Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan PHP [Tutorial PHP] - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan PHP [Tutorial PHP]

Share This

Membuat Program Bilangan Faktorial Dengan PHP [Tutorial PHP] - Saat ini, semakin hari bahasa pemrograman semakin dikenal oleh banyak orang, banyak orang tertarik dengan bahasa pemrograman karena dinilai pekerjaan masa depan dan bergaji cukup tinggi. Tentunya, untuk dapat menjadi seorang programmer profesional dibutuhkan waktu dan ketekunan yang sangat tinggi agar memiliki skill yang maksimal.

Pada artikel pemrograman php sebelumnya, kita sudah belajar tentang pembuatan program untuk menentukan bilangan prima dengan bahasa pemrograman php, walaupun terlihat sederhana, akan terasa sulit untuk seorang pemula yang baru belajar. 


Lalu, di artikel ini kita akan kembali mempelajari tentang pembuatan program dengan php. Program yang akan kita buat kali ini adalah membuat program perhitungan bilangan faktorial. Program yang dibuat akan menampilkan hasil perhitungan faktorial dari nilai yang telah dimasukkan pada program.


Bilangan faktorial adalah perkalian semua bilangan asli yang kurang atau sama dengan n, penulisannya diawali dengan tanda seru (!) lalu diikuti dengan angka. Biasanya materi tentang faktorial ini akan ditemui pada mata kuliah statistika atau kalkulus. Agar lebih jelas mengenai bilangan faktorial ini, dapat dilihat pada contoh bilangan faktorial dibawah ini.

 

Contoh bilangan faktorial 0 - 10 :

  • 0! = 1
  • 1! = 1
  • 2! = 1 × 2 = 2
  • 3! = 1 × 2 × 3 = 6
  • 4! = 1 × 2 × 3 × 4 = 24
  • 5! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 = 120
  • 6! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 = 720
  • 7! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 = 5040
  • 8! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 = 40320
  • 9! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 × 9 = 362880
  • 10! = 1 × 2 × 3 × 4 × 5 × 6 × 7 × 8 × 9 × 10 = 3628800


Nah, contoh diatas merupakan bilangan faktorial yang sudah dijelaskan sebelumnya. Secara perhitungan melalui media kertas mungkin akan mudah bagi kita menghitung bilangan faktorial ini. 


Lalu, bagaimana jika kita membuat program bilangan faktorial ini hingga dapat menghitung hasilnya secara otomatis? Tidak perlu khawatir, di artikel ini kita akan sama-sama belajar membuat program bilangan faktorial ini. Untuk mempelajari pembuatan program faktorial ini, silahkan disimak penjelasan dibawah ini ya.


Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di Indonesia, bagaimana tidak? Setiap pemula yang belajar mengenai pemrograman akan mempelajari php sebagai bahasa pemrograman awal. Mungkin, bahasa pemrograman php dinilai lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.


Selanjutnya, untuk membuat program bilangan faktorial ada beberapa tools yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Siapkan text editor yang akan digunakan untuk menulis code program. Sublime atau Visual Studio Code bisa menjadi salah satu rekomendasi text editor yang akan digunakan. Atau, bisa juga menggunakan compiler online yang tersedia di internet jika tidak ingin menginstal tools. Siapkan juga browser untuk melihat hasil dari code yang telah ditulis, ya.


Baca Juga : 


Apabila tools yang akan digunakan telah siap, silahkan ikuti source code yang ada dibawah ini. Disarankan untuk mengetik ulang code tanpa copy paste agar lebih memahami fungsi dari setiap baris code-nya. 


Source Code :


Hasil Running :


Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Perhitungan Bilangan Faktorial Dengan PHP [Tutorial PHP]. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan ilmu serta wawasan baru bagi Anda yang saat ini sedang membacanya.

Silahkan tanyakan di kolom komentar apabila mengalami kesalahan atau bingung pada contoh program diatas, terimakasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close