Cara Download & Install Arduino IDE di Windows - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Download & Install Arduino IDE di Windows

Share This

Cara Download & Install Arduino IDE di Windows - Bagi Anda yang sedang atau akan mempelajari Robotik tentunya mengenal dengan software Arduino IDE. Yaps, Arduino IDE adalah software/tools yang digunakan untuk mengintegrasikan perintah dalam bentuk program (bahasa pemrograman) ke mikrokontroller Arduino. Maka dari itu, setiap kita ingin membuat suatu perintah pada robot ditulis menggunakan bahasa pemrograman dan di upload melalui Arduino IDE.

Arduino IDE memiliki banyak fitur yang sangat memudahkan kita untuk membuat suatu perintah program pada robot, misalnya library yang bisa ditemukan dan dipasang langsung di program tanpa perlu repot untuk mencarinya lagi di internet. Selain itu, Arduino IDE juga memiliki daya yang sangat ringan dan tidak memberatkan kinerja dari laptop/komputer serta mempunyai tampilan yang user friendly.


Agar bisa menggunakan software Arduino IDE, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu di laptop/komputer sebelum menggunakannya. Cara menginstalnya cukup mudah dan cepat, namun bila Anda masih bingung memulainya darimana bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.


Baca Juga : 


Minimum Requirement Arduino IDE :

  • Windows 7, 8, 10 (32/64 bit)
  • Linux (32/64 bit)
  • Mac OS
  • RAM 512MB (1GB atau lebih disarankan) 

Jika spesifikasi minimum requirement diatas terpenuhi, langkah selanjutnya silahkan mengikuti tutorial dibawah ini ya.

Cara Unduh & Instalasi Arduino IDE Pada Laptop Windows

Langkah-langkahnya :
1. Download terlebih dahulu software Arduino IDE dengan membuka website resmi Arduino pada link berikut https://www.arduino.cc/en/software.
2. Akan tampil halaman website seperti gambar dibawah, pilih OS Windows yang sesuai dengan yang terpasang di laptop, misalnya laptop menggunakan Windows 7 maka pilih options dengan Windows 7.

3. Pilih Just Download atau Contribute & Download (jika ingin berdonasi).


4. Jika proses download telah selesai, extract terlebih dahulu, lalu buka installer Arduino IDE dengan mengklik 2x. 
5. Pada tab Arduino Setup: License Aggreement, klik button I Agree saja.
6. Pada tab Arduino Setup: Instalation Options, klik Next.
7. Pada tab Arduino Setup: Instalation Folder, pilih destination folder atau bisa klik Next dengan mengikuti destination folder secara default.
8. Klik Install, tunggu hingga proses penginstalan selesai.
9. Jika pada pertengahan instalasi muncul pop-up, pilih Install.
10. Selesai.

Jika rangkaian proses instalasi software Arduino IDE telah selesai, lakukan percobaan dengan membuka software, biasanya akan muncul secara otomatis di desktop. Apabila semua berjalan dengan lancar, Arduino IDE akan terbuka seperti gambar dibawah ini.

Demikianlah artikel mengenai Cara Download & Install Arduino IDE di Windows. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang saat ini membacanya serta menambah wawasan keilmuan mengenai arduino. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk Anda, silahkan bagikan artikel ini pada rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close