[Tutorial Java] Membuat Program Biodata Mahasiswa Sederhana Dengan Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial Java] Membuat Program Biodata Mahasiswa Sederhana Dengan Java

Share This

[Tutorial Java] Membuat Program Biodata Mahasiswa Sederhana Dengan Java - Pada tutorial sebelumnya, kita pernah membahas mengenai pembuatan program menghitung gaji karyawan menggunakan java. Nah, pada artikel kali ini kita akan melanjutkan dengan tutorial lainnya. Pada kesempatan ini, kita akan belajar bagaimana cara pembuatan program biodata mahasiswa sederhana dengan bahasa pemrograman java.

Biodata adalah suatu informasi data diri pribadi milik seseorang, yang sebetulnya bersifat sangat rahasia. Bersifat rahasia karena untuk menjaga privasi dan mengantisipasi hal-hal buruk yang dilakukan oranglain dengan data kita. Salah satu bentuk biodata diri yang ada di Indonesia adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang kita miliki. Namun, di era yang serba digital seperti sekarang, kita mungkin secara tidak sadar mengisi form yang berisi data-data pribadi milik kita, baik di sosmed atau media lainnya.


Biodata diri berisi nama, tempat lahir, alamat, golongan darah, status kawin, dan lain sebagainya. Nah, sekarang kita akan mencoba membuat suatu program biodata yang sederhana yang dapat menampung data yang kita masukkan dan mengeluarkan output berupa data yang telah dimasukkan sebelumnya.


Data biodata yang akan dibuat pada program ini diantaranya berupa nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan alamat. Sangat sederhana sekali bukan? Akan tetapi, Anda masih bisa menambahkan data lainnya sesuai keinginan. 


Contoh Program Biodata Mahasiswa Sederhana Menggunakan Java

Sebelum melanjutkan ke tahap pembuatan atau pemrograman, silahkan siapkan terlebih dahulu tools/software yang akan digunakan untuk menjalankan source code yang kita buat. 


Anda bisa menggunakan tools/software apapun, salah satu tools/software yang bisa digunakan untuk menjalankan program adalah CodeBlocks yang bisa diunduh/didownload di website resminya, atau bisa juga menggunakan berbagai compiler online yang tersedia di internet.


Selanjutnya, jika tools yang akan digunakan telah siap bisa melanjutkan dengan menuliskan code yang ada dibawah ini pada tools yang sudah disiapkan sebelumnya. Disarankan untuk menulis ulang tanpa di copy paste agar lebih memahami baris perbaris code-nya. 


Baca Juga :


Perlu diingat dan penting, sesuaikan nama file yang disimpan dengan public class (nama file) yang ada pada contoh program. Jadi, misalkan nama file yang disimpan latihan maka penulisannya public class latihan, format file java adalah .java. 


Jika nama file berbeda dengan public class yang ditulis pada program, nantinya akan timbul error yang menyebabkan program tidak bisa dijalankan. Sesuaikan juga penulisan besar kecil atau panjang pendek huruf public class dengan nama file.


Source Code :


Hasil Runningnya :



Penutup
Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat program biodata dengan java. Anda masih bisa terus mengembangkan program ini dengan memodifikasi dengan sedemikian rupa dan terlihat lebih maksimal.

Demikianlah artikel mengenai [Tutorial Java] Membuat Program Biodata Mahasiswa Sederhana Dengan Java. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat serta menambah wawasan keilmuan baru bagi Anda yang saat ini membacanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, terus semangat dalam belajar pemrograman. Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya!

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close