5+ Cara Mengatasi Baterai Tanam Bocor Pada Smartphone - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

5+ Cara Mengatasi Baterai Tanam Bocor Pada Smartphone

Share This
1497619669-androidmobile-phone_85137
5+ Cara Mengatasi Baterai Tanam Bocor Pada Smartphone - Perangkat elektronik pasti memiliki aliran listrik untuk menghidupkan perangkat tersebut, baterai menjadi alternatif ketika tidak adanya listrik. Baterai pada perangkat elektronik seperti smartphone menjadi daya utama (aliran listrik) agar perangkat elektronik bisa berjalan seperti biasanya, baterai habis maka akan mati dan tidak dapat berfungsi.
1497619669-androidmobile-phone_85137
Jika dulu smartphone menggunakan baterai yang bisa dilepas bahkan bisa dinyalakan tanpa adanya baterai, saat perkembangan zaman yang semakin modern baterai smartphone disulap menjadi baterai tanam bukan lagi baterai yang bisa di cabut pasang dengan mudah. Memang agak sedikit rumit jika terjadi kendala pada baterai smartphone karena tidak bisa dicabut semudah baterai yang tidak di tanam, harus dibongkar terlebih dahulu untuk mencabut baterai.

Namanya baterai tidak ada bedanya, baik baterai yang ditanam ataupun tidak pasti memiliki problem yang sama, yaitu bocornya baterai. Baterai yang bocor dapat menguras daya sangat cepat meskipun baterai baru di charger (isi daya) padahal penggunaan pada smartphone baru sebentar dan tidak terlalu memakan daya yang banyak. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan baterai tanam menjadi bocor, biasanya terjadi karena kesalahan dari penggunanya atau umur dari baterai itu sendiri yang telah usang (lama). 



Untuk mengatasi baterai tanam yang bocor, Anda bisa mencoba tips berikut ini.
Baca Juga : 5+ Cara Mengatasi HP Yang Kemasukan Air
Cara Mengatasi Baterai Tanam Drop / Bocor
1. Jangan Terlalu Lama Charger Smartphone
Smartphone yang terlalu lama dicharger biasanya akan menyebabkan baterai cepat bocor, baterai yang lama dicharger akan melebihi daya yang seharusnya. Biasakan untuk mengisi daya secukupnya kemudian lepaskan kabel charger dari smartphone untuk mencegah adanya kebocoran. Jika sudah terlanjur bocor, sebaiknya isi daya baterai secukupnya kemudian lepaskan charger dari smartphone.

2. Cek Suhu Smartphone
Suhu smartphone yang tinggi (panas) menandakan banyaknya daya yang terkuras habis, banyaknya program yang berjalan dan akan mengakibatkan baterai dari smartphone cepat habis. Jika itu terjadi maka segera periksa apa yang salah sehingga menyebabkan suhu dari smartphone mengalami panas. Idealnya suhu smartphone adalah 18 - 35 derajat, jika kurang dari 18 derajat akan menurunkan kapasitas dan jika lebih dari 35 derajat akan merusak komponen yang lain dari smartphone.


3. Hapus Aplikasi Yang Memakan Banyak Daya
Salah satu penyebab mengapa baterai bocor atau cepat habis adalah banyaknya aplikasi yang terinstal di smartphone yang memakan banyak daya baterai. Biasanya aplikasi kategori game yang memakan banyak daya baterai, atau periksa aplikasi lain untuk mengetahui aplikasi mana yang memakan banyak daya. Aplikasi yang tidak pernah dipakai pun sebenarnya memakan daya karena berjalan dibackground service, baiknya hapus aplikasi yang tidak terlalu dipakai pada smartphone.

4. Gunakan Kabel Charger Original
Kabel charger juga berpengaruh terhadap bocor dan tidaknya baterai pada smartphone, baterai yang cepat bocor biasanya juga disebabkan karena kabel charger yang tidak sesuai (bukan bawaan dan tidak original). Selalu gunakan kabel charger original untuk mengatasi baterai yang cepat drop, karena tidak semua kabel charger memiliki aliran listrik yang sesuai.

5. Isi Daya Baterai Sebelum Habis
Selanjutnya, jangan membiarkan baterai pada smartphone benar-benar habis. Isi daya baterai pada smartphone apabila baterai terlihat akan habis, diyakini baterai yang benar-benar habis akan cepat mengalami bocor/drop. Pada beberapa kasus juga disebutkan bahwa baterai smartphone yang benar-benar habis akan cepat mengalami bocor jika terus menerus dibiarkan dan dilakukan.

Demikianlah artikel mengenai Begini Caranya Mengatasi Baterai Tanam Bocor. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan Anda yang membacanya, semoga dapat mengatasi berbagai permasalahan Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close