Membuat Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP [Tutorial PHP] - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP [Tutorial PHP]

Share This

Membuat Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP [Tutorial PHP]  - Pada artikel mengenai Php sebelumnya, kita sudah belajar mempelajari cara membuat program perhitungan bilangan faktorial dengan Php. Silahkan dipelajari jika Anda tertarik dengan membuka link tersebut, cocok untuk pemula yang ingin belajar dasar bahasa pemrograman Php. 

Pada artikel ini, akan membahas kembali mengenai bahasa pemrograman Php. Tutorial atau latihan yang akan dibahas mengenai pembuatan program menghitungan luas persegi panjang dengan bahasa pemrograman Php. Tutorial ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang baru belajar bahasa pemrograman Php, sangat penting untuk menguasai basic fundamental sebelum terjun pada project yang lebih kompleks.


Mungkin akan dijelaskan terlebih dahulu keluaran program yang akan dibuat nantinya seperti apa dan bagaimana hasilnya. 


Output dari program yang akan dibuat kali ini akan menampilkan angka yang dihasilkan dari perhitungan program. Perhitungan program dihitung dengan rumus luas persegi panjang pada umumnya, seperti perhitungan secara manual menggunakan media kertas. Angka yang akan di hitung di input atau di masukkan terlebih dahulu pada variabel dan dihitung menggunakan operator aritmatika.


Hasil dari perhitungan angka yang telah dimasukkan sebelumnya pada variabel, akan secara otomatis menghitung dan menghasilkan hasil yang akurat sesuai dengan rumus.


Source Code Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP

Sebelum melanjutkan ke tahap pembuatan program, siapkan terlebih dahulu alat atau tools yang dibutuhkan untuk menuliskan script code dan menjalankan program. Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan text editor. Php perlu menyiapkan beberapa tools yang harus disiapkan, yaitu text editor (apapun) dan XAMPP. 


XAMPP digunakan sebagai services untuk menjalankan Php, biasanya disimpan dalam folder htdocs dan dijalankan pada browser (chrome, mozilla, etc). Sedangkan text editor digunakan untuk menuliskan script code program yang akan dibuat.


Baca Juga :


Jika belum memiliki XAMPP atau text editor silahkan di unduh dan pasang terlebih dahulu di laptop atau komputer yang digunakan. Untuk cara instalasi XAMPP di windows bisa cek artikel disini, jika menggunakan OS Linux bisa cek artikel disini. Silahkan di ikuti setiap langkah-langkahnya ya.


Setelah semua persiapan tools telah siap, saatnya masuk pada tahap pembuatan program. 


Bagi temen-temen yang baru belajar bahasa pemrograman Php, disarankan untuk mengetik ulang source code dibawah ini tanpa copy paste agar lebih bisa memahami maksud dari baris per baris script code yang ada. Source code pada tutorial kali ini cukup sederhana, tidak terlalu kompleks. Selamat mencoba.


Source Code :


Hasil Running :


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP [Tutorial PHP]. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan keilmuan yang baru untuk temen-temen yang saat ini sedang membaca artikel tutorial bahasa pemrograman Php. 


Terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada artikel yang sederhana ini, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang dalam penjelasan pada artikel ini, tanyakan pada kolom komentar jika ada pertanyaan seputar artikel diatas ya.


Jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk temen-temen yang membaca, silahkan bagikan artikel ini ke rekan sekitarmu ya. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close