Cara Mudah Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mudah Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip

Share This

Cara Mudah Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip - Kita semua tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengar kata printer. Printer adalah alat output yang digunakan untuk mencetak berbagai berkas dokumen atau gambar dengan media kertas. Fungsinya sangatlah dibutuhkan oleh berbagai bidang, baik untuk bidang pendidikan sampai dengan pekerjaan, dibutuhkan printer untuk mencetak berbagai laporan atau dokumen.


Ada banyak versi ataupun model printer yang berkembang hingga saat ini, dari printer yang hanya dapat mencetak dokumen saja sampai dengan printer yang sudah bisa melakukan fotocopy dan scan. Berbagai merk dari printer pun saat ini sudah sangat banyak di release diberbagai tempat dengan nama yang berbeda-beda, namun yang menjadi fokus utama pengguna dari printer adalah pada kualitas mencetak dokumennya.  


Setiap printer yang dibeli biasanya akan memiliki dokumentasi atau buku panduan yang menerangkan tentang printer yang kita beli. Didalam buku panduan tersebut biasanya berisikan mengenai cara pasang, penjelasan fungsi atau fitur yang ada di printer, sampai dengan garansi. Selain itu juga, biasanya akan terdapat CD (kaset) yang berisi driver dari printer yang digunakan agar printer terdeteksi di perangkat yang disambungkan. 


Oleh karena itu, buku panduan printer ini sangatlah penting untuk dibaca dan dipelajari dengan seksama. Karena jika terjadi error ataupun kendala lainnya bisa membaca terlebih dahulu error yang muncul dan diatasi dengan cara yang tepat.


Penyebab Printer Canon MP237 Error & Lampu Kuning Berkedip

Printer yang jarang digunakan itu akan mengakibatkan tinta kering sehingga printer tidak bisa mencetak dokumen seperti biasanya, tapi seringkali dipakai juga tidak baik karena sewaktu-waktu akan timbul problem pada printer, hal itu dikarenakan kinerja dari printer yang terlalu dipaksakan sehingga beban printer sangatlah berat.  Jadi, idealnya printer digunakan secara berkala dan rutin namun dengan pemakaian yang normal.


Tapi, sebaik apapun kita merawat alat pasti akan terjadi juga permasalahan yang muncul dari berbagai hal. Misalnya saja, problem kertas yang macet ketika saat melakukan pencetakan dokumen, problem tinta yang tipis saat mencetak dokumen padahal tinta sudah terisi penuh, problem tinta yang tidak terbaca oleh printer ataupun problem lainya yang seringkali terjadi.


Setiap problem tersebut, biasanya printer akan melakukan warning melalui lampu berwarna kuning yang berkedip-kedip. Kedipan dari lampu printer tidak terjadi secara random, kedipan lampu printer memiliki arti yang perlu kita ketahui. Lampu yang berkedip (beberapa kali) akan memberikan sinyal kepada kita apa yang menjadi permasalahan utama pada printer.


Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui lebih banyak mengenai arti dari kedipan lampu printer agar tidak kebingungan pada saat terjadi error.


Cara Memperbaiki Printer Canon MP237

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedipan lampu printer memiliki arti tersendiri. Nah, di artikel ini kita akan mencoba menyelesaikan problem yang sering terjadi pada printer dengan membaca dari lampu kuning yang berkedip. Oh iya, versi atau model yang akan dibahas adalah Canon MP237.


Anda juga bisa melakukan testing pada versi atau model lain selain Canon MP237, barangkali saja cara yang digunakan pada artikel ini bisa dilakukan pada printer jenis lainnya.


Baca Juga :


Cara Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip 2 Kali

Printer akan mengeluarkan sinyal lampu berwarna kuning dan berkedip 2x jika kertas yang saat digunakan oleh printer kehabisan. Printer hanya perlu diisi dengan kertas lalu tekan tombol resume/color.

 

Cara Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip 3 Kali

Saat sedang mencoba mencetak dokumen dan mengalami kertas macet didalam printer, biasanya akan muncul kedipan lampu kuning sebanyak 3x. Nah, ini merupakan sinyal yang mengharuskan kita segera mencabut kertas yang macet. Jika kertas sudah dicabut, proses print bisa dilanjutkan kembali.


Cara Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip 4 Kali

Catridge yang mengalami bermasalah akan menimbulkan sinyal lampu kuning berkedip selama 4x. Pada beberapa kasus, catridge tidak terpasang dengan baik dan benar sehingga printer mengeluarkan sinyal lampu berkedip. Untuk mengatasinya, perbaiki tempat catridge sampai dengan terpasang dengan benar dan mengunci, setelah itu coba kembali printer.


Cara Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali

Masih sama seperti sebelumnya, masalah yang timbul dari lampu yang berkedip 5x adalah karena posisi catridge masih belum betul. Cek dan pastikan posisi yang dipasang sudah benar.


Cara Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip 7 Kali

Jika lampu kuning berkedip 7 kali, masalahnya masih pada catridge. Pastikan catridge dalam posisi terisi tinta dan dalam posisi tepat mengunci pada tempatnya. Pada beberapa kasus, catridge perlu diganti dengan yang baru.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Mengatasi Printer Canon MP237 Lampu Kuning Berkedip. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat serta wawasan ilmu baru bagi Anda yang saat ini membacanya. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke rekan sekitarmu yaa.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close