Cara Mengatasi Printer Epson L3150 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Printer Epson L3150 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Share This

Cara Mengatasi Printer Epson L3150 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip - Printer merupakan salah satu yang termasuk dalam perangkat output. Printer menjadi alat atau perangkat yang mungkin sudah tidak asing lagi karena bisa dijumpai di berbagai macam tempat. Fungsinya yang mencetak dokumen menjadi kebutuhan yang paling penting, apalagi di tempat-tempat yang membutuhkan dokumen sebagai administrasi atau kepentingan lainnya.

Tempat yang mungkin kita bisa menggunakan printer secara umum biasanya ada di tempat fotocopy yang menyediakan pencetakan dokumen, ataupun di warnet. Kita bisa mencetak dokumen apapun, seperti proposal skripsi, laporan, tugas-tugas makalah, dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu saja, saat ini printer juga bisa digunakan untuk keperluan fotocopy dokumen dan juga scan, tapi hanya ada pada beberapa printer saja.



Dibalik fungsinya yang sangat berguna bagi manusia, printer memiliki segudang masalah yang seringkali muncul pada saat printer digunakan. Masalah-masalah yang muncul pada printer sangatlah beragam, Anda mungkin pernah atau sedang mengalami masalah pada printer. Biasanya sebagian masalah yang muncul akan menyebabkan printer tidak akan bisa mencetak dokumen seperti biasa. 


Beberapa masalah yang seringkali muncul diantaranya printer yang tidak bisa mencetak dokumen, kertas yang menyangkut, tinta yang tidak keluar, printer yang tidak terdeteksi, dan masalah-masalah lainnya yang seringkali muncul. Berbagai masalah tersebut harus kita atasi agar bisa kembali menggunakan printer dengan normal.


Penyebab Mengatasi Printer Epson L3150 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Munculnya masalah pada printer akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala dan berkedip-kedip, adanya masalah ini tentunya sangat mengganggu kita sebagai pengguna pada saat printer akan digunakan, terlebih apabila sedang benar-benar membutuhkan printer untuk mencetak suatu dokumen penting.


Ada berbagai macam faktor yang menjadi penyebab mengapa lampu indikator tinta dan kertas menyala dan berkedip-kedip. Misalnya ada sesuatu atau benda yang tertinggal didalam printer (biasanya kertas yang tertinggal saat kertas nyangkut) atau bisa juga faktor lainnya yang menjadi penyebab.


Baca Juga :


Sebagai orang awam yang tidak mengerti dengan baik mengenai printer mungkin akan kebingungan ketika terjadi masalah pada printer, jika di tempat jasa seperti tempat fotocopy atau warnet pastinya akan ada orang yang menjaga dan paham untuk mengatasinya apabila printer terjadi error atau ada kesalahan saat akan mencetak. 


Lantas bagaimana jika kejadiannya terjadi pada printer milik kita sendiri dan tidak ada seorangpun yang tahu cara mengatasinya? Pada artikel ini, kita akan mencoba untuk mengatasi hal tersebut pada printer Epson L3150. Jadi, Anda bisa mencoba beberapa cara yang diberikan di artikel ini.  


Solusi Mengatasi Printer Epson L3150 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Untuk mengatasi masalah ini, kita akan mencoba me-reset printer dengan dan tidak menggunakan tools tambahan. Jika menggunakan tools, maka Anda perlu mengunduh dan mengisntall toolsnya terlebih dahulu. Caranya, silahkan ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini :

Cara Pertama

1. Matikan printer dan cabut kabel yang sebelumnya terhubung dengan arus listrik.

2. Tunggu sampai 5 menit, lalu hubungkan kembali kabel dengan arus listrik.

3. Selanjutnya tekan dan tahan tombol resume pada printer selama 5 detik lalu lepas.

4. Kemudian, tekan dan tahan kembali tombol resume selama 3 detik lalu lepas. 

5. Setelah melakukan tekan dan tahan tombol resume, printer akan menerima masukan untuk melakukan reset.

6. Jika berhasil, lampu indikator yang sebelumnya menyala dan berkedip-kedip akan kembali normal.


Cara Kedua

1. Silahkan unduh terlebih dahulu tools Resetter Epson L3150 pada link berikut ini.

2. Matikan segala anti virus yang ada di laptop atau komputer pada saat mengunduh dan menginstal tools Resetter agar tidak terhalang oleh anti virus.

3. Extract file yang sudah di unduh sebelumnya.

4. Selanjutnya, jalankan tools Resetter Epson L3150.

5. Akan muncul jendela Epson Adjustment Program, seperti pada gambar dibawah ini.


6. Pilih Model Name dengan Epson L3150 lalu pilih tombol OK.

7. Akan ada 2 tombol yaitu Sequential Adjustment Mode dan Particular Adjustment Mode.

8. Kemudian, klik tombol Particular Adjutment Mode pada bagian sebelah kanan.

9. Pada bagian Maintenance, pilih Waste Ink Pad.

10. Lalu, centang pada pilihan Main Pad Counter dan Platen Pad Counter.

11. Langkah terakhir, pilih Initialize. Langkah ini akan memproses reset printer selama beberapa menit. 

12. Tunggu proses reset hingga muncul notifikasi.

13. Restart printer kemudian cek dan test apakah lampu indikator sudah normal kembali atau tidak.

 

Silahkan gunakan kedua cara diatas untuk mengatasi masalah lampu tinta dan kertas berkedip. Pakai cara pertama terlebih dahulu, jika cara pertama tidak berhasil, gunakan cara kedua. Semoga berhasil dengan kedua cara di atas.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Epson L3150 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip. Semoga dengan adanya artikel tutorial ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan memberikan solusi yang tepat pada permasalahan yang sedang terjadi. Apabila ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini atau adanya kesalahan pada link download, bisa memberikan pertanyaan dengan menuliskannya pada kolom komentar.


Terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel ini, mohon maaf apabila ada kesalahan kata-kata ataupun kalimat dalam penulisan artikel. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close