Cara Mengatasi Printer Epson L360 Bergaris-Garis - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Printer Epson L360 Bergaris-Garis

Share This

Cara Mengatasi Printer Epson L360 Bergaris-Garis - Printer merupakan perangkat output komputer yang banyak digunakan untuk mencetak berbagai macam dokumen dengan media kertas. Namun printer saat ini tidak hanya mencetak dokumen saja, bisa juga melakukan hal lainnya seperti melakukan fotocopy dan melakukan scan dokumen. Meskipun hanya memiliki beberapa fungsi utama saja, perannya sangat penting untuk kepentingan administrasi.

Selain digunakan sebagai pemakaian pribadi di rumah, printer juga banyak digunakan di berbagai tempat seperti perusahaan, sekolah, dan tempat usaha fotocopy. Perusahaan dan sekolah membutuhkan printer untuk mencetak berbagai macam dokumen administrasi. Akan sangat merepotkan jika di suatu perusahaan ataupun sekolah tidak memiliki printer sebagai perangkat untuk mencetak dokumen.



    Sudah banyak berbagai macam keluaran terbaru printer dengan berbagai macam fitur dan bentuk model yang berbeda pada setiap mereknya. Akan tetapi, setiap printer masih memiliki kesamaan dalam hal problem. Masalah atau problem yang seringkali muncul biasanya akan memiliki kemiripan bahkan cenderung sama meskipun printer berbeda merek.


    Masalah yang muncul ini sangatlah beragam, bisa terjadi karena secara teknis ataupun non teknis yang disebabkan oleh penggunanya saat menggunakan printer. Masalah umum yang sering muncul diantaranya:

    • Printer tidak bisa tersambung/terdeteksi dengan laptop atau komputer
    • Hasil dari cetakan printer terlihat bergaris-garis.
    • Tinta habis padahal setelah di cek tinta masih banyak
    • dll.


    Cara Memperbaiki Printer Epson L360 Bergaris-Garis

    Masalah-masalah yang sudah dijelaskan sebelumnya itu sangat umum terjadi, jika kita sering menggunakan printer pasti pernah mengalami hal itu dan tentunya sudah dianggap lumrah karena saking seringnya. Terkadang membuat terheran-heran kenapa bisa muncul masalah tersebut, seperti masalah pada printer Epson L360 yang hasil cetakannya bergaris-garis.


    Tentunya masalah tersebut tidak akan muncul tanpa adanya sebab, pasti ada penyebab yang menjadi faktor utama masalah tersebut muncul. Lantas, apa yang perlu dilakukan? Hal yang perlu dilakukan adalah mencari tahu penyebab masalah tersebut serta mencari solusinya.


    Baca Juga :


    Sebagai orang awam yang tidak mengetahui apapun selain menggunakan printer akan merasa sangat dibingungkan dengan masalah seperti itu. Namun, sebenarnya masalah hasil printer yang bergaris-garis pada printer Epson L360 bisa diatasi dengan mudah. 


    Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan ikuti tips-tipsnya dibawah ini.


    1. Ubah Print Quality Menjadi High

    Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan konfigurasi pada saat akan melakukan print/mencetak. Secara default, print quality yang diterapkan adalah Standard yang berarti hasil cetakan dari printer memiliki kualitas yang biasa saja, ketika menggunakan print quality standard pada saat mencetak, hasil cetakan kurang memuaskan bahkan hasil cetakan bisa bergaris-garis. 


    Ada 3 quality yang disediakan pada pengaturan printer, yaitu High, Standard, dan Draft. Untuk mengubah print quality dari Standard menjadi High bisa dilakukan pada menu printer properties, pada konfigurasi kali ini diasumsikan menggunakan software Microsoft Word. Cara untuk melakukan konfigurasi lebih lengkapnya bisa dilihat berikut ini :

    • Pertama, klik File, lalu pilih Print. Atau bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl + P pada keyboard.
    • Selanjutnya klik Printer Properties.
    • Lalu, pada pilihan Print Quality, pilih High.
    • Klik OK.
    • Lakukan print seperti biasa untuk melihat hasil cetakan.


    2. Pastikan Tinta Penuh & Tidak Habis

    Kemudian langkah selanjutnya adalah memastikan tinta printer penuh dan tidak habis. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah tinta menjadi penyebab hasil cetakan yang bergaris-garis atau tidak. Jika tinta printer terlihat akan habis atau terlihat sudah habis maka bisa dipastikan penyebab hasil cetakan bergaris-garis terjadi karena tinta yang sudah habis atau akan habis.


    Oleh sebab itu, ketika hasil cetakan bergaris-garis pastikan terlebih dahulu tinta printer penuh dan tidak habis. 


    3. Lakukan Head Cleaning

    Cara selanjutnya, untuk mengatasi hasil cetakan yang bergaris-garis pada printer Epson L360 adalah melakukan Head Cleaning. Ketika mendapati tinta yang sebelumnya habis lalu di isi ulang menjadi penuh namun hasil cetakan bergaris-garis, maka perlu melakukan Head Cleaning. 


    Head Cleaning merupakan fitur bawaan dari printer yang diperuntukkan pengguna untuk membersihkan sisa-sisa tinta printer yang mengendap. Cara Head Cleaning printer Epson L360 bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

    1. Masuk menu Devices & Printers.
    2. Cari Epson L360 lalu klik kanan kemudian pilih Printer Properties.
    3. Masuk pada tab menu Maintenance dan klik Cleaning
    4. Selanjutnya, klik Execute. Tunggu proses cleaning hingga selesai.
    5. Lalu, klik Initial Check Items.
    6. Terakhir, klik Print Check Pattern.


    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Epson L360 Bergaris-Garis. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta memberikan solusi dari permasalahan printer L360 yang sedang Anda alami. 


    Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, jika menurut Anda isi konten dari artikel ini memiliki informasi yang bermanfaat, silahkan bagikan dan rekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar bisa merasakan manfaat yang sama. 


    Jika ada kesalahan atau pertanyaan seputar isi dari artikel ini, bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar.

    No comments:

    Post a Comment

    Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

    Boxed(True/False)

    close