Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Firewall Pada Komputer - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Firewall Pada Komputer

Share This

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Firewall Pada Komputer - Pernahkah ketika Anda akan mengunduh sesuatu dari internet muncul peringatan yang berisi adanya bahaya atau virus pada file yang akan di unduh? Atau pernahkah mengalami penolakan dengan notifikasi adanya bahaya saat mengunjungi suatu website di internet? Peringatan tersebut berasal dari firewall yang aktif terpasang di laptop atau komputer. 

Kata firewall mungkin akan sedikit asing di telinga orang awam dan akan lebih mengetahui dengan kalimat anti virus, namun akan terasa sering mendengar kata tersebut untuk orang yang sehari-harinya berada di depan layar monitor komputer atau laptop. Firewall dengan anti virus memiliki definisi dan fungsi yang berbeda.



Dengan adanya sistem pengamanan firewall ini, laptop atau komputer yang kita gunakan akan lebih aman dari serangan malware yang berbahaya. Meskipun aman karena adanya firewall, kita sebagai pengguna perlu mewaspadai juga dalam beraktivitas di internet karena kadang-kadang malware bisa menembus pertahanan firewall.


Pada konten artikel kali ini kita tidak akan membicarakan mengenai perbedaan dari anti virus dengan firewall komputer. Konten artikel ini akan tentang pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan firewall pada komputer. 


Pengertian Firewall Pada Komputer

Apa itu Firewall? Firewall adalah sistem pengamanan yang akan menjaga laptop atau komputer pada saat menggunakan jaringan internet. Firewall akan selalu memeriksa setiap lalu lintas internet yang kita akses, menjadi tembok dengan lapisan yang kokoh dan tidak dapat mudah di tembus begitu saja. 


Firewall merupakan sistem pengamanan jaringan internet yang berfungsi untuk mencegah malware masuk ke sistem laptop atau komputer. Setiap Anda mengakses ke beberapa situs yang dianggap berbahaya atau akan mengunduh file yang dianggap berbahaya dari internet biasanya akan di saring terlebih dahulu oleh firewall. 


Baca Juga :


Laptop atau komputer yang tidak menggunakan firewall akan lebih rentan di serang oleh malware berbahaya. Maka dari itu, firewall menjadi salah satu bagian terpenting yang wajib terpasang di laptop atau komputer yang kita gunakan dan tidak boleh dianggap remeh. Firewall bisa kita aktifkan dan nonaktifkan secara manual pada pengaturan. Namun, secara default (bawaan) akan aktif.


Firewall menjadi garda terdepan saat kita berselancar di internet, memfilter dan mencegah hal-hal berbahaya yang bisa masuk melalui jaringan internet. Ketika malware virus berbahaya sudah masuk laptop atau komputer, maka tugas tersebut akan di ambil alih oleh anti virus dan bukan firewall. 


Fungsi Firewall Pada Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memasang Firewall pada laptop atau komputer akan menyaring setiap bahaya saat kita terhubung dengan jaringan internet baik pada saat membuka suatu situs ataupun mengunduh sesuatu. 


Adapun fungsi-fungsi dari Firewall yang terpasang di laptop atau komputer, diantaranya :

1. Memblokir situs berbahaya 

Ada banyak sekali situs-situs di Internet yang memuat konten berbahaya atau konten dewasa yang dapat membahayakan laptop atau komputer kita. Dari situs tersebut, akan ada kemungkinan tersusupi malware berbahaya jika tidak berhati-hati. Namun, hal tersebut bisa di cegah dengan menggunakan firewall.


Firewall dapat digunakan untuk memblokir situs-situs yang dianggap berbahaya ataupun situs yang mengandung konten dewasa. Anda dapat memblokir situs pada pengaturan firewall dengan cara manual, menuliskan alamat situs. Ketika firewall aktif, akan menghentikan akses ketika Anda mencoba mengunjungi situs-situs yang telah di blokir.   


2. Melindungi data dari Hacker

Data merupakan sesuatu yang semestinya kita jaga kerahasiaannya, terlebih lagi data identitas pribadi. Data pribadi bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat kejahatan. 


Pada saat menggunakan jaringan internet, ada banyak ancaman yang mengintai. Firewall akan menjadi batas atau tembok yang menghalangi Hacker untuk mencuri data-data yang ada pada laptop atau komputer. Untuk meminimalisir dan mencegah pencurian data, selalu pastikan bahwa firewall terpasang dan aktif di laptop atau komputer ketika digunakan dengan jaringan internet.


Baca Juga :


3. Mengamankan komputer saat bermain game online 

Perlu diketahui bahwa pada saat bermain game online, traffic jaringan internet akan terus berjalan sampai kita selesai bermain game online tersebut. Pada saat itulah posisi laptop atau komputer yang digunakan menjadi rawan disusupi oleh Hacker ataupun malware berbahaya. 


Maka dari itu, akan lebih baik untuk mengaktifkan firewall pada saat akan bermain game online. Hal ini akan lebih mengamankan laptop atau komputer yang kita gunakan, meskipun mungkin akan sedikit berpengaruh terhadap performa yang sedikit berat saat bermain game. Begitu lebih baik daripada mengambil resiko jika firewall tidak dinyalakan.  


4. Mengatur bandwith

Selain untuk mengatur keamanan dalam jaringan internet, firewall juga bisa digunakan untuk mengatur bandwith. Firewall dapat mengatur bandwith sesuai keinginan, misalnya untuk mengatur bandwith saat bermain game, atau saat menonton film. Dengan mengatur bandwith seperti itu, bisa memprioritaskan beberapa hal yang dianggap penting agar lebih cepat dan lancar.

Kelebihan dan Kekurangan Firewall Pada Komputer

Kelebihan Firewall pada komputer :

  1. Melindungi laptop atau komputer dari serangan Hacker.
  2. Memfilter pada saat mengakses situs-situs menggunakan jaringan internet.
  3. Memblokir situs-situs terlarang dan berbahaya
  4. Dapat melihat history segala aktivitas serta mengamati dan mencatat arus data lalu lintas.
  5. Dapat mengatur untuk membagi bandwith


Kekurangan Firewall pada komputer :

  1. Tidak semua situs berbahaya di blokir, perlu memasukkan alamat situs pada pengaturan firewall untuk di blokir.
  2. Tidak bisa mengatasi virus pada laptop atau komputer.
  3. Memberatkan performa dari laptop atau komputer.
  4. Tidak mampu mencegah dari serangan dengan metode terbaru.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Firewall Pada Komputer. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan edukasi dan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta menambah wawasan keilmuan baru mengenai Firewall. 


Terimakasih sudah berkunjung dan membaca konten artikel ini hingga selesai, silahkan rekomendasikan dan bagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka mendapatkan manfaat yang sama.


Jika ada pertanyaan mengenai isi konten artikel ini, bisa tanyakan dengan menuliskan pertanyaan pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close