3+ Cara Mengatasi Program Arduino Uno Tidak Bisa di Upload - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

3+ Cara Mengatasi Program Arduino Uno Tidak Bisa di Upload

Share This

Cara Mengatasi Program Arduino Uno Tidak Bisa di Upload - Sebelumnya, kita sudah pernah membahas mengenai Arduino, membahas mengenai cara pembuatan lampu lalu lintas sederhana menggunakan mikrokontroller Arduino. Nah, pada artikel kali ini kita akan sedikit membahas juga mengenai Arduino, tetapi bukan tutorial pembuatan alat melainkan tutorial untuk menyelesaikan problem yang sering terjadi pada Arduino developer.

Mungkin hampir pada setiap development seperti sistem/program seringkali mengalami masalah, seperti error program yang menyebabkan program tidak jalan/tidak bekerja sesuai keinginan developer. Sama halnya pada Arduino, dalam pembuatannya seringkali tidak berjalan dengan mulus. Pasti ada saja problem-problem yang sedikit menghambat pada saat proses development.


Ada banyak problem yang seringkali terjadi pada saat development program arduino, misalnya hardware rusak, salah pasang komponen, dan lain-lain. Namun, problem yang sering ditemui adalah tidak bisa mengupload program yang telah dibuat ke Arduino. Jika hal ini terjadi, maka pada saat mencoba untuk mengupload program akan muncul notifikasi berupa alert. Contoh alert yang muncul ketika adanya problem tidak bisa upload seperti pada gambar dibawah ini.


Apabila muncul notifikasi alert seperti diatas, sudah dipastikan bahwa adanya masalah yang terjadi. Tentunya, untuk seorang pemula pastinya sangat membingungkan mengapa hal ini bisa terjadi, dan mungkin akan sedikit sulit untuk diatasi bagi seorang pemula. Untuk seorang pemula yang baru belajar mungkin akan bingung dengan munculnya notifikasi seperti ini, terlebih dengan adanya alert tersebut menjadi tidak bisa mengupload program. 

Tetapi, sebetulnya tidak perlu khawatir apabila terjadi problem seperti itu. Hal tersebut sangatlah wajar terjadi apabila sedang mempelajari Arduino. Ada beberapa penyebab mengapa hal ini bisa terjadi dan kita akan coba solving problem tersebut dengan beberapa cara yang bisa dicoba. 

Langkah selanjutnya, ada beberapa penjelasan bagaimana cara mengatasi problem tersebut. Anda bisa mencoba beberapa cara dibawah ini yang kemudian bisa langsung di praktekkan pada laptop atau komputer.

Baca Juga : 

3+ Cara Mengatasi Program Arduino Uno Tidak Bisa di Upload
1. Cek USB Arduino terdeteksi/tidak terdeteksi
Salah satu penyebab mengapa arduino tidak bisa mengupload adalah karena USB yang digunakan untuk menghubungkan arduino dengan komputer/laptop tidak terdeteksi. Normalnya, apabila ingin mengupload program ke Arduino, Arduino perlu terhubung dengan laptop melalui USB yang disambungkan pada port laptop/komputer. 

Cara kita mengetahui apakah Arduino terhubung atau tidak bisa melihat pada keterangan yang muncul. Jika USB tidak terhubung, maka yang perlu dilakukan adalah menghubungkan USB sampai terdeteksi di laptop/komputer. Caranya bisa cek dan klik link artikel ini

2. Cek Board yang digunakan pada Arduino IDE
Secara default, settingan board pada Arduino IDE adalah Arduino Uno. Namun, jika Anda menggunakan mikrokontroller lain, Anda perlu mengubah terlebih dahulu pengaturan board default menjadi board yang sesuai dengan mikrokontroller yang digunakan. Untuk melihat apakah board sudah sesuai atau belum, bisa cek di Arduino IDE pada tab Tools > Board.

Banyak kasus terjadi ketika board tidak sesuai dengan mikrokontroller yang digunakan akan terjadi masalah, salah satunya adalah tidak dapat mengupload program.

3. Ganti port usb pada laptop/komputer
Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan mengganti port usb yang digunakan pada laptop/komputer. Biasanya, banyak kasus terjadi yang menyebabkan program Arduino Uno tidak bisa diupload adalah karena port usb yang tidak terdeteksi dikarenakan port laptop/komputer rusak. Maka dari itu, solusi yang bisa dicoba adalah dengan mengganti port lain yang ada pada laptop/komputer dan coba kembali dengan mengupload program ke Arduino.

Jika port tidak ada masalah, maka proses upload akan berhasil.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Program Arduino Uno Tidak Bisa di Upload. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang saat ini membaca artikel ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika artikel ini bermanfaat untuk Anda silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya agar mendapatkan manfaat yang sama.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close