Begini Cara Mengatasi Adobe Acrobat Reader Tidak Bisa Dibuka - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Begini Cara Mengatasi Adobe Acrobat Reader Tidak Bisa Dibuka

Share This

Begini Cara Mengatasi Adobe Acrobat Reader Tidak Bisa Dibuka - Berbicara mengenai Adobe Reader, mungkin sudah terdengar tidak terlalu asing lagi di telinga kita meskipun masih ada beberapa orang yang tidak begitu mengetahui mengenai aplikasi ini. Namun, aplikasi ini seringkali dijumpai pada laptop, komputer atau bahkan smartphone sekalipun. Aplikasi ini juga tak kalah populer dengan software lainnya seperti Microsoft word, excel, dan sejenisnya. 

Tak jarang ditemukan juga aplikasi ini sudah terinstall di laptop atau smartphone pada saat pertama kali membeli tapi kadang tidak terlalu di perhatikan oleh kita. Pada umumnya, fungsi dari aplikasi Adobe Reader ini untuk mengolah dokumen seperti membaca, menandai dokumen secara digital, mencari kata, dan mencetak.



Tapi, faktanya masih banyak yang tidak mengetahui fungsi yang sebenarnya dari Adobe Reader ini. Masih banyak yang mengetahui bahwa software Adobe Reader sekedar digunakan untuk membuka file yang berformat PDF saja. Biasanya, orang-orang membuka dokumen menggunakan Adobe Reader agar terlihat rapih dan baik saat dibaca.


Secara tampilan saat membuka Adobe Reader di laptop, komputer dan smartphone sama, yang membedakan hanya dari ukuran layar saja yang lebih besar dan lebih kecil. Fungsi dari aplikasinya sendiri juga masih sama saat dibuka di berbagai macam perangkat. Jadi, tidak ada perbedaan yang signifikan saat dibuka di berbagai macam perangkat.


Begini Cara Mengatasi Adobe Acrobat Reader Tidak Bisa Dibuka

Fungsi dari aplikasi ini sangatlah berguna bagi kita yang sering berkaitan dengan dokumen, kita bisa melakukan berbagai hal pada dokumen. Apalagi di zaman seperti sekarang ini, dokumen-dokumen yang dibuat digital sudah sangat banyak, maka sangat diperlukan software Adobe Reader ini.


Akan tetapi, dibalik fungsinya yang sangat penting itu terdapat kekurangan yang membuat kita sebagai pengguna kebingungan. Adobe Reader memang kadang memiliki masalah yang seringkali muncul saat kita menggunakannya. Misalnya Adobe Reader yang tiba-tiba terhenti (Has stopped working), not responding saat digunakan, tidak bisa di install, atau Adobe Reader yang tidak bisa dibuka.


Baca Juga :


Selain dari beberapa problem yang disebutkan diatas, mungkin masih ada problem lainnya yang muncul pada Adobe Reader. Pada artikel ini kita akan mencoba mengatasi problem tersebut, namun problem yang akan coba diatasi kali ini adalah Adobe Reader yang tidak bisa dibuka.   


Adobe Reader yang tidak bisa dibuka terjadi karena berbagai macam faktor, bisa terjadi karena secara teknis ataupun non-teknis. Namun, kita tidak akan panjang lebar membahas mengenai penyebabnya melainkan cara mengatasi masalah tersebut agar bisa kembali normal dan bisa kembali digunakan seperti semula. 


Dokumen PDF Tidak Bisa Dibuka Dengan Adobe Acrobat Reader

1. Pastikan File Dokumen Tidak Corrupt

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa file dokumen yang kita download di internet tidak corrupt dan terunduh dengan utuh 100 persen. Biasanya dokumen yang corrupt berasal dari proses unduh yang tidak sampai selesai dan dokumen yang memang corrupt dari sumbernya. Solusinya, unduh ulang dokumen hingga benar-benar 100 persen atau mencari sumber lain.


