5+ Cara Mudah Mengatasi CorelDraw Has Stopped Working - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

5+ Cara Mudah Mengatasi CorelDraw Has Stopped Working

Share This

5+ Cara Mudah Mengatasi CorelDraw Has Stopped Working - CorelDraw merupakan software editor design grafis yang dikembangkan oleh perusahaan Corel, software ini cukup populer di Indonesia. Apakah Anda salah satu seorang pengguna dari CorelDraw? Jika ya, mungkin Anda adalah seorang desainer yang menggunakan CorelDraw sebagai tools untuk bekerja. Atau juga, mungkin seorang pemula yang baru ingin mempelajari dan membuat suatu desain menggunakan CorelDraw sebagai toolsnya.

CorelDraw memiliki cukup banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya untuk berkreasi se-kreatif mungkin, kemudahan dan kenyamanan pada saat menggunakan toolsnya menjadi salah satu alasan mengapa CorelDraw di gunakan banyak orang sampai saat ini. Selain itu, pada setiap update release terbaru akan selalu menghadirkan fitur terbaru lainnya yang akan semakin memanjakan penggunanya.



Tak mengherankan jika CorelDraw menjadi salah satu tools editor design grafis terbaik saat ini. Namun, dalam setiap kelebihan pasti ada kekurangannya juga. CorelDraw memiliki beberapa permasalahan pada saat dijalankan, entah pada saat proses instalasi sampai dengan pada saat menggunakannya.


Dari beberapa problem yang ada, masalah yang seringkali terjadi pada CorelDraw adalah Has Stopped Working. Sebagai pengguna CorelDraw, apakah pernah mengalami hal seperti ini? Problem ini biasanya akan muncul secara tiba-tiba dan akan memaksa kita menutup CorelDraw secara paksa. Dampak dari munculnya problem ini, project yang mungkin akan selesai akan mengulang dari awal karena belum sempat tersimpan. 


Cara Mengatasi CorelDraw Yang Not Responding

Munculnya problem Has Stopped Working atau Not Responding pada CorelDraw sangat mengganggu aktivitas pada saat digunakan. Adanya problem tersebut dapat memicu keterlambatan dalam pengerjaan pekerjaan yang seharusnya bisa selesai dengan waktu yang cepat.


Akan tetapi, tidak perlu terlalu khawatir, problem Not Responding pada CorelDraw masih bisa kita atasi dengan cukup mudah. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai cara mengatasi CorelDraw yang mengalami Not Responding atau Has Stopped Working. Cara ini berlaku dan dapat di praktekkan pada semua versi CorelDraw, entah itu X5, X6, X7, X8, X9 ataupun versi lainnya.


Baca Juga :


Cara ini bisa dilakukan oleh Anda sendiri tanpa harus repot-repot untuk membawanya ke tempat service komputer agar CorelDraw yang kita gunakan kembali normal. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Has Stopped Working pada CorelDraw. Biasanya, munculnya Has Stopped Working pada CorelDraw karena laptop atau komputer yang digunakan terhubung dengan internet sehingga memicu tools tersebut.


Lalu, apa yang perlu dilakukan oleh kita ketika Has Stopped Working pada CorelDraw ini muncul? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti beberapa saran yang ada dibawah ini.


Cara Mudah Mengatasi CorelDraw Has Stopped Working

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, faktor penyebab dari munculnya problem Has Stopped Working ini salah satunya adalah terhubung dengan internet. Namun, selain dari itu masih ada lagi beberapa penyebab yang menjadi sumber problem ini. 


Pesan error yang muncul pada saat Has Stopped Working bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


Agar CorelDraw bisa kembali digunakan secara normal tanpa adanya problem ada cara dan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi problem tersebut, silahkan Anda ikuti beberapa tips dibawah ini agar problem tersebut tidak muncul kembali.

1. Jangan Terhubung Internet

Agar CorelDraw dapat berjalan dengan mulus dan lancar serta tidak adanya problem Has Stopped Working, akan lebih baik untuk tidak menghubungkan laptop atau komputer yang sedang digunakan terhubung dengan internet. Fitur wifi yang ada pada laptop lebih baik dimatikan secara sementara, karena ketika laptop atau komputer terhubung dengan internet, bisa mendeteksi software yang kita gunakan bajakan atau tidak.


2. Update Windows

Windows yang tidak pernah di update secara berkala bisa menjadi faktor penyebab munculnya Has Stopped Working pada CorelDraw. Hal ini bisa terjadi karena penyesuaian sistem operasi dengan aplikasi yang berjalan tidak berfungsi sehingga menyebabkan munculnya problem tersebut. 


Silahkan update Windows dengan versi terbaru kemudian jalankan kembali CorelDraw.


Baca Juga :


3. Reset Default CorelDraw

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah melakukan Reset. Dengan melakukan reset ini, segala pengaturan dari CorelDraw sebelumnya akan kembali ke setelan awal (default) pada saat pertama kali digunakan. File yang tersimpan tidak akan terhapus, hanya pengaturannya saja yang akan kembali ke awal.


Untuk mencoba cara ini, bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Pada saat akan membuka CorelDraw, tekan dan tahan tombol F8 pada keyboard.
  2. Akan muncul pop-up validasi yang menyatakan apakah yakin ingin reset pengaturan.
  3. Pilih Yes, lalu tunggu hingga CorelDraw terbuka.
  4. Saat tampilan CorelDraw terbuka, akan terlihat seperti awal kembali.


4. Repair Instalasi CorelDraw

Sebelum melakukan instal ulang CorelDraw, Anda bisa mencoba melakukan Repair terlebih dahulu. Dengan melakukan repair ini, akan memulihkan atau mengembalikan kembali beberapa file CorelDraw yang hilang. Hilangnya file yang terhapus oleh antivirus bisa menjadi faktor munculnya Has Stopped Working. 


Cara untuk melakukan Repair bisa dilihat berikut ini :

  1. Masuk menu Control Panel.
  2. Selanjutnya, masuk pada menu Programs > Programs and Features.
  3. Cari icon dan nama CorelDraw, kemudian klik kanan dan pilih Repair.
  4. Akan muncul popup, pilih Repair lalu Ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.


5. Reinstall atau Instal Ulang CorelDraw

Cara lainnya untuk mengatasi CorelDraw yang Has Stopped Working bisa dengan melakukan reinstall atau instal ulang software CorelDraw. Pastikan terlebih dahulu memiliki file mentahan dari CorelDraw. Instal ulang ini bertujuan untuk mengembalikan file-file yang hilang yang terhapus oleh antivirus. Jika file mentahan CorelDraw sudah siap, tinggal langsung saja melakukan instalasi.


Penutup

Bagaimana dengan tutorialnya? Sangat mudah sekali bukan? Demikianlah artikel mengenai 5+ Cara Mudah Mengatasi CorelDraw Has Stopped Working. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta dapat memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan CorelDraw yang sedang Anda alami.


Terimakasih sudah berkunjung dan membaca konten artikel pada website ini sampai dengan habis. Jika menurut Anda artikel ini berisi konten yang bermanfaat, silahkan untuk turut membagikan link konten artikel pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka bisa mendapatkan manfaat yang sama sepertimu.


Jika ada pertanyaan mengenai isi konten artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar, ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close