Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon IP2770 Bergaris - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon IP2770 Bergaris

Share This

Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon IP2770 Bergaris - Printer merupakan perangkat output yang memiliki fungsi untuk mencetak berbagai macam file atau gambar dalam dengan media kertas. Printer menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan di beberapa tempat seperti perusahaan, instansi pemerintah, sekolah, atau tempat lainnya yang membutuhkan dokumen administrasi.

Tidak hanya untuk mencetak dokumen saja, saat ini printer juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya, misalnya untuk scan dokumen atau untuk melakukan fotocopy dokumen. Namun, tidak semua printer bisa melakukan hal tersebut, hanya printer yang memiliki fitur tertentu saja yang bisa. 



Perangkat yang sangat berguna sekali bukan? Namun, kita sebagai pengguna pasti pernah atau bahkan sering menemui permasalahan pada printer. Problem seperti tinta yang tidak keluar padahal masih ada ketika di cek, printer tidak terdeteksi saat akan mencetak, hasil cetakan printer yang bergaris-garis, atau problem lainnya. 


Sebagai pengguna yang awam yang kurang mengerti mengenai printer pasti akan sangat bingung ketika terjadi masalah seperti itu, padahal sebelumnya printer masih bisa digunakan seperti biasa. Munculnya problem tersebut tentunya akan sangat mengganggu kita, mau tidak mau kita harus memperbaiki masalah tersebut agar bisa kembali menggunakan dengan normal.


Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon IP2770 Putus-Putus

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai problem yang terjadi pada printer. Salah satu problem yang akan dibahas adalah hasil cetakan printer Canon IP2770 yang bergaris-garis. Apakah Anda pernah mengalami hasil cetakan yang bergaris-garis? Jika pernah, tentunya timbul pertanyaan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut?. 


Spekulasi pertama yang terlintas ketika mengalami hasil cetakan yang bergaris-garis adalah tinta pada printer akan segera habis. Sebagian besar memang akan terjadi kehabisan pada tinta printer, namun ada juga yang ketika di cek tintanya masih penuh tapi hasil cetakannya bergaris-garis.


Baca Juga :


Jika masalah ini terjadi pada tempat umum seperti tempat fotocopy atau warnet, kita bisa menggunakan printer lain untuk mencetak kembali dokumen atau menanyakan kepada penjaga usaha tersebut untuk segera di perbaiki. Lantas, bagaimana jika masalah tersebut terjadi di rumah atau tidak ada seseorang yang cukup kompeten dengan perbaikan seperti ini? 


Meskipun Anda mungkin akan dibuat sedikit kebingungan ketika mengalami problem ini, Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Tidak usah terlalu terburu-buru untuk membawanya ke tempat service, Anda bisa mencoba mengatasinya sendiri dengan mengikuti tips yang dibawah ini.


Cara Memperbaiki Garis-Garis Pada Hasil Cetakan Printer Canon IP2770

Silahkan Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasi permasalahan hasil cetakan yang bergaris-garis pada printer Canon IP2770.

1. Cek dan Pastikan Tinta Terisi

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mengecek ketersediaan tinta printer. Hasil cetakan yang bergaris-garis bisa menjadi salah satu tanda tinta printer akan habis. Untuk memastikannya, silahkan Anda cek dan juga pastikan tinta pada cartridge terisi penuh dan tidak habis. Langkah ini perlu dilakukan pertama kali sebelum melakukan percobaan lainnya untuk memperbaiki hasil cetakan yang terputus-putus.


2. Rubah Kualitas Tinta Saat Mencetak

Setelah memastikan bahwa tinta pada cartridge terisi dengan baik, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan merubah kualitas tinta saat akan mencetak. Untuk yang belum mengetahui mengenai ini, pada saat kita akan melakukan pencetakan, kita bisa mengatur kualitas di pengaturan printer, pada pengaturan kualitas ini akan tersedia pilihan Draft, Standard, dan High. Untuk mencetak dokumen dengan kualitas tinta yang tinggi, pilih High


Lebih detail mengenai Kualitas tinta saat mencetak dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


3. Bersihkan Kuningan Pada Cartridge

Setiap cartridge pada printer pasti memiliki Print Head atau yang biasa disebut dengan kuningan cartridge. Print Head ini berfungsi untuk mengalirkan tinta pada kertas yang akan dicetak, pastikan pada kuningan cartridge ini tidak ada tinta yang menempel, karena jika ada tinta yang menempel akan mengganggu kinerja pada saat mencetak dan dapat menghasilkan cetakan yang bergaris-garis.


Baca Juga :


Untuk membersihkan tinta pada kuningan catdige (Print Head) gunakan tissue secara hati-hati. Tempel-tempel saja secara perlahan dan jangan menggosokkan langsung secara kasar.


4. Rendam Cartridge Dengan Air Hangat / Alkohol

Printer yang lama tidak digunakan akan mengakibatkan tinta menggumpal sehingga tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen. Meskipun bisa, mungkin akan menghasilkan cetakan yang bergaris-garis atau putus-putus. Untuk mengatasi hal tersebut gunakan air hangat atau alkohol kemudian rendam cartridge.


Perlu diketahui, rendam cartridge pada bagian kepala dan secara hati-hati karena rentan rusak. Rendam cartridge selama beberapa menit saja, selama proses perendaman air akan berubah secara bertahap dari tinta yang mengalir keluar. Angkat cartridge ketika semua tinta yang menggumpal didalam sudah cair keluar.


Keringkan cartridge dengan cara dijemur dan lap dengan tissue, tempel dengan secara perlahan dengan tissue dan pastikan tidak ada air yang tersisa. Setelah kering, pasangkan kembali cartridge. Untuk next, gunakanlah printer minimal 2x selama seminggu untuk meminimalisir terjadinya penggumpalan pada tinta.


5. Ganti Cartridge

Cartridge merupakan komponen yang sangat penting pada printer yang berfungsi untuk menampung tinta dan mengalirkannya pada kertas yang akan dicetak. Jika cara sebelumnya tidak berhasil dilakukan, Anda bisa mengganti cartridge lama dengan yang baru. Dengan mengganti cartridge lama dengan yang baru akan menghasilkan cetakan yang normal kembali.


6. Bersihkan Encoder Printer

Langkah terakhir, Anda bisa membersihkan komponen encoder printer. Encoder printer merupakan sensor yang berfungsi sebagai mengaliri tinta pada kertas yang akan dicetak. Maka dari itu Encoder ini terkadang sering terkena tinta yang bisa mengganggu pada saat mencetak dokumen, bersihkan tinta-tinta yang menempel dengan tissue sampai tidak ada yang tersisa.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon IP2770 Bergaris. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta dapat memberikan solusi yang tepat pada printer yang sedang mengalami masalah. 


Mohon maaf jika ada kesalahan kalimat dalam penulisan konten artikel ini. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada blog yang sederhana ini, jika menurut Anda konten artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat, silahkan bagikan dan rekomendasikan pada rekan-rekan sekitarmu ya.


Apabila ada pertanyaan seputar isi konten artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar, ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close