2. Buka Adobe Reader Dengan Run as Administrator

Setelah memastikan bahwa dokumen aman dan tidak ada corrupt namun masih tidak bisa membuka Adobe Reader, masalahnya berarti ada pada Adobe Readernya itu sendiri. 


Untuk langkah awal, jalankan Adobe Reader dengan sebagai Administrator. Menjalankan sebagai administrator akan memberikan seluruh akses penggunaan laptop atau komputer. Biasanya, selain administrator akan dibatasi penggunaannya, sehingga bisa menjadi penyebab mengapa Adobe Reader tidak bisa dibuka.


Baca Juga :


Berikut ini langkah-langkah menjalankan Adobe Reader sebagai Administrator :

  1. Klik kanan pada icon Adobe Reader.
  2. Lalu pilih Run as Administrator.
  3. Selanjutnya, pilih tombol Yes.


3. Mematikan Protected Mode

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah mematikan protected mode. Adobe Acrobat Reader memiliki fitur yang menjaga dari virus berbahaya yang berasal dari dokumen atau file yang akan kita buka. Kadang, dokumen yang akan kita buka seringkali terdeteksi berbahaya padahal tidak. 


Oleh karena itu, kita perlu mematikannya terlebih dahulu agar bisa membuka aplikasi Adobe Acrobat Reader seperti biasa. Untuk mematikan protected mode, ikuti dan coba dengan cara berikut ini :

  1. Tekan tombol windows + R secara bersamaan untuk membuka Run.
  2. Ketikkan perintah Regedit lalu Enter.
  3. Pada tab sebelah kiri, cari dan masuk pada folder berikut : Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Adobe\Adobe Acrobat\DC\FeatureLockDown
  4. Selanjutnya, klik kanan di dalam folder lalu pilih New > Dword Value.
  5. Ubah name filenya menjadi bProtectedMode.
  6. Klik kanan pada file lalu pilih Modify.
  7. Set value data-nya menjadi 0 lalu klik OK.

Setelah melakukan cara diatas, buka kembali Adobe Acrobat Readernya. 


4. Repair Adobe Acrobat Reader

Jika cara diatas masih tidak bisa juga, ada kemungkinan file program yang berada pada folder mengalami masalah. Biasanya, terjadi karena dihapus oleh antivirus ataupun oleh hal lain yang bisa menyebabkan file bermasalah. 


Untuk mengatasi problem tersebut, bisa mencoba dengan me-repair software. Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

  • Masuk ke menu Control Panel
  • Lalu, pilih Programs > Programs and Features.
  • Cari software Adobe Acrobat Reader. 
  • Selanjutnya, klik kanan pada pilihan Adobe Acrobat Reader lalu pilih Change.
  • Akan muncul pop-up seperti tampilan instalasi.
  • Klik Next kemudian akan ada 3 pilihan (Modify, Repair, Remove).
  • Pilih Repair lalu klik tombol next.
  • Kemudian, klik Update dan ikuti prosesnya hingga selesai.


5. Instal Ulang Adobe Acrobat Reader

Cara terakhir yang bisa dilakukan jika empat cara diatas tidak bisa juga, yaitu instal ulang Adobe Acrobat Reader. Dengan melakukan instalasi ulang, akan mengembalikan semua pengaturan kembali ke awal, file program yang mungkin hilang pun akan kembali ada. 


Sebelum melakukan instalasi ulang, uninstall terlebih dahulu softwarenya kemudian baru melakukan instalasi ulang. Jangan lupa untuk menginstal Adobe Acrobat Reader dengan versi terbaru ya, dan pastikan requirement yang dibutuhkan saat mengunduh sudah sesuai dengan perangkat yang digunakan.  


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Begini Cara Mengatasi Adobe Acrobat Reader Tidak Bisa Dibuka. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta dapat memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan yang sedang Anda alami. 


Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan konten artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu ya. Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan dan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close