Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Share This

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip - Printer merupakan salah satu yang termasuk dalam perangkat output komputer. Pada zaman seperti sekarang, fungsi dari printer sangat dibutuhkan, apalagi pada suatu instansi atau perusahaan yang membutuhkan banyak berkas untuk keperluan administrasi atau lain-lainnya.

Ada banyak jenis dan merek printer yang ada di Indonesia, setiap jenis dan merek memiliki spesifikasi, fitur, dan bentuk design yang berbeda-beda. Tentunya setiap jenis dan merek printer memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semakin banyak fitur yang ada, biasanya harga dari printer nya pun akan semakin mahal. 



Dulu, mungkin kita hanya mengenal printer sebagai alat mencetak dokumen ataupun foto saja. Saat ini, fitur dari printer semakin di perbaharui pada setiap jenis terbarunya. Misalnya saja, printer yang dapat melakukan fotocopy, atau printer yang bisa melakukan scanning. 


Maka dari itu, kecanggihan dari printer masa kini menjadi banyak fungsinya. Selain dapat mencetak dokumen, bisa juga melakukan fotocopy dan juga scan berkas. Dengan adanya fitur tersebut akan memudahkan kita sebagai penggunanya karena dalam satu alat printer dapat melakukan banyak fungsi. 


Cara Mengatasi Lampu Indikator Printer Epson L120 Berkedip

Dari sekian banyak jenis printer dari Epson, printer Epson L120 menjadi salah satu printer yang banyak digunakan oleh beberapa orang. Printer ini banyak dimiliki karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan yang lain. 


Printer Epson L120 ini tidak termasuk dalam printer multifungsi yang dapat melakukan fotocopy dan juga scan. Printer Epson L120 ini hanya bisa melakukan pencetakan dokumen atau foto dengan media kertas saja. Printer jenis ini biasanya banyak ditemui di warnet ataupun tempat fotocopy yang melayani jasa pencetakan.


Baca Juga :


Sebagai pengguna dari printer Epson L120, kita harus mengetahui cara penggunaan dan perbaikan ketika printer mengalami masalah sewaktu-waktu. Jika kita memiliki printer, mau tidak mau harus mengetahui kendala yang sering muncul pada printer serta cara mengatasinya. Karena nantinya kita sendiri yang akan merasakan kendala tersebut. 


Salah satu kendala yang seringkali muncul pada printer Epson L120 adalah Lampu tinta dan kertas berkedip-kedip. Munculnya indikator lampu tinta dan kertas merupakan tanda bahwa adanya masalah pada tinta dan juga kertas. Bagi pengguna printer Epson L120, kita wajib mengetahui maksud dari hal tersebut. 


Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Indikator Berkedip

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki lampu indikator yang berkedip pada printer Epson L120, yaitu dengan melakukan reset manual atau menggunakan software tambahan dan juga dengan Head Cleaning. Silahkan Anda simak dan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mencoba memperbaikinya.


Cara Reset Manual Printer Epson L120 Lampu Indikator Berkedip

Metode pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan me-reset printer Epson L120 secara manual. Cara ini bisa disebut seperti melakukan restart printer, dengan mematikan lalu menyalakannya kembali.


Baca Juga :


Untuk lebih detailnya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

1. Pastikan printer dalam kondisi menyala.

2. Tekan dan tahan pada tombol power printer selama 5 detik, lalu lepas.

3. Kemudian, cek lampu indikator apakah masih menyala atau tidak.

4. Jika berhasil, lampu indikator akan mati dan printer bisa digunakan kembali.


Cara Reset Printer Epson L120 Lampu Indikator Berkedip Dengan Resetter

Metode ini juga merupakan salah satu cara memperbaiki lampu indikator yang berkedip dengan melakukan reset. Namun, yang berbeda dengan cara sebelumnya adalah pada metode kali ini, kita akan menggunakan software tambahan yaitu Resetter.


Sebelum itu, silahkan unduh atau download software Resetter-nya pada Link Berikut.


Setelah softwarenya berhasil di unduh, selanjutnya ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Pastikan software Resetter sudah terunduh di laptop atau komputer. Jika belum, unduh pada link diatas.

2. Extract terlebih dahulu hasil unduhannya, lalu install dengan menekan klik 2x pada L120.exe.

3. Akan muncul popup, pilih Particular adjustment mode.

4. Kemudian, pilih Waste ink pad counter

5. Ceklis atau centang pada tulisan Main pad counter.

6. Selanjutnya, klik Check dan Initialize.

7. Klik Finish.

8. Restart printer, matikan printer dan hidupkan kembali printer.

9. Silahkan cek apakah lampu indikator masih menyala atau tidak.


Cara Head Cleaning Printer Epson L120 Lampu Indikator Berkedip

Metode lainnya adalah dengan melakukan Head Cleaning. Jika kedua cara diatas masih tidak bisa memperbaiki masalah lampu indikator yang berkediip, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. 


Head Cleaning sendiri merupakan fitur yang memang ada dan tersedia pada setiap printer yang mana bisa digunakan oleh penggunanya untuk membersihkan sisa tinta yang mengendap. Cara ini bisa dicoba untuk mengatasi lampu indikator pada printer yang berkedip. Nah, untuk melakukan Head Cleaning bisa mengikuti langkah-langkahnya pada konten artikel berikut ini.


Penutup

Demikiankah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya dan bisa memberikan solusi yang tepat dari permasalahan pada printer Epson L120 ini sehingga printer dapat kembali normal kembali. 


Silahkan bagikan konten artikel ini pada rekan sekitarmu apabila konten artikel memiliki isi yang bermanfaat menurut Anda. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai dengan habis, untuk membaca artikel lainnya mengenai printer, silahkan pilih kategori printer pada halaman website ini. 


Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan kalimat, jika ada pertanyaan mengenai isi dari konten artikel, silahkan tanyakan pada kolom komentar ya. 

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close