[Tutorial PHP] Membuat Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial PHP] Membuat Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP

Share This

[Tutorial PHP] Membuat Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP - Pada artikel ini akan membahas mengenai pembuatan program untuk menentukan bilangan ganjil genap menggunakan PHP. Tutorial ini sangat cocok buat kamu yang saat ini sedang mempelajari dasar pemrograman bahasa PHP sebelum melakukan langkah lebih jauh dan lebih kompleks nantinya.

Walau tutorial yang ada pada artikel ini masih tergolong pemula, tetapi juga memerlukan logic yang kuat karena membutuhkan beberapa kondisi yang berbeda. Selain itu, pembuatan program dalam menentukan bilangan ganjil genap ini biasanya merupakan tugas kuliah yang diberikan.


Dalam pembuatan program kali ini, kita akan menggunakan operator modulus. Untuk kamu yang pernah sedikit mempelajari PHP pasti mengetahui operator ini, operator modulus merupakan operator yang menghasilkan sisa bagi dari perhitungan. Kalo secara teori memang agak membingungkan tanpa praktek. 


Contoh perhitungan dengan modulus adalah 2 dibagi 2 tidak memiliki sisa bagi hasil, tapi jika 3 dibagi 2 maka memiliki sisa bagi hasil 1. Mungkin contoh sederhana yang telah dijelaskan bisa dipahami dan dimengerti. Operator modulus sendiri ditandai dengan simbol persen (%), contoh penulisan programnya seperti berikut :

  • 10 % 5 = 0 (Tidak ada bagi hasil).
  • 5 % 2 = 1 (Memiliki bagi hasil 1).

Udah mulai paham kan sama si modulus ini? Nah, sekarang kita lanjut pembuatan programnya. Program yang dibuat kali ini masih bersifat sederhana dan masih dapat dikembangkan lebih baik lagi. Siapkan software IDE untuk menjalankan kode yang akan ditulis nanti, atau bisa juga menggunakan compiler online. Kamu juga bisa baca rekomendasi text editor terbaik yang bisa kamu pakai.


Jika semua persiapannya sudah siap, sekarang kamu bisa ketik atau copy source code yang ada dibawah ini kemudian paste pada software IDE yang telah disiapkan.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan PHP dan HTML

Source Code :


Hasil Runningnya :




No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close