Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan C - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan C

Share This

Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan C - Menjadi seorang programmer menjadi cita-cita yang saat ini sedang trend karena perkembangan teknologi yang sangat cepat dan pesat membuat banyaknya permintaan tenaga ahli untuk membuat suatu produk berbentuk aplikasi. Siapa yang tidak ingin menjadi seorang programmer? Dengan gaji besar serta pekerjaan yang hanya duduk di depan layar monitor saja, tak perlu berpanas-panasan keluar.

Untuk menjadi seorang programmer yang handal itu tidaklah mudah, Anda memerlukan skill yang mumpuni yang sesuai dengan kebutuhan. Skill yang perlu di miliki diantaranya logika, penguasaan bahasa pemrogram, problem solve, bahasa inggris, dan skill tambahan lain yang masih berkaitan dengan pemrograman.  



Tantangan menjadi seorang programmer adalah harus terus belajar dan belajar setiap harinya, karena perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat tools serta teknologi yang dipakai berubah-ubah, apabila tidak mengikuti arus perkembangan teknologi akan tertinggal. Maka dari itu, jangan cepat puas jika menjadi seorang programmer.


Menjadi seorang programmer yang handal tentunya diawali dengan mempelajari bahasa pemrograman dari dasar terlebih dahulu. Pada artikel kali ini kita akan kembali membuat program dengan bahasa pemrograman C, program yang akan dibuat adalah program menghitung gaji karyawan.


Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan C

Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang ada pada saat ini, bahasa ini cukup populer dan banyak digunakan oleh para programmer di berbagai dunia untuk development aplikasi. Selain itu, bahasa C ini juga support pada banyak platform sehingga para programmer dapat banyak pilihan untuk mengimplementasikannya.


Bahasa C tergolong mudah dan sangat cocok untuk dijadikan bahan pembelajaran awal untuk mempelajari bahasa pemrograman untuk pemula. Meskipun tergolong mudah, bahasa C ini juga dikenal sebagai mother language, mid-level programming, system programming language, structured programming language, dan procedure oriented programming language.


Baca Juga :


Kebanyakan perhitungan gaji karyawan yang dipakai oleh beberapa perusahaan dibuat menggunakan excel, namun seiring perkembangan zaman banyak permintaan dari berbagai perusahaan untuk perhitungan gaji ini dibuat ke dalam bentuk aplikasi atau program agar mengikuti digitalisasi. 


Pembuatan program menghitung gaji karyawan ini perlu memikirkan alur serta logikanya terlebih dahulu, siapkan rumus yang akan di hitung pada program. Akan tetapi, pada contoh tutorial ini Anda hanya perlu mengikuti instruksi source code yang telah di sediakan. Jadi, seharusnya cukup mudah ya untuk pemula sekalipun.


Persiapan Implementasi Program

Sebelum melakukan implementasi program, siapkan terlebih dahulu bahan atau tools yang akan digunakan untuk membuat program dan menjalankannya. Tools yang digunakan merupakan software yang dapat menulis dan menjalankan program C dengan baik. Silahkan bebas untuk menggunakan software apapun sesuai dengan keinginan. 


CodeBlocks bisa menjadi software yang digunakan, silahkan di unduh pada website resminya dan install terlebih dahulu di laptop atau komputer. Atau jika tidak ingin repot-repot mengunduh dan melakukan instalasi, bisa juga menggunakan compiler online yang tersebar di internet. 


Pastikan software compiler sudah terpasang dengan baik di laptop atau komputer, selanjutnya apabila tools yang akan digunakan telah siap, saatnya implementasi program.


Disarankan untuk tidak melakukan copy paste source code secara langsung, akan lebih baik untuk mengetikkan ulang source code agar bisa lebih memahami fungsi dari baris per-baris code yang diketik. 


Implementasi Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan C

Source Code :


Hasil Running :



Penutup

Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan C. Semoga penyampaian isi dari konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta dapat memberikan wawasan keilmuan baru mengenai bahasa pemrograman C. Semoga selalu semangat untuk mempelajari bahasa pemrograman, ya.


Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir. Mohon maaf jika ada kekeliruan kata ataupun kalimat dalam penulisan artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka mendapatkan manfaat yang sama.


Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar yang ada dibawah, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close