Cara Mengatasi Printer Epson L120 Tidak Keluar Tinta Hitam - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Tidak Keluar Tinta Hitam

Share This
Cara Mengatasi Printer Epson L120 Tidak Keluar Tinta Hitam - Printer merupakan alat atau perangkat output yang banyak digunakan untuk keperluan mencetak dokumen yang diperintahkan melalui laptop atau komputer. Meskipun printer pada dasarnya hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja, namun masih banyak instansi atau perusahaan yang membutuhkan printer.
Saat ini, printer tersedia dengan berbagai macam merek yang beredar di pasaran. Tidak hanya itu, fitur-fitur yang ada pada printer juga semakin di tingkatkan dan tidak hanya bisa mencetak dokumen saja. Beberapa printer sudah memiliki beberapa fitur tambahan seperti melakukan fotocopy dan melakukan scanning. Jadi, tidak perlu harus memiliki mesin fotocopy dan scanner untuk melakukan hal tersebut.


Epson menjadi salah satu merek printer yang banyak digunakan dan populer di Indonesia. Ada beragam jenis dan tipe yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Salah satu tipenya printer Epson L120 yang cukup banyak digunakan, beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui printer Epson L120 ini. Namun, kita tidak akan membahas lebih detail mengenai hal itu.

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa printer merupakan perangkat yang seringkali mengalami masalah, baik itu saat sedang digunakan atau saat akan digunakan. Masalah yang muncul pada printer sangatlah beragam, dari yang terkecil hingga masalah besar yang menyebabkan printer tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Tidak Keluar Tinta Hitam

Munculnya masalah pada printer pasti akan membuat kita sebagai penggunanya merasa bingung mengapa bisa terjadi masalah, apalagi terjadi pada orang awam yang kurang mengerti mengenai cara mengatasinya. Jika munculnya masalah ini di tempat seperti fotocopy atau warnet, mungkin bisa meminta bantuan pada penjaga tempat tersebut untuk mengatasi masalah pada printer. 

Lalu bagaimana jika terjadi masalah pada printer milik pribadi di rumah tanpa bisa meminta bantuan pada siapapun? Agar bisa mengatasi berbagai macam permasalahan pada printer, yang perlu kita ketahui adalah penyebabnya. Setiap printer yang mengalami masalah pasti ada penyebab yang memicu terjadinya masalah.

Baca Juga :

Beberapa permasalahan yang sering terjadi pada printer diantaranya kertas yang mengalami macet pada saat sedang mencetak, printer tidak terdeteksi oleh laptop atau komputer, tinta printer yang tidak mau keluar saat mencetak, hasil cetakan yang bergaris-garis, dan masalah-masalah lainnya yang sering muncul.

Biasanya munculnya masalah tersebut akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala dan berkedip-kedip. Lampu indikator akan menyala sesuai dengan masalah yang muncul, hal ini juga ditujukan untuk para pengguna dan memudahkan mengidentifikasi masalah. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna harus tahu arti dari nyala dan kedipan lampu indikator yang menyala.

Penyebab Printer Epson L120 Tidak Keluar Tinta Hitam

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai masalah printer Epson L120 yang tidak mau keluar tinta hitamnya. Masalah ini umumnya terjadi pada printer yang lama tidak digunakan kemudian digunakan kembali setelah sekian lama. 

Jika jangka waktu penggunaan printer tidak terlalu lama, biasanya tinta akan tetap keluar namun tinta yang tercetak pada kertas sangat tipis dan tidak tebal seperti biasanya. Namun, jika printer sudah lama tidak digunakan sama sekali, tinta tidak akan keluar. 

Baca Juga :

Hal tersebut bisa terjadi karena tinta macet dan tersumbat karena sudah lama tidak digunakan. Idealnya printer digunakan secara berkala agar tinta tetap terjaga, minimal 3 kali pemakaian dalam seminggu atau lebih. 

