Membuat Program Menghitung Volume Bola Dengan Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat Program Menghitung Volume Bola Dengan Java

Share This
Membuat Program Menghitung Volume Bola Dengan Java - Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang saat ini banyak dipelajari dan cukup populer di kalangan para developer. Banyaknya support pada berbagai macam platform menjadi salah satu alasan mengapa Java sangat dominan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.
Di dunia industri sendiri, bahasa Java masih sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan di perusahaaan. Beberapa perusahaan masih menggunakan Java untuk keperluan pengembangan atau membangun aplikasi, sehingga pekerjaan sebagai programmer Java masih sangat terbuka lebar saat ini. 


Meskipun ada beberapa bahasa pemrograman yang lebih baik dan lebih modern teknologinya, Java tetap digunakan oleh beberapa orang. Bagi seorang pemula yang baru belajar tentang bahasa pemrograman Java, pahami script code pada Java dengan membuat program sederhana sebagai latihan.

Pada artikel kali ini, kita akan mencoba untuk membuat suatu program sederhana menggunakan Java, tutorial ini sangatlah cocok bagi seorang pemula yang baru belajar. Sebelumnya juga, kita sudah membuat program menghitung volume kubus dengan java. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembahasannya, ikuti dan simak hingga akhir artikel.

Program Menghitung Volume Bola Dengan Java

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kali ini kita akan mencoba membuat program sederhana dengan Java, tepatnya membuat program menghitung volume bola dengan Java. Pada pembuatan program kali ini, kita akan membuat program yang sederhana dulu dan tutorial ini sangat cocok untuk para pemula.

Menjadi seorang programmer yang handal tidak serta merta bisa terjadi begitu saja, perlu proses yang cukup panjang untuk mewujudkannya. Sebelum menjadi programmer yang menangani aplikasi yang sangat kompleks, pelajari dulu dari hal-hal sederhana. Setelah dirasa cukup handal, barulah membuat aplikasi yang lebih kompleks.

Baca Juga :

Ketika akan membuat program perhitungan, hal yang harus kita cari tahu dulu adalah rumus perhitungannya. Rumus perhitungan bola yang biasa digunakan dalam perhitungan manual adalah 4/3 × π × r³, begitu juga pada saat di implementasikan dalam bentuk program pun rumus yang digunakan sama.

Baik perhitungan manual ataupun perhitungan dengan program sama tidak ada perbedaan diantara keduanya. Hanya saja, cara pengimplementasian rumus dengan program cukup sulit dilakukan bagi seorang pemula. Namun, dengan adanya tutorial ini, kesulitan tersebut akan bisa diatasi dengan mengikuti source code yang ada pada artikel ini. 

Rumus Program Menghitung Volume Bola

Pada pembuatan program kali ini, karena program yang akan dibuat sederhana maka script code yang akan dibuat hanyalah sedikit. Secara garis besar alur program, nantinya program akan menampilkan hasil perhitungan berdasarkan rumus dari angka yang user inputkan.

Secara tampilan pun masih sangat sederhana, Anda bisa menambahkan beberapa code untuk mempercantik tampilan agar terlihat lebih menarik. Tapi, pastikan dulu semua fungsi utama dapat berjalan dengan baik sebelum merapihkan tampilan program atau sistem.

Baca Juga :

Sebelum membuat program, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulai ke implementasi program. Siapkan tools text editor yang akan digunakan untuk menulis dan menjalankan code program. Silahkan gunakan tools jenis apapun sesuai dengan keinginan, jika belum memiliki unduh dan instal terlebih dahulu.

Selain memasang aplikasi text editor, Anda juga bisa menggunakan compiler online yang tersedia di internet. Dengan menggunakan compiler online, Anda tidak perlu lagi repot-repot menginstal tools di laptop atau komputer kita. Jika persiapan sudah selesai, selanjutnya masuk ke tahap implementasi program.

Implementasi Program Menghitung Volume Bola Dengan Java

Dibawah ini terdapat source code untuk membuat program perhitungan volume bola menggunakan Java. Silahkan ikuti script code tersebut dengan menulis ulang code tanpa copy paste, hal ini bertujuan agar bisa lebih memahami fungsi baris perbaris code.

Source Code :


Hasil Running :



Penutup

Demikianlah artikel mengenai Membuat Program Menghitung Volume Bola Dengan Java. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya serta dapat menambah wawasan keilmuan baru mengenai bahasa Java. 

Terimakasih sudah membaca konten ini hingga akhir, mohon maaf apabila terdapat kata-kata atau kalimat yang kurang baik dalam penulisan artikel. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close