Membuat Program Menghitung Keliling Persegi Dengan Python - Tutorial Python - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menghitung Keliling Persegi Dengan Python - Tutorial Python

Share This

Membuat Program Menghitung Keliling Persegi Dengan Python - Di pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pembuatan program dengan bahasa pemrograman Python. Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui bahasa pemrograman ini, namun jika belum mengetahui dan ingin tahu tentang bahasa Python bisa membaca pada artikel di blog ini dengan mengklik tautan berikut mengenal bahasa pemrograman Python.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah belajar mempelajari pembuatan program kasir sederhana dengan menggunakan python. Selanjutnya, di artikel ini kita akan kembali mencoba membuat program dengan python. Program yang akan dibuat di tutorial ini adalah pembuatan program perhitungan keliling persegi sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman python. 


Kita tentu tau tentang keliling persegi, mata pelajaran matematika pada saat duduk dibangku sekolah dasar pasti mempelajari hal ini. Dalam perhitungan secara manual (dikertas) mungkin sekilas terdengar mudah, namun bagaimana jika membuatnya dalam bentuk program? Bagi seorang programmer expert tentunya akan sangat mudah namun bagi seorang pemula mungkin akan sedikit kesulitan dalam tahap proses pembuatannya. 


Program yang dibuat nantinya akan menampilkan hasil perhitungan keliling persegi dari inputan angka yang dilakukan oleh pengguna. Angka yang di inputkan kemudian di proses dan dihitung oleh program dengan rumus keliling persegi yang telah di tentukan ke dalam program. Rumus yang digunakan untuk menghitung masih sama seperti perhitungan manual pada umumnya.


Walau programnya terlihat sederhana, bisa menjadi modal awal untuk mempelajari sesuatu yang lebih rumit dan kompleks untuk ke depannya. Tutorial ini memang diperuntukkan bagi para pemula yang sedang mempelajari bahasa pemrograman Python.


Program Perhitungan Keliling Persegi Menggunakan Python

Sebelum masuk ke tahap pembuatan program, silahkan untuk mempersiapkan terlebih dahulu tools/software yang akan dipakai untuk menjalankan source code yang kita buat nantinya.


Tools/software yang akan dipakai bebas tidak terkecuali asalkan bisa menjalankan/mengcompile source code yang telah dibuat. Rekomendasi yang disarankan bisa menggunakan CodeBlocks sebagai tools/software, Anda bisa mengunduh atau mendownloadnya pada website resmi tools/software tersebut.


Atau, bisa juga menggunakan compiler online yang banyak tersedia di internet dan gratis. Sesuaikan compiler online dengan bahasa pemrograman yang akan kita pakai, dalam hal ini Python. Sekedar informasi saja, bahwa format file penyimpanan dari Python adalah .py


Apabila tools/software yang akan digunakan telah siap, selanjutnya tahap pembuatan program.


Baca Juga : 


Pada tahap pembuatan program, disarankan untuk menulis ulang code yang ada dibawah ini tanpa melakukan copy paste agar bisa lebih mengingat dan memahami maksud serta fungsi dari baris per baris code. Source code yang akan dibuat hanya berjumlah beberapa baris code saja.

 

Source Code :


Hasil Running :



Penutup

Bagaimana? Sangat simpel dan mudah bukan untuk membuat program menghitung keliling persegi dengan Python. Program yang saat ini dibuat masih sangatlah sederhana, Anda masih bisa memodifikasi program dengan sedemikian rupa sesuai dengan keinginan.

Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menghitung Keliling Persegi Dengan Python. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat serta menambah ilmu baru bagi Anda. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, terus semangat dalam belajar. Apabila isi dari artikel ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya!

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close