Penyebab & Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Bisa Print - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Penyebab & Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Bisa Print

Share This

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Bisa Print - Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, perangkat elektronik yang dulunya dibutuhkan sekarang ditinggalkan begitu saja. Namun, tidak untuk perangkat elektronik satu ini, printer. Printer merupakan salah satu yang termasuk ke dalam perangkat output yang digunakan untuk mencetak dokumen atau foto dengan media kertas.

Saat ini, printer masih menjadi perangkat yang dibutuhkan oleh manusia. Kita akan dengan sangat mudah menemukan printer di beberapa tempat umum, misalnya di suatu instansi pemerintah, perusahaan, sekolah, rumah, dan tempat atau jasa yang melayani pencetakan. Jadi, mungkin setiap orang sudah pasti akan mengenal dengan perangkat elektronik satu ini.



Fungsi dari printer ini lah yang masih banyak dibutuhkan, mencetak berbagai dokumen untuk keperluan administrasi, tugas makalah, skripsi, mencetak proposal, ataupun keperluan lainnya adalah salah satu alasan masih dibutuhkannya printer hingga saat ini. 


Ada berbagai macam merek dan jenis printer yang beredar di pasaran, akan tetapi fungsi utamanya tetap sama yaitu mencetak. Pada beberapa jenis printer, printer tidak hanya digunakan untuk mencetak suatu dokumen saja, namun bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti melakukan fotocopy dan scanning. Meskipun begitu, hanya beberapa printer dengan keluaran terbaru saja yang bisa menggunakan dua fitur tambahan tersebut.


Penyebab & Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Bisa Mencetak

Ada beberapa masalah yang seringkali muncul dan terjadi pada printer, mungkin Anda pun sebagai pengguna pernah mengalaminya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki printer epson yang mengalami masalah, tepatnya yang tidak bisa melakukan print. Munculnya masalah seperti ini tentunya akan sangat merepotkan sekali bukan? Dokumen yang seharusnya sudah di cetak menjadi sedikit terhambat.


Dengan adanya masalah seperti itu, sebagai pengguna printer yang awam pasti akan bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi dan mungkin Anda juga akan sedikit kebingungan bagaimana cara mengatasi hal tersebut agar printer kembali normal untuk dapat melakukan pencetakan. 


Baca Juga :


Jika masalah ini terjadi pada tempat usaha seperti fotocopy atau warnet, mungkin bisa menanyakan masalah ini pada penjaga atau kita bisa menggunakan printer yang lain untuk mencetak dokumen. Lantas bagaimana jika masalah ini terjadi di rumah dan tak ada seorang pun yang mengerti mengenai hal ini? Pastinya Anda akan sangat kebingungan harus melakukan apa.


Sebelum mencoba melakukan perbaikan pada printer yang mengalami masalah tidak bisa print, akan lebih baik mengetahui terlebih dahulu penyebab dari masalah tersebut. Hal-hal yang menyebabkan printer menjadi tidak bisa print. Ada beberapa kemungkinan penyebab yang bisa Anda temukan pada printer yang bermasalah.


Penyebab Printer Epson L3110 Yang Tidak Bisa Print

1. PaperJam / Kertas Nyangkut

Penyebab pertama yang menyebabkan printer tidak bisa mencetak adalah PaperJam / kertas yang nyangkut. Kertas yang tersangkut didalam printer bisa terjadi karena kesalahan pada mencetak sebelumnya, kemudian ditarik dengan paksa dan robek setengahnya yang menyisakan sisa kertas didalam printer. 


2. Driver Bermasalah

Setiap printer memiliki software khusus yang digunakan untuk menghubungkan antara laptop atau komputer dengan printer. Setiap jenis printer memiliki driver yang berbeda-beda, meskipun merek printer yang digunakan sama. Driver yang bermasalah bisa menjadi penyebab mengapa printer tidak bisa melakukan print. 


3. Batas Penggunaan Telah maksimal

Perlu diketahui, setiap printer memiliki batas maksimal penggunaan dalam mencetak dokumen. Ketika batas maksimal ini mencapai batas maka printer tidak akan bisa melakukan print. Lampu indikator pada printer biasanya akan memberikan tanda mengenai hal ini.


Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Bisa Print

Setelah mengetahui penyebab printer tidak bisa melakukan print, selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengatasinya. Cara mengatasinya cukup mudah, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Printer Epson L3110 Tidak Bisa Print Karena PaperJam 

Untuk memperbaiki printer yang tidak bisa mencetak karena adanya kertas atau benda yang tersangkut di dalam printer, Anda perlu mencari kertas atau benda yang tersangkut di dalam printer. PaperJam ini biasanya terjadi ketika kertas macet saat mencetak, kemudian ditarik secara paksa dan meninggalkan sisa kertas di dalam printer dan akibatnya printer tidak bisa mencetak lagi. 


Agar printer kembali normal, jika ada kertas yang tersangkut keluarkan secara perlahan dan pastikan tidak ada sisa yang masih tersangkut. Apabila diperlukan untuk membongkar bagian depan juga tidak masalah. Setelah benda atau kertas diangkat, Anda bisa mencoba kembali printer.  


Baca Juga :


2. Printer Epson L3110 Tidak Bisa Print Karena Driver Bermasalah

Jika printer tidak bisa melakukan pencetakan karena drivernya yang bermasalah, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut :

  1. Unduh terlebih dahulu driver printer Epson L3110 pada link berikut ini.
  2. Setelah mengunduh, silahkan instal driver dengan membuka file yang baru di unduh.
  3. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan, matikan antivirus dan sambungkan laptop atau komputer dengan jaringan internet. 
  4. Jika instalasi driver berjalan lancar, printer Epson L3110 seharusnya sudah terdeteksi pada saat akan mencetak.


3. Printer Epson L3110 Tidak Bisa Print Karena Batas Penggunaan Telah Maksimal

Ketika printer yang digunakan telah mencapai batas penggunaan maksimal, lampu indikator pada printer akan berkedip-kedip. Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu Anda lakukan adalah mereset printer. Cara mengatasinya cukup mudah, untuk lebih jelasnya bisa Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Pastikan printer dalam keadaan menyala.
  2. Tekan dan Tahan tombol resume selama 5 detik dan lepaskan.
  3. Selanjutnya, tekan dan tahan kembali tombol resume selama 3 detik dan lepaskan.
  4. Tunggu proses reset printer selama beberapa menit.
  5. Keberhasilan proses reset printer ditandai dengan berhentinya lampu indikator pada printer.
  6. Jika lampu indikator masih menyala, silahkan ulangi cara diatas.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Bisa Print. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta bisa memberikan solusi yang tepat. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada blog yang sederhana ini, silahkan Anda rekomendasikan dan bagikan konten artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu, ya.


Jika ada pertanyaan mengenai isi konten artikel ini bisa menuliskannya pada kolom komentar.


No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close