Penyebab & Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi Tidak Bisa Dibuka - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Penyebab & Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi Tidak Bisa Dibuka

Share This

Penyebab & Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi Tidak Bisa Dibuka - Sebagai pengguna HP Xiaomi pernahkah Anda mengalami kamera HP yang tidak bisa dibuka? Atau malah sedang mengalami kamera yang tidak bisa dibuka? Jika iya, maka Anda berada pada tempat yang tepat karena konten artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi kamera HP Xiaomi tidak bisa dibuka.

Perkembangan teknologi di Indonesia bisa terbilang sangatlah pesat dan cepat, dari hari ke hari ada saja berita tentang perkembangan teknologi, khususnya mengenai Gadget (Handphone). Mungkin saat ini, setiap orang pasti memiliki satu buah handphone untuk digunakan sebagai media komunikasi. Dari anak-anak usia dini hingga orang dewasa sudah memiliki handphone pribadi masing-masing.  



Di Indonesia, ada berbagai macam merek perusahaan handphone yang menguasai pasar industri gadget. Setiap jenis merek handphone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta fitur dan desain yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kelebihan pada kamera, ada yang ketahanan baterainya sangat awet, dan ada juga yang memiliki harga jual yang cukup murah namun memiliki spesifikasi yang tinggi.


Meskipun terdapat banyak merek handphone yang berbeda, namun penyakit atau problem yang dimiliki handphone pada setiap mereknya hampir sama. Beberapa problem yang biasanya terjadi misalnya mengalami bootloop, baterai bocor, mati total, kamera yang tidak berfungsi, dan problem-problem lainnya. Nah, yang akan dibahas adalah kamera handphone yang tidak bisa dibuka.


Penyebab & Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi Tidak Bisa Berfungsi

Kamera menjadi salah satu fitur pada handphone yang dianggap sangat penting. Dengan adanya kamera, Anda bisa mengabadikan setiap momen kebersamaan, kegiatan, keindahan, atau apapun itu. Pada setiap versi keluaran terbaru handphone dengan jenis merek apapun, biasanya akan selalu ada peningkatan dari segi kualitas kamera. Peningkatan kamera biasanya pada pixel yang akan meningkatkan tingkat fokus yang lebih tinggi saat memotret.


Berbeda halnya dengan kamera digital yang hanya digunakan untuk keperluan memotret saja, kamera pada handphone tidak hanya digunakan untuk sekedar memotret foto atau merekam video saja. Kamera handphone juga saat ini banyak digunakan untuk keperluan video call dan scan pembayaran cashless dengan QR Code. 


Baca Juga :


Problem yang akan dibahas pada konten artikel kali ini dikhususnya pada pengguna handphone Xiaomi dengan semua versinya. Tapi, untuk jenis handphone merek lain bisa juga mencoba mengikuti langkah-langkahnya namun tidak menjamin akan berhasil. Silahkan untuk dibaca dan dicoba terlebih dahulu saja. 


Munculnya problem kamera pada handphone ini tidak serta merta muncul tiba-tiba begitu saja, pasti ada penyebab yang membuat kamera handphone menjadi tidak bisa berfungsi seperti biasa. Untuk mengetahui lebih detail mengenai penyebab dari kamera Xiaomi yang tidak bisa dibuka, dapat disimak dibawah ini. 


Penyebab Kamera HP Xiaomi Tidak Bisa Berfungsi

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kamera HP Xiaomi yang error tidak bisa berfungsi secara normal, akan lebih baik jika kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kamera HP Xiaomi menjadi eror, berikut ini penyebabnya :

  1. Adanya bug atau kesalahan pada sistem software handphone.
  2. Error dari efek setelah Root.
  3. HP Mengalami Hang saat membuka kamera.
  4. Menumpuknya Cache pada aplikasi Kamera.
  5. Memory RAM penuh.
  6. Adanya kerusakan pada komponen atau part handphone.


Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi Error Tidak Bisa Berfungsi

Setelah mengetahui penyebab kamera HP Xiaomi error tidak bisa dibuka, sekarang saatnya untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mencoba mengatasinya, berikut ini caranya :


1. Restart Handphone

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan melakukan restart handphone. Kamera HP yang tidak bisa dibuka biasanya terjadi karena adanya kesalahan pada sistem. Dengan melakukan restart, diharapkan pengaturan dari handphone akan kembali ke pengaturan awal (default) sehingga kamera HP bisa digunakan seperti biasa. Meskipun hanya melakukan restart handphone saja,  beberapa kasus yang terjadi kamera akan kembali normal.


