Cara Mengatasi Printer Canon MP287 Error P10 atau B200 - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Printer Canon MP287 Error P10 atau B200

Share This

Cara Mengatasi Printer Canon MP287 Error P10/B200 - Sebagian dari kita pastinya pernah menggunakan printer untuk mencetak dokumen ataupun foto untuk kebutuhan berkas administrasi, tugas ataupun hal lainnya. Sebagian dari kita juga, hanya bisa mengoperasikan atau menggunakan printer saja tanpa tau seluk beluk dari printer tersebut karena mungkin ketika sedang ada kebutuhan mencetak saja kita menggunakan printer.

Maka dari itu, ketika terjadi masalah pada printer akan menjadi kebingungan karena tidak tahu apa yang harus dilakukan agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Mungkin jika berada di warnet atau tempat fotocopy bisa menanyakan masalah printer ke orang yang menjaga tempat tersebut. Lalu bagaimana jika masalah printer ini terjadi pada pengguna rumahan?



    Bagi pengguna printer yang berada di rumah pastinya akan sangat membingungkan karena tidak bisa menanyakan pada orang yang lebih mengerti apabila terjadi masalah pada printer, ada banyak masalah-masalah yang seringkali muncul pada printer dan masalah ini biasanya terjadi pada semua jenis, tipe, ataupun merek apapun.


    Masalah yang muncul pada printer sangatlah beragam, misalnya saja masalah tinta printer yang tidak jelas atau hasilnya bergaris-garis pada saat mencetak dokumen, masalah printer tidak dapat mencetak karena driver printer tidak terdeteksi, atau masalah seperti Error P10/B200 yang terjadi pada printer.


    Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error B200

    Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya, ada banyak sekali kendala atau permasalahan printer yang seringkali muncul pada saat sedang digunakan. Namun, fokus pembahasan yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah masalah Error P10/B200 pada printer Canon MP287


    Mungkin dari sebagian pembaca pernah mengalami kejadian error P10/B200 yang disebabkan karena adanya kesalahan pada mainboard printer. Masalah error P10/B200 ini akan muncul di layar monitor laptop/komputer dan pada saat baru pertama kali menyalakan printer, printer tidak ada respon sama sekali, begitu juga dengan catridgenya yang tidak ada respon. Masalah tersebut sering juga disebut dengan error B200.


    Baca Juga :


    Error P10 ditandai dengan munculnya tulisan dengan kalimat 'P' '1' '0' pada layar LED kecil yang terdapat pada printer. Selain itu, error juga akan muncul dilayar seperti gambar dibawah ini :


    Lantas, apa yang menyebabkan munculnya error P10/B200 pada printer Canon MP287 ini? Mari kita simak penjelasannya.


    Penyebab Printer Canon MP287 Error P10 / B200

    Mainboard Printer

    Umumnya, masalah error P10/B200 ini terjadi karena adanya kesalahan pada mainboard printer. Ketika ada komponen dari salah satu mainboard yang mengalami kerusakan, akan berpengaruh pada printer itu sendiri. Namun, pada beberapa kasus kerusakan terjadi pada resistornya sehingga perlu diganti agar bisa normal kembali.


    Baca Juga :


    Catridge

    Komponen lainnya yang bisa menjadi faktor munculnya error P10/B200 pada printer Canon MP287 adalah Catridge. Cek catridge dan bersihkan pada bagian bawahnya terutama pada bagian kuningan chip karena biasanya terdapat tinta yang menjadi sumber masalah pada catridge. 


    Dudukan Catridge

    Selain dari catridgenya, dudukan catridge juga bisa menjadi faktor munculnya error P10/B200 pada printer Canon MP287. Silahkan cek pada bagian bawahnya kemudian bersihkan jika ada tinta yang menempel pada kuningan dudukan catridge.


    Cara Memperbaiki Error P10 / B200 Printer Canon MP287

    Setelah mengetahui penyebab error P10/B200 printer Canon MP287, lalu bagaimana cara memperbaiki error tersebut? Mari kita coba untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini ya :

    1. Buka penutup depan printer terlebih dahulu.

    2. Keluarkan semua catridge (hitam dan berwarna) dari tempatnya.

    3. Bersihkan kuningan chip pada bagian bawah catridge sampai bersih dengan tissue dan cairan alkohol.

    4. Lepas casing pada bagian sebelah kanan dengan melepas baut-bautnya

    5. Kemudian, lepaskan semua kabel yang tersambung dengan mainboard printer secara hati-hati agar kabel tidak putus.

    6. Selanjutnya, lepaskan mainboard dari tempatnya.

    7. Cari kode R301 dan R302 pada mainboard yang dilepas, lalu ganti resistor nya karena biasanya terjadi kerusakan pada resistor. 

    8. Setelah resistor berhasil diganti, pasang kembali casing printer yang sebelumnya dilepas. 

    9. Lakukan test dengan menyambungkan ulang printer ke aliran listrik dan menyalakannya. 


    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Canon MP287 Error P10. Semoga dengan adanya postingan artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat memberikan solusi yang tepat pada masalah printer Canon MP287 yang sedang terjadi saat ini hingga printer bisa menyala kembali. 


    Terimakasih sudah membaca artikel ini dan mengunjungi blog ini. Jika menurutmu artikel pada blog ini memiliki isi informasi yang bermanfaat, silahkan merekomendasikan blog ini pada rekan-rekan sekitarmu, agar mereka bisa mendapatkan manfaat yang sama


    Apabila ada pertanyaan seputar pembahasan pada artikel ini, bisa menuliskan pertanyaannya pada kolom komentar, terimakasih. 

    No comments:

    Post a Comment

    Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

    Boxed(True/False)

    close