Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Paling Populer 2020 - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Paling Populer 2020

Share This
Bahasa Pemrograman adalah instruksi dasar untuk memerintahkan komputer melakukan sesuatu yang sudah ditulis oleh manusia. Kode yang ditulis oleh manusia dinamakan Bahasa Pemrograman. Komputer dapat mengerti kode yang ditulis kemudian di compile oleh pihak ketiga sehingga komputer dapat mengerti intruksi yang dimaksud.
Saat ini, Bahasa Pemrograman ada banyak jenisnya. Ada pula versi-versi baru yang dibuat dari adaptasi yang sudah ada. Beberapa bahasa pemrograman sudah terintegrasi dengan beberapa software besar, misalnya seperti IDE Android Studio yang dibuat oleh Google khusus digunakan untuk membuat aplikasi Android dengan bahasa pemrograman Java, Kotlin ataupun Kotlin.

Perkembangan bahasa pemrograman dapat dikatakan sangat cepat dan pesat. Bagaimana tidak, setiap bulan atau tahun ada bahasa pemrograman baru yang direlease oleh pihak tertentu. Misalnya saja bahasa pemrograman kotlin atau dart yang release belum lama sekitar tahun 2017.

Releasenya bahasa pemrograman baru tidak lepas dari kebutuhan perusahaan setiap masanya. Bahasa pemrograman dart direlease untuk kebutuhan perusahaan, dimana dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut kita dapat membuat aplikasi yang dapat dijalankan pada 2 platform sekaligus, yaitu Android dan iOS.

Mengacu pada penjelasan diatas, ada jenis-jenis bahasa pemrograman paling populer di tahun 2020 ini. Apa saja sih? Silahkan disimak penjelasan dibawah ini ya.
Baca Juga : Mengenal Apa Itu Variabel Pada Java?
1. Java
Java merupakan bahasa pemrograman paling populer saat ini, hampir setiap perusahaan yang ada saat ini membuka lowongan bagi engineer yang menguasai bahasa pemrograman yang satu ini. 

2. Kotlin
Di urutan kedua ada Kotlin. Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang sangat mirip dengan Javascript. Kotlin juga sangat dibutuhkan pada beberapa perusahaan, bahkan pada beberapa startup di Indonesia sudah menggunakan bahasa pemrograman ini pada appsnya.

3. Dart
Kemudian yang tak kalah populernya adalah Dart. Dart merupakan bahasa pemrograman baru yang direlease pada tahun 2017. Dart direlease untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, dimana perusahaan tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk membuat sebuah apps bagi perusahaannya. Dart dapat berjalan pada 2 platform yaitu Android dan iOS.
Baca Juga : Persiapan Untuk Belajar Membuat Aplikasi Android
4. Python
Selanjutnya ada Python. Saat ini banyak yang sedang mempelajari bahasa pemrograman Python. Simpel, ringan, dan sangat mudah dipahami adalah kelebihan dari bahasa pemrograman ini. Selain itu, dengan Python kita dapat membuat kecerdasan buatan lebih mudah ketimbang dengan bahasa pemrograman lain.

5. GoLang
GoLang merupakan bahasa pemrograman buatan Google. GoLang direlease pada tahun 2009 namun baru populer ditahun-tahun sekarang. Bahasa pemrograman ini juga sedang dibutuhkan pada beberapa perusahaan.

Nah, diatas merupakan jenis bahasa pemrograman yang sedang populer ditahun 2020. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kalian yang membacanya.  

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close