Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan Java [Tutorial Java] - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan Java [Tutorial Java]

Share This

Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan Java [Tutorial Java] - Pada artikel ini kita akan kembali mempelajari tentang bahasa pemrograman Java dengan membuat sebuah program sederhana perhitungan bilangan faktorial. Pada artikel sebelumnya, juga sudah mempelajari dan membuat program biodata mahasiswa sederhana menggunakan bahasa pemrograman Java


Java adalah salah satu bahasa pemrograman dari banyaknya bahasa pemrograman lainnya yang ada pada saat ini. Java juga merupakan salah satu bahasa pemrograman populer yang banyak digunakan oleh para developer untuk membangun suatu app berbasis desktop, mobile, ataupun website. Nah, ada beberapa artikel lainnya mengenai bahasa pemrograman Java yang bisa dipelajari pada list artikel pada website ini.


Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang, pekerjaan sebagai developer app sangat dibutuhkan didunia industri ataupun dunia startup. Java menjadi salah satu requirement bahasa pemrograman yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan untuk membuat apps. Walau ada beberapa bahasa pemrograman lain, Java masih dibutuhkan hingga saat ini.


Belum terlambat untuk temen-temen belajar mengenai bahasa pemrograman, selagi masih ada niat dan usaha untuk belajar. Ilmu teknologi merupakan ilmu yang bergerak dengan sangat cepat, sehingga siapapun yang tidak mengikuti perkembangan teknologi maka akan tertinggal.


Contoh Perhitungan Bilangan Faktorial

Mungkin sebagian temen-temen semua pernah atau belajar perhitungan bilangan faktorial di bangku sekolah atau perkuliahan. Mengulas sedikit mengenai bilangan faktorial, Bilangan faktorial adalah perkalian bilangan asli yang kurang atau sama dengan n, penulisan dari bilangan faktorial selalu diawali dengan simbol tanda seru (!) lalu setelahnya diikuti dengan angka.  

 

Contoh bilangan faktorial angka 0 - 10 :

  • 0! = 1
  • 1! = 1
  • 2! = 1 × 2 = 2
  • 3! = 1 × 2 × 3 = 6
  • 4! = 1 × 2 × 3 × 4 = 24
  • 5! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 = 120
  • 6! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 = 720
  • 7! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 = 5040
  • 8! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 = 40320
  • 9! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 × 9 = 362880
  • 10! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 × 9 × 10 = 3628800

Angka diatas merupakan contoh bilangan faktorial angka 1 sampai dengan 10. Setiap bilangan faktorial dibarengi dengan tanda atau simbol tanda seru (!). 

Secara perhitungan mungkin akan terlihat mudah jika dihitung secara manual dengan kertas ataupun menggunakan kalkulator. Namun, bagaimana jika kita buat perhitungan bilangan faktorial ini ke dalam bentuk suatu program? 

Anda bisa simak penjelasan dibawah ini mengenai cara pembuatan program perhitungan bilangan faktorial. 

Source Code Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan Java
Tahap selanjutnya, kita akan mencoba membuat program perhitungan bilangan faktorial. Tapi, sebelum itu silahkan siapkan terlebih dahulu beberapa keperluan yang perlu disiapkan untuk menjalankan code yang telah kita buat. Disini, kita memerlukan sebuah tools yang mampu menjalankan program yang kita buat nantinya. Instal dan pasang terlebih dahulu tools yang dibutuhkan di laptop atau komputer.

Tools yang digunakan boleh menggunakan tools jenis apapun asalkan bisa menjalankan program java. Anda bisa menggunakan CodeBlocks sebagai tools compiler atau bisa juga menggunakan compiler online yang tersedia di internet.

Bila hanya sekedar latihan dan tidak ingin instal tools di laptop atau komputer, bisa menggunakan compiler online. 

Baca Juga : 

Jika persiapannya sudah siap, selanjutnya silahkan ketik source code yang dibawah ini pada text editor atau tools yang telah disiapkan sebelumnya. Disarankan untuk mengetik ulang source code agar lebih memahami maksud dari baris perbaris code.

Perlu diingat, untuk membuat project baru Java silahkan disamakan dengan public class yang dibuat pada kode program. Atau, public class pada kode program-nya yang disamakan dengan nama project. Jika salah satunya berbeda (nama project atau public class), program yang dijalankan akan muncul error. 

Selain itu, file java yang tersimpan pada direktori harus disimpan dengan format .java

Source Code :

Hasil Running :


Penutup
Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah bisa membuat program perhitungan bilangan faktorial dengan Java? Apabila bingung atau mengalami problem mengenai penjelasan diatas bisa tanyakan pada kolom komentar dibawah.

Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan Java [Tutorial Java]. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membaca artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close