Membuat Program Menghitung Deret Bilangan Fibonacci Dengan Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menghitung Deret Bilangan Fibonacci Dengan Java

Share This

Membuat Program Menghitung Deret Bilangan Fibonacci Dengan Java - Mungkin hampir semua programmer yang ada pada saat ini, mengetahui tentang bahasa pemrograman Java. Siapa yang tidak kenal? Java termasuk bahasa pemrograman paling populer pada masa sekarang. Java banyak digunakan pada program berorientasi objek, atau yang biasa disingkat dengan OOP (Object Oriented Programming). 

Di artikel sebelumnya, kita sudah belajar dan mempelajari membuat program menentukan bilangan prima dengan Java. Pada artikel ini kita akan sedikit membahas kembali mengenai bahasa pemrograman Java. Pembahasan yang diulas adalah melakukan pembuatan program untuk menghitung program deret bilangan Fibonacci. Apakah Anda masih ingat dengan Fibonacci? 



    Sedikit mengingat, Fibonacci adalah deretan bilangan yang dihasilkan dengan menjumlahkan dua bilangan sebelumnya. Bagi yang pernah mempelajari Fibonacci pada saat duduk di bangku sekolah mungkin akan sedikit ingat bilangan Fibonacci ini.


    Jika bilangan Fibonacci dihitung secara manual mungkin akan sedikit lebih mudah, selain itu bisa di bantu juga menggunakan kalkulator untuk menghitungnya. Nah, lalu bagaimana jika di implementasikan dalam bentuk sebuah program? Untuk cara pembuatannya, simak penjelasan artikel ini sampai habis ya. 


    Cara Membuat Program Deret Bilangan Fibonacci Dengan Java

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perhitungan bilangan Fibonacci secara manual dapat lebih mudah dihitung dengan bantuan kalkulator. Kemudian, bagaimana caranya untuk menghitung bilangan fibonacci ini dalam bentuk program? Jawabannya, sangat mudah dan sederhana.


    Sebelum membuat suatu program, pikirkan terlebih dahulu alur logic yang akan dibuat agar sesuai dengan yang diinginkan oleh kita sebagai pembuat. Logic sederhana untuk menghitung bilangan fibonacci adalah dengan menjumlahkan 2 bilangan sebelumnya. Sebagai contoh, perhitungan bilangan fibonacci dibawah ini :

    0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, ...., n.


    Jika dilihat pada contoh diatas, 0+1 = 1, 1+1 = 2, 1+2 = 3. Hasil perhitungan tersebut dihasilkan dari 2 bilangan sebelumnya, cukup mudah dimengerti bukan? 


    Baca Juga :


    Sebelum melanjutkan ke tahap implementasi program, ada beberapa yang perlu disiapkan, siapkan terlebih dahulu tools yang akan digunakan untuk menulis kode program dan menjalankan program. Anda boleh bebas menggunakan tools apapun sesuai keinginan, asalkan memenuhi 2 hal tersebut. 


    Sekedar saran, CodeBlocks bisa menjadi salah satu rekomendasi tools yang bisa digunakan untuk menulis dan menjalankan kode program. Anda bisa mengunduh di website resminya dan menginstal pada laptop atau komputer yang digunakan. Tetapi, jika tidak ingin repot mengunduh dan menginstal tools di perangkat, bisa menggunakan compiler online yang tersedia di internet. 


    Implementasi Program

    Setelah segala persiapan yang dibutuhkan untuk membuat program telah siap, kita akan lanjutkan ke tahap implementasi program. 


    Dibawah ini akan terlihat source code program untuk menghitung bilangan Fibonacci, ikuti code dengan mengetikkan ulang pada text editor tanpa menyalin (copy paste). Hal ini bertujuan untuk melatih dan lebih memahami fungsi dari baris-perbaris code yang ada.


    Source Code :


    Hasil Running :


    Penutup

    Sangat mudah sekali bukan untuk membuat program menghitung bilangan Fibonacci dengan bahasa pemrograman Java. Pada segi tampilan, program ini masih sangatlah sederhana, meskipun terlihat sederhana, program ini cukup sulit untuk seorang pemula. Anda masih bisa mengembangkan tampilan serta menambah kompleks dengan menambahkan berbagai perhitungan lainnya dalam program.

     

    Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menghitung Deret Bilangan Fibonacci Dengan Java. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membaca artikel ini. Jangan pernah berhenti untuk mempelajari hal baru tentang teknologi.


    Terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada artikel ini, jika artikel ini berisi konten yang bermanfaat untuk Anda. Silahkan bagikan artikel ini pada rekan sekitarmu agar mendapatkan manfaat yang sama. Apabila ada pertanyaan terkait isi dari artikel, silahkan tanyakan pada kolom komentar.



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

    Boxed(True/False)

    close