Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan C [Tutorial C] - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan C [Tutorial C]

Share This

Membuat Program Bilangan Faktorial Dengan C [Tutorial C] - Pada artikel sebelumnya kita sudah mencoba dan belajar bagaimana cara membuat latihan program yang sama namun menggunakan bahasa pemrograman C. Nah, di artikel ini kita akan membuat program yang sama yaitu program perhitungan bilangan faktorial namun menggunakan bahasa pemrograman C.



Mempelajari bahasa pemrograman adalah hal yang sangat menguntungkan, mengingat profesi atau pekerjaan ini bisa dibilang merupakan pekerjaan masa depan. Sejak perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang, digitalisasi terus dilakukan dari berbagai sektor. Oleh karena itu, peran seorang programmer dalam development program atau aplikasi sangat dibutuhkan.


Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman dari berbagai bahasa pemrograman yang ada. Bahasa C sangat direkomendasikan untuk mempelajari dasar atau basic seorang calon programmer. Hal ini dikarenakan, bahasa C lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa lainnya. Namun, tetap saja mempelajarinya sangat dibutuhkan agar lebih menguasai bahasa tersebut.


Anda bisa mempelajari dan membuat beberapa program sederhana dengan C yang ada pada blog artikel ini. List artikel bahasa C dapat di klik disini.


Bilangan faktorial adalah perhitungan perkalian semua bilangan asli yang kurang atau sama dengan n, penulisan bilangan faktorial sendiri diawali dengan tanda seru (!) kemudian diikuti dengan angka. Pembelajaran ini mungkin sudah dipelajari oleh Anda pada masa bangku sekolah menengah atas atau di perguruan tinggi. 


Nah, agar lebih jelas dan mengingat lagi tentang bilangan faktorial ini, silahkan dilihat pada contoh dibawah ini.


Contoh bilangan faktorial 0 - 10 :

  • 0! = 1
  • 1! = 1
  • 2! = 1 × 2 = 2
  • 3! = 1 × 2 × 3 = 6
  • 4! = 1 × 2 × 3 × 4 = 24
  • 5! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 = 120
  • 6! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 = 720
  • 7! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 = 5040
  • 8! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 = 40320
  • 9! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 × 9 = 362880
  • 10! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 × 9 × 10 = 3628800


Contoh diatas merupakan contoh perhitungan bilangan faktorial yang sudah dijelaskan sebelumnya. Secara perhitungan manual dengan menggunakan secarik kertas mungkin akan sangat mudah bagi kita menghitung bilangan faktorial seperti ini. 


Lalu, bagaimana caranya jika kita memindahkan cara manual sebelumnya menjadi digital melalui sebuah program yang dapat menghitung dan mengeluarkan hasil secara otomatis? Untuk mempelajari pembuatan program perhitungan bilangan faktorial ini, silahkan disimak penjelasan dibawah ini ya.


Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan C

Sebelum ke tahap pembuatan program, ada beberapa software yang perlu disiapkan terlebih dahulu untuk digunakan sebagai media development. Siapkan dulu tools yang akan digunakan untuk menulis source code-nya ya. 


Silahkan gunakan tools apapun yang Anda sukai asalkan bisa menjalankan program yang telah dibuat dengan baik tanpa ada kendala. CodeBlocks bisa menjadi salah satu rekomendasi tools yang bisa digunakan. Atau juga, bisa menggunakan compiler online yang ada di internet.


Baca Juga : 


Jika segala persiapannya telah selesai dan sudah siap, kita lanjutkan ke tahap development program. Silahkan mengikuti source code yang telah tersedia yang ada dibawah ini. Namun, disarankan untuk diketik secara manual tanpa copy paste, hal ini bertujuan agar Anda lebih memahami baris perbaris code-nya. 


Source Code :


Hasil Running :


Bagaimana? Sangat mudah bukan? Tidak sesulit yang dibayangkan. Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan C [Tutorial C]. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan ilmu serta wawasan baru bagi Anda yang saat ini sedang membacanya.


Apabila ada hal yang ingin ditanyakan mengenai penjelasan artikel diatas, silahkan tanyakan di kolom komentar ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close