Membuat Program Menentukan Bilangan Prima Dengan Java [Tutorial Java] - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menentukan Bilangan Prima Dengan Java [Tutorial Java]

Share This

Membuat Program Menentukan Bilangan Prima Dengan Java [Tutorial Java] - Pada artikel kali ini kita akan kembali belajar mengenai bahasa pemrograman Java. Program yang akan dibuat pada tutorial ini adalah program menentukan bilangan prima menggunakan bahasa pemrograman Java. Tutorial ini tergolong sangatlah dasar, sangat cocok untuk Anda yang masih baru atau pemula yang baru belajar. Silahkan dipelajari ya.



Sekedar informasi saja, pada artikel lain sebelumnya ada pembahasan mengenai tutorial membuat program perhitungan bilangan faktorial dengan java. Silahkan dibaca pada link tersebut juga jika Anda tertarik dan berminat untuk mempelajarinya.


Java merupakan salah satu bahasa pemrograman populer yang saat ini banyak digunakan oleh para developer. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan dengan berbagai platform (website, desktop, mobile app, dll) dan sistem operasi. Nah, saat ini sedang fokus belajar pada platform yang mana nih? Platform jenis apapun itu, terus pertajam skill yang dikuasai ya agar bisa bersaing dengan para developer diluar sana.


Bagi Anda yang saat ini sedang atau pernah menempuh pendidikan dengan program studi/jurusan yang berkaitan dengan teknologi atau pemrograman seharusnya sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman Java, atau juga pernah mempelajari bahasa ini sebelumnya. Dengan adanya hal tersebut akan lebih mempermudah dalam mempelajari tutorial yang ada pada artikel ini.


Walaupun tutorial ini tergolong sederhana, bisa dijadikan sebagai referensi sebelum mendapatkan task yang lebih rumit dan sulit nantinya. Selain itu, mendapatkan pemahaman atau ilmu baru yang mungkin baru Anda ketahui.


Cara Membuat Program Menentukan Bilangan Prima Dengan Java

Sedikit mengingat kembali mengenai bilangan prima, bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari angka 1, dengan hasil bilangan pembaginya adalah 1 dan bilangan itu sendiri, singkatnya seperti itu. Bilangan prima ini juga mungkin sudah pernah dipelajari juga pada bangku sekolah dasar. 


Contoh bilangan prima :

2 3 5 7 11 13 17 19 23 29 31 37 41 43 47 53 59 61 67 71 73 79 83 89 97

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika Anda pernah atau sekilas mempelajari bahasa pemrograman Java, akan lebih mempermudah dalam memahami barisan code yang akan dibuat nantinya. Tetapi, jikapun belum memiliki basic pemrograman sama sekali, itu tidak masalah karena level tutorial ini pemula sambil dipelajari dan dipraktekkan. 


Baca Juga :


Sebelum ke tahap pemrograman, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulai. Siapkan terlebih dahulu tools text editor yang akan digunakan untuk menulis script code. Anda bisa menggunakan tools jenis apapun sesuai dengan keinginan asalkan bisa menjalankan program java yang kita buat. Atau, juga bisa menggunakan compiler online yang tersedia.


Jika tools yang akan digunakan telah siap, selanjutnya ke tahap pembuatan program.


Silahkan ikuti source code yang ada dibawah ini, disarankan untuk menulis ulang code tanpa copy paste agar Anda bisa lebih memahami baris perbaris code-nya. 


Source Code :


Hasil Running :



Nahh gimana rasanya belajar programming? Gampang bukan untuk belajar programming? Tidak sesusah yang dibayangkan sebelumnya asalkan memiliki dan menguasai basic fundamental programming. 


Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menentukan Bilangan Prima Dengan Java [Tutorial Java]. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah ilmu baru bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close