2. Hapus Cache Kamera

Menumpuknya cache sampah pada aplikasi kamera bisa menjadi salah satu penyebab kamera handphone tidak bisa berfungsi. Penumpukan cache akan menyebabkan ketidak stabilan pada sistem sehingga akan menyebabkan dampak pada beberapa software, salah satunya adalah kamera. 


Maka dari itu, silahkan Anda hapus cache sampah pada aplikasi kamera. Caranya bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Selanjutnya, cari dan pilih menu Aplikasi.
  3. Kemudian, cari dan pilih aplikasi Kamera.
  4. Tap pada kalimat Hapus Data.


3. Test Dengan Aplikasi Kamera Lain

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan test dengan aplikasi kamera lain. Jika menggunakan aplikasi kamera bawaan dari HP masih terus mengalami masalah dan tidak bisa berfungsi, silahkan untuk mencoba menggunakan aplikasi kamera lainnya. Anda bisa mengunduh atau menginstal aplikasi kamera pada Google Playstore kemudian test apakah kamera bisa digunakan ataukah tidak.


Baca Juga :


Jika ternyata dengan aplikasi kamera lain bisa berfungsi, maka aplikasi kamera bawaan yang menjadi masalah. Selain itu, bisa juga melakukan test dengan aplikasi yang membutuhkan kamera.


4. Backup & Reset Factory Handphone

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan Reset Factory. Reset Factory merupakan salah satu fitur yang tersedia pada handphone yang memungkinkan penggunanya me-reset handphone menjadi ke setelan pabrik. Resiko melakukan Reset Factory adalah kehilangan semua data yang ada pada handphone.


Oleh karena itu sebelum akan melakukan Reset Factory, Backup terlebih dahulu data-data penting yang ada pada handphone. Untuk melakukan Reset Factory bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Masuk ke Setelan atau Pengaturan.
  2. Scroll dan cari lalu pilih menu Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Selanjutnya, tap pada opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.


5. Hapus Aplikasi Yang Memakan Banyak RAM

Selanjutnya, menghapus aplikasi yang memakan banyak RAM pada handphone. Salah satu penyebab kamera Xiaomi tidak bisa berfungsi karena RAM yang digunakan penuh. Jika handphone memiliki RAM yang terbatas, akan lebih bijak untuk menghapus beberapa aplikasi yang memberatkan kinerja dari handphone. 


Aplikasi seperti animasi layar, keyboard external, atau aplikasi lain yang memberatkan RAM sebaiknya dihapus untuk mengoptimalkan kinerja dari handphone itu sendiri. Anda bisa melihat aplikasi yang memakan banyak RAM pada menu pengaturan > aplikasi berjalan.


6. Update Sistem Handphone

Langkah selanjutnya yang bisa dicoba adalah melakukan update sistem handphone. Tujuan dari update sistem adalah untuk memperbaiki bug-bug yang terjadi pada versi sebelumnya dan meningkatkan kinerja dari handphone. Update sistem handphone secara berkala sebenarnya cukup bagus untuk meminimalisir terjadinya error karena pengembang Android pun akan terus memperbaiki setiap masalah yang muncul.


Untuk mengupdate sistem handphone bisa masuk pada pengaturan > masuk menu tentang ponsel > pilih pembaruan sistem.


7. Bawa ke Service Center

Langkah yang terakhir bisa Anda coba jika handphone mengalami masalah pada hardware (part atau komponen). Apabila Anda bukan seorang yang memiliki keterampilan untuk memperbaiki handphone, maka membawa handphone ke service center akan lebih baik dibandingkan membongkarnya sendiri. Namun, jika bisa memperbaikinya sendiri, cukup membeli komponen yang diperlukannya saja.


Konsultasikan terlebih dahulu mengenai masalah kamera, jika memang ternyata ada masalah pada part atau komponen maka mau tidak mau harus mengganti komponen tersebut. 


Penutup

Bagaimana cukup mudah bukan? Apakah sekarang Anda sudah tahu penyebab dan cara mengatasi kamera hp Xiaomi yang tidak bisa dibuka? Demikianlah artikel mengenai Penyebab & Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi Tidak Bisa Dibuka. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta menambah wawasan baru mengenai problem ini.


Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkunjung dan membaca artikel pada blog yang sederhana ini, semoga selalu bisa memberikan informasi yang tepat untuk Anda. Bagi Anda yang merasa konten artikel ini memiliki isi yang informatif dan bermanfaat, silahkan untuk merekomendasikan dan membagikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu.


Jika ada pertanyaan mengenai seputar isi dari artikel, tuliskan pertanyaanmu pada kolom komentar, ya. 

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close