Contoh Algoritma Membuat Kue Dengan Flowchart dan Pseudocode - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Contoh Algoritma Membuat Kue Dengan Flowchart dan Pseudocode

Share This

Contoh Algoritma Membuat Kue Dengan Flowchart dan Pseudocode - Kata atau kalimat Algoritma mungkin masih terasa asing di telinga sebagian orang, namun mungkin akan terasa tidak asing bagi orang yang berkecimpung di dunia teknologi. Algoritma sangat melekat dengan dunia teknologi, karena beberapa program atau aplikasi membutuhkan Algoritma di dalamnya.

Salah satu aplikasi yang sering diakses oleh kita misalnya Youtube. Youtube merupakan salah satu website penyedia video yang populer dan banyak dikunjungi oleh berbagai pengguna dari seluruh dunia. Youtube memiliki Algoritma untuk mengatur beberapa pekerjaan seperti pemilihan video yang sesuai, menentukan trending, dan beberapa fitur lainnya yang membutuhkan Algoritma.



Meskipun Algoritma, Flowchart dan Pseudocode ini sangat identik dengan bidang teknologi, akan tetapi juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Beberapa aktivitas sehari-hari yang bisa kita buat Algoritma, Flowchart dan Pseudocode misalnya membuat kopi, membuat es teh manis, membuat mie instan, membuat nasi goreng, atau membuat kue.


Pada artikel kali ini kita akan kembali membahas mengenai Algoritma, Flowchart dan Pseudocode. Kali ini kita akan mencoba untuk pembuatan Algoritma membuat kue dengan Flowchart dan Pseudocode. Jadi, masing-masing (Algoritma, Flowchart dan Pseudocode) akan dibuat terpisah. 


Contoh Algoritma Membuat Kue Dengan Flowchart dan Pseudocode

Pembuatan Algoritma, Flowchart dan Pseudocode bertujuan untuk memudahkan para developer dalam membuat suatu sistem sesuai dengan alur yang telah ditentukan. Berbeda halnya apabila tidak dibuatnya Algoritma, Flowchart dan Pseudocode, akan sangat membingungkan bagi para developer apalagi jika sistem yang dibangun sangatlah kompleks.


Sebelum membuat Algoritma, Flowchart dan Pseudocode yang kompleks, buatlah dari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu, salah satu caranya dengan membuat di kehidupan aktivitas sehari-hari yang sering dilakukan. Dengan membuat dari aktivitas sehari-hari, kita akan dilatih untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cara dan solusi yang tepat.


Baca Juga :


Jadi tidak hanya untuk suatu pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi saja, namun juga bisa dibuat dari aktivitas sehari-hari. Untuk Anda yang bekerja pada bidang teknologi, menguasai ilmu pembuatan Algoritma, Flowchart dan Pseudocode ini sangatlah dibutuhkan sekali. 


Selanjutnya, kita akan mencoba membuat Algoritma, Flowchart, dan Pseudocode dari aktivitas sehari-hari. Simak dan pelajari artikel ini hingga akhir.


Definisi Singkat Algoritma, Flowchart dan Pseudocode

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai pembuatan Algoritma, Flowchart dan Pseudocode. Apakah Anda sudah mengetahui definisi dari ketiganya? Jika tidak, mari kita bahas terlebih dahulu satu persatu definisi masing-masing. 


Penjelasan secara singkatnya, Algoritma adalah suatu langkah-langkah logis yang dibuat untuk menyelesaikan suatu masalah. Flowchart adalah suatu proses yang berbentuk diagram alir untuk memudahkan manusia dalam memahaminya. Pseudocode adalah deskriptif secara ringkas dari proses algoritma yang bertujuan agar memudahkan manusia dalam membaca alur algoritma. 


Baca Juga :


Berdasarkan definisi diatas, ketiganya memiliki perbedaan masing-masing namun ketiganya dibutuhkan dan saling berhubungan. 


Setelah mengetahui secara singkat tentang definisi dari Algoritma, Flowchart dan Pseudocode mari melanjutkan dengan membuatnya. 


Contoh Algoritma Membuat Kue

Berikut ini adalah Algoritma membuat kue :

  1. Siapkan minyak goreng, tepung terigu, pisang, telur, baking powder, meses, dan pasta vanilla.
  2. Siapkan wadah, mixer dan oven.
  3. Haluskan pisang, lalu masukkan dalam wadah
  4. Masukkan gula.
  5. Masukkan minyak.
  6. Masukkan telur.
  7. Masukkan tepung terigu.
  8. Campur merata dengan menggunakan mixer.
  9. Tuangkan adonan pada cetakan.
  10. Masukkan cetakan adonan pada oven.
  11. Kue siap di sajikan.


Contoh Flowchart Membuat Kue

Berikut ini merupakan Flowchart membuat kue :

Contoh Pseudocode Membuat Kue

Berikut ini merupakan Pseudocode membuat kue :

  1. Mulai
  2. Input pisang
  3. Input gula
  4. Input minyak
  5. Input telur
  6. Input tepung terigu
  7. Campur hingga merata
  8. Tuangkan adonan ke cetakan
  9. Input cetakan adonan ke oven
  10. Hidangkan kue

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Contoh Algoritma Membuat Kue Dengan Flowchart dan Pseudocode. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir, jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu ya.


Jika ada pertanyaan seputar dari isi artikel ini, silahkan tanyakan pertanyaan pada kolom komentar yang ada dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close