Cara Mengatasi Printer Canon Pixma MG2570 & MG2570S Tidak Bisa Scan - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Printer Canon Pixma MG2570 & MG2570S Tidak Bisa Scan

Share This

Cara Mengatasi Printer Canon Pixma MG2570 Tidak Bisa Scan - Siapa yang tidak mengenal printer? Perangkat satu ini yang sering digunakan untuk mencetak dokumen mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Meskipun secara umum printer hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja, namun fungsinya sangatlah dibutuhkan sekali khususnya pada tempat yang harus mencetak dokumen setiap harinya. 

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi yang semakin maju dan pesat pada setiap harinya, printer tidak lagi hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen saja, tapi juga bisa melakukan scan dan fotocopy. Jadi, dalam satu printer bisa melakukan pencetakan dokumen, scan, dan fotocopy. 



Fitur tersebut hanya tersedia pada beberapa type printer, belum semua printer bisa melakukan 3 hal tersebut. Harga jualnya pun lebih tinggi dibandingkan dengan printer yang hanya bisa melakukan pencetakan dokumen saja. Tapi sangat direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan rekapan data secara lengkap. 


Ada beberapa tipe printer dengan merek yang berbeda yang memiliki fitur mencetak, fotocopy, dan scan. Salah satu printer yang memiliki 3 fitur tersebut adalah Canon Pixma MG2570 & MG2570S. 


Cara Mengatasi Printer Canon Pixma MG2570 & MG2570S Tidak Bisa Scan

Dibalik kelebihannya pada fitur yang ada, printer Canon MG2570 & MG2570S ini mempunyai kekurangan yang menjadikan printer ini sedikit tercoreng. Tapi, tidak perlu terlalu khawatir karena beberapa kendala yang muncul masih bisa diatasi dengan cukup mudah. 


Setiap printer walaupun berbeda tipe, jenis, dan merek biasanya mempunyai permasalahan yang sama. Akan tetapi, walaupun memiliki permasalahan yang hampir sama, tapi penyelesaiannya kadang berbeda-beda. Anda bisa mencari cara penyelesaiannya di internet atau bisa juga membawanya ke tempat service printer terdekat di sekitar wilayah Anda.


Baca Juga :


Kendala yang muncul pada printer bisa terjadi karena kesalahan dari manusia (pengguna) atau bisa juga karena kesalahan sistem dari printer itu sendiri. Pemakaian printer yang jarang digunakan pun bisa menjadi penyebab munculnya kendala pada printer, seperti tinta yang menggumpal dan macet karena lama tidak digunakan. 


Maka dari itu, perlu perawatan yang cukup agar tidak terjadi kendala pada printer. Apabila printer sedang tidak terlalu dibutuhkan, gunakan printer untuk melakukan pencetakan minimal 3-5 kali dalam satu minggu, akan lebih baik jika printer dipakai secara rutin.


Solusi Printer Canon Pixma MG2570 & MG2570S Tidak Bisa Scan

Kendala lainnya yang muncul pada printer Canon Pixma MG2570 & MG2570S adalah tidak bisa melakukan scan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, printer Canon MG2570 & MG2570S ini dapat melakukan scan dan fotocopy dokumen, tidak hanya bisa melakukan pencetakan dokumen saja.


Namun, pengguna printer Canon Pixma MG2570 & MG2570S kerap mengalami masalah pada saat akan melakukan scan. Printer tidak bisa melakukan scan dengan normal, terjadi kesalahan pada saat scan sehingga printer tidak bisa melakukan scan.


Lalu, bagaimana cara mengatasi printer Canon MG2570 & MG2570S yang tidak bisa melakukan scan? Berikut ini langkah-langkah cara mengatasinya : 


1. Bersihkan Bagian Dalam Kaca Scan

Kaca scan yang kotor bisa menjadi penyebab mengapa printer Canon Pixma MG2570 & MG2570S tidak bisa melakukan scan. Adanya kotoran yang menumpuk pada bagian dalam kaca scan, akan menghalangi proses scan sehingga printer tidak merespon pada saat pengguna mencoba melakukan scan. 


Oleh karena itu, coba bersihkan terlebih dahulu bagian dalam kaca scan, kemudian coba lakukan scan ulang.


2. Restart Printer

Cara selanjunya yang bisa dicoba adalah dengan melakukan restart printer. Cara ini merupakan cara klasik dimana setiap orang pasti akan mencobanya, restart printer bertujuan untuk mengembalikan sistem printer ke default. Saat printer tidak bisa melakukan scan, ada kemungkinan kesalahan sistem yang terjadi pada printer dan restart printer bisa menjadi salah satu solusi mengatasi masalah tersebut.  


3. Pastikan Driver Sudah Sesuai

Printer membutuhkan driver untuk menghubungkan antara laptop atau komputer dengan printer. Sesuaikan driver yang di instal dengan spesifikasi laptop atau komputer, perhatikan juga bit pada perangkat dan sesuaikan. Apabila terjadi kesalahan antara driver dengan spesifikasi laptop atau komputer maka scan pada printer MG2570 & MG2570S pun tidak bisa dilakukan.


4. Cabut dan Pasang Ulang Kabel Printer

Untuk memastikan printer dan laptop atau komputer sudah terhubung dengan baik, cabut kabel yang terhubung dengan laptop kemudian pasangkan kabel kembali pada laptop. Selanjutnya cek apakah printer sudah merespons pada saat melakukan scan atau masih belum ada respon. 


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Canon Pixma MG2570 & MG2570S Tidak Bisa Scan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta dapat memberikan solusi yang tepat untuk permasalahan printer Anda.


Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir, jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka bisa merasakan manfaat yang sama. Apabila ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan dengan menuliskan pertanyaan pada kolom komentar dibawah.


No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close