Membuat Program Menghitung Volume Kubus Dengan Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menghitung Volume Kubus Dengan Java

Share This

Membuat Program Menghitung Volume Kubus Dengan Java - Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang di peruntukkan untuk memerintah atau memberikan intruksi kepada suatu sistem. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang ada pada saat ini, setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing serta cara penulisan script codenya juga sangat berbeda.

Sebutan untuk orang yang membuat suatu program adalah programmer. Untuk menjadi seorang programmer yang handal dibutuhkan skill yang mumpuni agar bisa membangun suatu sistem aplikasi dengan baik dan juga cepat. Selain itu, membutuhkan juga logika yang sangat kuat untuk mengatasi setiap problem dengan logis.



    Bagi seorang pemula yang baru terjun ke dunia programming, jangan khawatir dan tetap konsisten untuk terus belajar, karena sejatinya konsisten merupakan kunci agar bisa menjadi seorang programmer yang handal dari yang awalnya seorang pemula. 


    Pembahasan artikel kali ini sangat cocok bagi seorang pemula yang baru mempelajari bahasa pemrograman, khususnya Java. Pada artikel ini akan mencoba membuat program perhitungan volume kubus menggunakan Java. Tutorial pembuatan program dibuat secara sederhana agar bisa lebih mudah dipahami dan dimengerti.


    Membuat Program Menghitung Volume Kubus Dengan Java

    Sebagian dari temen-temen semua mungkin pernah menghitung volume kubus pada saat duduk di bangku sekolah, secara perhitungan manual mungkin akan terlihat mudah ketika memiliki rumus dari perhitungan volume kubus ini. Lalu, bagaimana ketika perhitungan yang manual ini di implementasikan ke dalam bentuk program? 


    Untuk mendapatkan hasil perhitungan volume kubus, rumus yang digunakan untuk menghitung adalah sisi x sisi x sisi. Nah, untuk mengimplementasikan perhitungan ini sebenarnya sangatlah mudah, namun akan terlihat sulit bagi seorang pemula.


    Baca Juga :


    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, program yang akan dibuat masih sangatlah sederhana dan masih bisa dikembangkan dengan ide lain yang lebih kompleks lagi. Meskipun terlihat sederhana, pemahaman dalam basic fundamental programming sangatlah penting untuk di pahami agar nantinya lebih baik saat coding.


    Ketika basic fundamental programming sudah sangat kuat, membangun suatu sistem yang kompleks pun tidak akan terlalu berat karena sudah ditunjang dengan skill yang mumpuni. Maka dari itu, hal mendasar seperti membuat program sederhana ini sangatlah penting untuk dipelajari


    Implementasi Perhitungan Volume Kubus Dengan Java

    Sebelum memulai implementasi program, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu oleh kita. Hal yang perlu disiapkan adalah tools yang akan digunakan untuk menjalankan program yang telah dibuat. Silahkan unduh dan install terlebih dahulu apabila memang belum memiliki toolsnya.


    Boleh menggunakan tools apapun yang di inginkan, asalkan bisa melakukan compile agar program yang dibuat dapat berjalan. Anda bisa menggunakan CodeBlocks sebagai software IDE yang digunakan untuk menulis dan menjalankan program. Silahkan unduh dan install pada website resminya.


    Baca Juga :


    Selain menggunakan tools tersebut, ada cara lainnya yang lebih praktis yaitu menggunakan compiler online yang tersedia di internet. Tinggal mengetikkan 'compiler online' saja di pencarian Google. Dengan menggunakan compiler online, Anda tidak perlu melakukan unduh dan instalasi di laptop/PC.


    Oke, apabila tools telah siap untuk digunakan, selanjutnya adalah Implementasi Program. Silahkan untuk mengikuti source code yang ada dibawah ini, disarankan untuk tidak melakukan copy paste program, akan lebih baik untuk menulis ulang code secara manual agar bisa lebih memahami baris perbaris code.


    Source Code :


    Hasil Running :


    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menghitung Volume Kubus Dengan Java. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta menambah wawasan keilmuan mengenai bahasa pemrograman Java. Meskipun sederhana, semoga penjelasannya mudah dimengerti dan juga dipahami.


    Terimakasih sudah membaca artikel sampai habis dan mengunjungi blog ini, rekomendasikan artikel ini  kepada rekan-rekan sekitarmu jika isi konten pada artikel ini memiliki informasi yang bermanfaat.


    Jika ada kesalahan penulisan pada isi artikel ini ataupun ada pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar.

    No comments:

    Post a Comment

    Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

    Boxed(True/False)

    close