Cara Mengatasi Error Compiling For Board Arduino - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Error Compiling For Board Arduino

Share This

Cara Mengatasi Error Compiling For Board Arduino - Otomatisasi pada setiap alat semakin banyak digunakan oleh beberapa orang atau bahkan perusahaan industri untuk memudahkan pekerjaan dan menggantikan peran yang sebelumnya dilakukan manusia. Robot dianggap lebih efisien untuk mengerjakan pekerjaan yang sama setiap harinya, maka dari itu perusahaan industri menggunakan robot di perusahaannya sebagai tenaga tambahan.

Arduino merupakan salah satu komponen yang bisa digunakan untuk membuat robot, Arduino digunakan sebagai mikrokontroller yang bisa mengolah inputan yang diterima dan memberikan output ke komponen lainnya. Mungkin perumpamaannya seperti motherboard yang ada pada komputer, sama seperti itu.



    Nah, untuk memberikan perintah pada alat yang nantinya akan dibuat, menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis atau diketik di Arduino IDE. Arduino IDE merupakan tools resmi yang di peruntukkan menulis program untuk Arduino. Programmer / Developer Arduino wajib punya tools ini karena sangat penting untuk proses development.


    Program yang telah ditulis di Arduino IDE, kemudian di upload ke mikrokontroller, jangan lupa untuk menyambungkan dan konfigurasi terlebih dahulu mikrokontroller dengan laptop atau komputer. Setelah sukses untuk mengupload program, maka yang perlu dilakukan adalah testing. Cek apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau masih ada yang kurang.


    Muncul Error Compiling For Board Arduino Saat Upload 

    Dalam case normal, setelah selesai menulis code program di Arduino IDE kemudian mengupload ke mikrokontroller, lalu testing output yang dihasilkan dari mikrokontroller. Dalam case yang abnormal, pada saat mengupload program di Arduino IDE akan muncul error. 


    Error yang muncul pada saat upload biasanya beragam, salah satunya Error Compiling For Board Arduino


    Baca Juga :


    Sebagai developer Arduino mungkin pernah mengalami problem seperti ini, problem ini memang sering terjadi dan sudah tidak asing lagi. Proses upload akan gagal dan perintah pada program belum masuk ke Arduino. Sudah melakukan upload ulang tapi masih saja muncul error, bagaimana cara mengatasi hal tersebut?


    Problem ini cukup membingungkan bagi sebagian developer Arduino, khususnya para pemula yang baru belajar mengenai Arduino. Tapi jangan khawatir, masalah tersebut masih bisa diatasi dengan cukup mudah, ikuti cara dibawah ini agar error compiling bisa terselesaikan.


    Mengatasi Error Compiling For Board Arduino Uno

    1. Download Library yang digunakan

    Penyebab dan faktor utama yang menyebabkan error compiling for board arduino ini karena belum memasukkan library yang digunakan pada saat mengupload. Anda perlu mengunduh atau mengimport library yang akan digunakan. 


    Berikut ini cara untuk mengunduh dan mengimport library : 

    • Pertama, buka Arduino IDE terlebih dahulu.
    • Lalu, klik tab Tools.
    • Pilih Manage Libraries atau bisa menekan tombol Ctrl + Shift + I
    • Kemudian, tunggu hingga tampilan Manage Libraries muncul.
    • Cari libraries yang akan digunakan, contoh : LiquidCrystal ataupun yang lainnya.
    • Pada select version pilih yang paling terbaru lalu install.
    • Lakukan upload ulang pada Arduino IDE.


    Selain download langsung dari Arduino IDE, bisa juga mengunduh di github. Namun, cara ini tidak otomatis seperti mengunduh langsung dari Arduino IDE. Anda perlu melakukan ekstrak file hasil download terlebih dahulu, lalu memindahkannya ke folder Documents\Arduino\libraries


    2. Update Library U8glib

    Cara selanjutnya dengan mengupdate library U8glib, pada beberapa kasus yang terjadi bisa terselesaikan dengan mengupdate library U8glib.


    Cara untuk mengupdatenya hampir sama dengan cara pertama, berikut ini detail lengkapnya :

    • Pertama, buka Arduino IDE terlebih dahulu.
    • Lalu, klik tab Tools.
    • Pilih Manage Libraries atau bisa menekan tombol Ctrl + Shift + I
    • Kemudian, tunggu hingga tampilan Manage Libraries muncul.
    • Cari dan scroll libraries U8glib dibawah.
    • Selanjutnya, klik Update pada libraries U8glib.
    • Terakhir, silahkan coba upload ulang pada Arduino IDE.


    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Error Compiling For Board Arduino. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta menambah ilmu baru tentang Arduino. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.


    Jika artikel ini menurut Anda memiliki isi konten yang bermanfaat, silahkan rekomendasikan dan bagikan pada rekan sekitarmu agar bisa mendapatkan manfaat yang sama juga.


    Apabila ada pertanyaan ataupun kesalahan mengenai isi artikel ini, tanyakan pada kolom komentar.

    No comments:

    Post a Comment

    Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

    Boxed(True/False)

    close