Cara Mengatasi Printer Epson L210 Lampu Tinta Dan Kertas Berkedip - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Printer Epson L210 Lampu Tinta Dan Kertas Berkedip

Share This

Cara Mengatasi Printer Epson L210 Lampu Tinta Dan Kertas Berkedip - Siapa yang tidak tahu dengan printer? Alat untuk mencetak berbagai dokumen atau foto dengan media kertas. Mungkin, setiap orang sudah mengetahui fungsi dan bentuk dari printer. Printer merupakan alat yang tergolong pada kategori perangkat output, secara umum memiliki fungsi untuk mencetak dokumen yang diterima dari komputer ataupun laptop.

Ada banyak berbagai macam merk, jenis dan type printer yang tersedia saat ini, salah satunya adalah printer Epson L210. Printer ini memiliki keunggulan dengan tidak hanya bisa mencetak saja namun dengan printer tersebut, kita bisa melakukan fotocopy dan juga scan dokumen. Cukup banyak keunggulan yang dihadirkan pada printer type tersebut di bandingkan dengan type lain.


Printer Epson L210 sangat cocok jika digunakan di tempat-tempat yang membutuhkan pemberkasan, seperti sekolah, perkantoran, hotel, dan lainnya. Selain itu, juga sangat dibutuhkan dan banyak di pakai di tempat jasa fotocopy.


Dibalik keunggulan tersebut, ternyata tersimpan beberapa problem yang seringkali terjadi pada printer Epson L210. Problem yang muncul cukup beragam, salah satu problem yang sering muncul adalah lampu tinta dan kertas menyala dan berkedip. Problem ini cukup sering di jumpai, hal ini terjadi karena masalah pada kertas.


Cara Mengatasi Printer Epson L210 Lampu Tinta Dan Kertas Berkedip

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, faktor yang menyebabkan printer mengalami error (lampu tinta dan kertas berkedip) biasanya terjadi pada kertas. Masalah pada kertas, seperti kertas yang nyangkut atau macet (Paper Jam) atau kertas yang terlipat pada saat akan mencetak dokumen, bisa juga karena error dari printernya itu sendiri.


Jika terjadi hal yang demikian, lampu tinta dan kertas akan langsung berkedip. Hal ini menandakan adanya suatu masalah pada printer. 


Tidak usah terlalu panik ketika terjadi hal seperti ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi hal tersebut dengan langkah-langkah sederhana. Boleh saja dibawa ke tempat service untuk memperbaikinya, tetapi akan membutuhkan biaya yang cukup lumayan agar printer kembali seperti semula.


Baca Juga : 


Anda bisa mencoba terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ini. Ada cara yang cukup sederhana untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Cara ini tidak memerlukan aplikasi/software tambahan apapun, cukup dengan langkah sederhana saja.


Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Silahkan simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

1. Pastikan tidak ada kertas yang tersangkut pada printer, cek terlebih dahulu untuk memastikannya. Jika ada kertas yang macet atau tersangkut, segera ambil kertas yang tersangkut pada printer.

2. Stop semua antrian dokumen yang akan di cetak (print).

3. Tekan tombol power (off) pada printer sampai printer dalam kondisi mati. 

4. Tunggu selama beberapa menit, kemudian nyalakan kembali (on) dengan menekan tombol power pada printer.

5. Jika printer sudah menyala, tunggu beberapa detik sampai printer dalam keadaan siap.

6. Lakukan pengetesan dengan mencetak dokumen.

7. Pastikan kertas yang disimpan tidak terlipat dan tidak miring agar tidak terjadi lagi masalah.

8. Jika berhasil, maka kertas akan keluar dengan hasil cetakan. Jika gagal, lakukan kembali langkah-langkah diatas dari awal, pastikan mengikutinya dengan baik. 


*Note : Jika pada saat menekan tombol power off printer tidak kunjung mati, cabut kabel yang terhubung dengan printer. Setelah itu, sambungkan kembali dan tunggu beberapa detik sampai printer dalam kondisi siap. 


Penutup

Sangat mudah sekali bukan untuk mengatasi masalah tersebut, tidak perlu jauh-jauh membawa printer ke tempat service. Printer akan kembali dengan normal lagi setelah mengikuti langkah-langkah diatas, selanjutnya tolong lebih berhati-hati lagi saat memakai printer agar tidak terjadi masalah yang sama. 


Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Epson L210 Lampu Tinta Dan Kertas Berkedip. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang membacanya. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada website ini, silahkan bagikan artikel ini pada rekan sekitarmu apabila artikel ini memiliki isi yang bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close