Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan Bahasa C# (C Sharp) - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan Bahasa C# (C Sharp)

Share This

Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan Bahasa C# (C Sharp) - Sebelumnya, pada pembahasan artikel mengenai bahasa pemrograman C# sudah melakukan pembuatan program untuk menghitung luas segitiga dengan C#. Pada artikel kali ini, kita akan kembali mempelajari dan membuat suatu program yang sederhana. Program yang akan dibuat yaitu menentukan bilangan ganjil genap dengan C# (C Sharp).

Mungkin dari temen-temen semua sudah mengetahui mengenai bilangan ganjil genap, tentunya hal mendasar mengenai bilangan ganjil genap sudah pernah diajari saat duduk di bangku sekolah dasar. Sangat mudah sekali untuk membedakan antara bilangan ganjil dan bilangan genap.


Sedikit mengingat dan mengulas kembali, bilangan ganjil merupakan bilangan yang bukan kelipatan dari 2 atau yang tidak dapat habis dibagi 2. Sedangkan, bilangan genap adalah bilangan yang memiliki kelipatan 2 atau bilangan yang habis jika dibagi 2. Semoga sudah lebih mengingat lagi dengan penjelasan tersebut. 


Contoh angka dari bilangan ganjil :

  • 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15 dan seterusnya yang tidak bisa dibagi 2.

Contoh angka dari bilangan genap :

  • 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16 dan seterusnya yang bisa dibagi 2.

Dengan penjelasan singkat dan contoh dari bilangan ganjil dan bilangan genap, semoga bisa mengingatkan kembali mengenai bilangan ganjil dan genap.

Source Code Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap C#
Setelah membahas mengenai penjelasan dan contoh angka dari bilangan ganjil genap, lalu bagaimana caranya membuat suatu program yang dapat menentukan bilangan atau angka termasuk bilangan ganjil atau genap. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan Anda simak artikel ini hingga habis.

Sebelum membuat programnya, kita akan mengulas sedikit mengenai logika pada program yang akan dibuat.

Jika di hitung dengan perhitungan manual, logika untuk menentukan bilangan ganjil atau genap adalah dengan mencari bilangan yang bisa dibagi 2 dan bilangan yang tidak bisa dibagi 2. Jika bilangannya tidak dapat dibagi termasuk ganjil, dan jika bilangannya bisa dibagi termasuk genap. Sesimpel itu logikanya.

Baca Juga :

Selanjutnya, bagaimana jika di implementasikan pada bentuk program? 

Implementasi perhitungan untuk menentukan bilangan ganjil atau genap pada program, akan menggunakan modulus (mod) dengan simbol %. Modulus merupakan operasi yang menghasilkan sisa dari pembagian.

Sebagai contoh perhitungan dengan menggunakan modulus :
  • 9 % 2 = 4 (sisa 1)
  • 10 % 2 = 5 (tidak ada sisa)
  • 34 % 2 = 17 (tidak ada sisa)
  • 35 % 2 = 17 (sisa 1)

Coding Menentukan & Menampilkan Bilangan Ganjil Genap C#
Pada tahap selanjutnya, untuk dapat membuat sebuah program perlu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Siapkan terlebih dahulu tools/text editor yang akan digunakan untuk menulis script code.  Anda bisa mengunduh dan menginstal pada laptop atau komputer yang digunakan jika belum memiliki tools/text editor, atau bisa juga menggunakan Compiler Online yang tersedia di internet.

Jikalau sudah memiliki text editor, Anda bisa langsung mengikuti langkah berikutnya. Ikuti source code yang ada dibawah ini, lakukan dengan mengetik ulang script code tanpa melakukan copy paste. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih memahami maksud dan fungsi dari baris per-baris code yang ada. 

Source Code :

Hasil Running :

Penutup
Demikianlah artikel mengenai Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan Bahasa C# (C Sharp). Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang saat ini membacanya. Semoga bisa selalu semangat dan konsisten dalam mempelajari hal-hal baru terkait dengan teknologi, khususnya pada bidang pemrograman.

Apabila ada pertanyaan seputar penjelasan/isi dari artikel ini, tulis pada kolom komentar ya. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada artikel ini, jika artikel pada blog ini dirasa bermanfaat untuk Anda, silahkan bagikan/rekomendasikan artikel ini pada rekan sekitarmu ya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close