menghitung Volume Tabung Dengan Php - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menghitung Volume Tabung Dengan Php

Share This
                                            
Membuat Program Menghitung Volume Tabung Dengan Php - Pada kesempatan kali ini kita akan kembali mempelajari dan sedikit membahas mengenai bahasa pemrograman Php. Pembahasan yang akan dibahas adalah pembuatan program untuk menghitung volume tabung yang akan dibuat dengan bahasa pemrograman Php. Untuk kalian yang ingin mempelajari artikel lainnya mengenai Php ataupun bahasa pemrograman lainnya bisa memilih kategori Pemrograman pada blog ini.

Bahasa pemrograman Php mungkin sudah sangat familiar di telinga para programmer, karena sudah banyak digunakan dan dipelajari di berbagai sekolah atau universitas sebagai mata pelajaran program studi. Bahasa pemrograman Php yang biasanya kita ketahui sangat berkaitan dengan web, beberapa framework yang support dengan Php juga sudah sangat banyak yang menggunakan.



    Untuk mencapai sebagai programmer yang expert tentunya memerlukan skill yang sangat mumpuni untuk membangun sebuah project dengan waktu yang telah ditentukan.  


    Kemahiran seorang programmer yang sudah expert pastinya didapat dari pengalaman membuat sebuah project dan memiliki basic fundamental programming yang sangat kuat. Meskipun begitu, seorang programmer yang handal sekalipun pernah mengalami masa-masa sebagai pemula yang mengawali membangun program yang sederhana.


    Program Menghitung Volume Tabung Dengan Php

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, programmer yang sudah expert sekalipun pasti pernah membuat suatu program yang sangat sederhana dan simpel pada saat awal mempelajari bahasa pemrograman. Seperti pada pembahasan kali ini, kita akan mencoba membuat suatu program yang sederhana untuk seorang pemula.


    Artikel yang dibuat ini memang diperuntukkan bagi para pemula yang sedang mempelajari bahasa pemrograman Php. Walaupun program yang akan dibuat sangatlah sederhana, akan sangat penting bagi pemula memahami baris perbaris dari code yang dibuat.


    Baca Juga :


    Menghitung volume tabung secara manual mungkin pada saat jaman sekolah dulu dan akan sangat mudah menemukan hasil perhitungannya dengan menghitung menggunakan rumus dan bantuan kalkulator. Rumus yang biasa digunakan untuk menghitung volume tabung adalah phi * jari-jari * jari-jari * tinggi


    Lalu bagaimana jika perhitungan tersebut di implementasikan ke dalam sebuah bentuk program? Silahkan simak penjelasan berikutnya dibawah ini.


    Implementasi Program Menghitung Volume Tabung Php

    Sebelum melanjutkan pengimplementasian program, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu, yaitu tools text editor ataupun software IDE dan Xampp untuk menuliskan code dan menjalankannya. 


    Anda bisa menggunakan tools apapun (bebas) sesuai dengan keinginan, silahkan unduh dan install terlebih dahulu jika belum memiliki tools. Jika terlalu lama untuk mengunduh dan menginstall tools di laptop atau komputer, Anda bisa juga menggunakan compiler online yang banyak tersedia di internet. 


    Baca Juga :


    Pastikan Xampp yang telah di install tidak mengalami kendala apapun dan siap untuk digunakan, silahkan jalankan Xampp dan nyalakan service Apache dan MySQL.


    Setelah persiapan tools yang akan digunakan telah siap, selanjutnya kita akan mulai mencoba pengimplementasian program. Disarankan untuk tidak melakukan copy paste, lebih baik untuk menulis ulang code agar lebih bisa memahami baris perbaris code.


    Source Code : 


    Hasil Running :


    Untuk menjalankan program Php ini, simpan pada folder C:Xampp/htdocs/nama_file.php. Sesuaikan dan ubah nama_file dengan nama file yang disimpan, jalankan di browser dengan menuliskan localhost/nama_file.php. Jangan lupa untuk menyimpan dengan format .php

    Jika menggunakan compiler online, tuliskan code pada bagian <?php sampai dengan ?> saja, kemudian ganti code $_POST['jari']; dan $_POST['tinggi']; dengan angka yang ingin dihitung. Lebih lengkapnya seperti dibawah ini :
     

    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menghitung Volume Tabung Dengan Php. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda serta menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai bahasa pemrograman Php.


    Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, apabila artikel ini memiliki isi konten yang bermanfaat menurut Anda, silahkan merekomendasikan dan membagi artikel ini pada rekan sekitarmu agar bisa mendapatkan manfaat yang sama dari isi konten ini. 


    Jika ada pertanyaan mengenai isi artikel ini, bisa tanyakan pada kolom komentar.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

    Boxed(True/False)

    close