[Tutorial Arduino] Membuat Lampu Lalu Lintas Dengan Arduino - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial Arduino] Membuat Lampu Lalu Lintas Dengan Arduino

Share This
[Tutorial Arduino] Membuat Lampu Merah Sederhana Dengan Arduino - Mungkin sebagian dari Anda sudah atau sering melihat lampu lalu lintas di sekitar daerah tempat Anda. Pernahkah terlintas dan terpikir bagaimana lampu lalu lintas itu dibuat? Bagaimana cara lampu tersebut berpindah dari lampu merah, kuning, dan hijau? Ataukah ada seseorang yang menggerakkan lampu lalu lintas tersebut pada saat berganti warna lampu.


Anda bisa membuat simulasi lampu lalu lintas seperti yang ada pada jalan raya menggunakan mikrokontroller Arduino. Sebelum melanjutkan ke pembahasan pembuatan lampu lalu lintas, apakah Anda sudah mengetahui tentang Arduino? Singkatnya, Arduino adalah mikrokontroller yang berfungsi sebagai wadah dari program dan komponen sensor, kurang lebih mungkin seperti itu.

Kemudian, pastikan sudah menginstal kebutuhan yang diperlukan untuk membuat perintah (program) yang nantinya akan di upload ke Arduino. Kebutuhan yang perlu di instal adalah Arduino IDE, apa sih Arduino IDE? Arduino IDE adalah tools/software resmi dari Arduino yang digunakan untuk memberikan perintah-perintah ke sensor/komponen yang akan digunakan. Jika belum menginstal, silahkan baca artikelnya disini.


Komponen Alat
Selanjutnya, apabila software diatas sudah terinstal silahkan siapkan komponen yang dibutuhkan untuk pembuatan lampu lalu lintas. Komponen-komponen tersebut, diantaranya :   
  1. Kabel jumper (male/female) 10 buah.
  2. Lampu LED warna merah, kuning, hijau masing-masing 1 buah (disarankan untuk lebih jumlahnya).
  3. Breadboard 1 buah.
  4. Arduino UNO 1 buah.
  5. Resistor 220 ohm 3 buah.
  6. Kabel sambungan usb to arduino.

Baca Juga :


Rangkaian Alat
Ada pula sampel rangkaian alat yang akan dibuat, tujuan dibuat rangkaian ini agar para pemula yang baru mempelajari Arduino bisa dengan mudah mengerti dan mempraktekkan secara langsung. Sampel rangkaian alat bisa dilihat pada gambar dibawah ini :


Penjelasan Rangkaian:
- Kabel jumper terhubung dari GND ke lubang (-).
- Kabel jumper pada pin digital 7 terhubung ke lampu berwarna merah.
- Kabel jumper pada pin digital 6 terhubung ke lampu berwarna kuning.
- Kabel jumper pada pin digital 5 terhubung ke lampu berwarna hijau. 
- Masing-masing resistor terhubung ke kaki lampu dan lubang (-).


Source Code Lampu Lalu Lintas Dengan Arduino
Jika komponen yang sudah tersedia dipasang atau dirangkai seperti pada contoh gambar diatas, selanjutnya kita berikan perintah pada alat yang akan dibuat. Sedikit penjelasan, source code adalah perintah program yang ditulis dalam bahasa pemrograman, jadi kondisi lampu berpindah dari merah ke kuning atau kuning ke hijau dikarenakan adanya kondisi yang diprogram sedemikian rupa sehingga output yang dihasilkan sesuai dengan keinginan.

silahkan ikuti source code yang ada dibawah ini ya :


Penutup
Demikianlah artikel mengenai [Tutorial Arduino] Membuat Lampu Lalu Lintas Dengan Arduino. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar Arduino serta menambah wawasan keilmuan baru yang belum Anda ketahui. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close