Lalu bagaimana cara mengatasi tinta hitam tidak keluar pada printer Epson L120? Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan Anda simak langkah-langkah dibawah ini ya.

Solusi Mengatasi Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer Epson L120

Dibawah ini, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi tinta hitam yang tidak keluar pada printer Epson L120. Silahkan coba satu per-satu cara yang ada dibawah ini.

1. Bersihkan Print Head
Printer Epson L120 memiliki Print Head yang berfungsi untuk mengalirkan tinta pada kertas saat mencetak. Print Head merupakan salah satu komponen penting yang ada pada printer, oleh karena itu ketika printer tidak dapat mengeluarkan tinta maka Print Head perlu di cek untuk memastikan kendalanya berada dimana.

Saat Print Head terjadi masalah seperti adanya tinta yang mengering menghalangi dan menyumbat yang membuat tinta tidak keluar. 

Untuk lebih detail cara membersihkan Print Head, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :
  1. Search dan masuk ke menu Device and Printers
  2. Selanjutnya, pilih icon printer dengan nama Epson L120 Series.
  3. Akan muncul 3 tombol, disini Anda perlu memilih Manage.
  4. Kemudian, pilih Printing Preferences.
  5. Tahap selanjutnya, akan muncul tampilan Printing Preferences. Pilih tab Maintenance.
  6. Lalu, pilih dan klik Nozzle Check.
  7. Berikutnya akan ada konfirmasi, pilih tombol Print.
  8. Tunggu proses head cleaning beberapa saat.
  9. Pilih dan klik tombol Clean.
  10. Selanjutnya, klik Start.
  11. Langkah selanjutnya, klik tombol Print Nozzle Check Pattern.
  12. Proses pembersihan Print Head selesai.
  13. Jika sudah selesai, lakukan percobaan dengan mencetak dokumen dengan warna hitam.

2. Sedot Mciss Dengan Suntikan
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menyedot Mciss dengan suntikan, pada cara ini Anda perlu memiliki suntikan yang biasa digunakan untuk mengisi tinta (refill). Mciss merupakan salah satu komponen lainnya yang berfungsi sebagai wadah untuk tinta sebelum dialirkan untuk mencetak dokumen.

Biasanya, tinta habis atau mengering sehingga menyebabkan tinta tidak keluar. Untuk langkah-langkah lebih detailnya, cek dibawahi ni :
  1. Matikan dan cabut kabel power printer terlebih dahulu. Pastikan printer mati.
  2. Bongkar casing printer dengan hati-hati.
  3. Keluarkan semua Mciss, gunakan obeng jika diperlukan.
  4. Masukkan suntikan pada lubang yang ada pada Mciss.
  5. Kemudian, tarik suntikan hingga tinta mengisi Mciss.
  6. Pasangkan kembali Mciss pada tempatnya.
  7. Lakukan percobaan dengan mencetak dokumen berwarna hitam.
  8. Tutup casing printer seperti semula.

3. Gunakan Fitur Troubleshooting
Sistem operasi Windows memiliki fitur Troubleshooting untuk memberikan kemudahan para penggunanya dalam mengidentifikasi masalah yang ada serta membantu menyelesaikan masalah. 

Troubleshoot ini bisa juga digunakan pada printer yang sedang mengalami masalah, untuk cara penggunaannya silahkan simak dan ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Search dan masuk ke menu Troubleshoot / Troubleshoot Settings.
  2. Klik Additional Troubleshooters.
  3. Selanjutnya, pilih Printer lalu klik Run The Troubleshooter.
  4. Sistem akan memproses untuk mencari dan mendeteksi problem.
  5. Jika memang terjadi masalah, biasanya akan menampilkan problem yang ada.
  6. Ikuti instruksi yang ada untuk mengatasi masalah.
  7. Tutup menu Troubleshoot jika sudah selesai menyelesaikan masalah. 

Penutup

Bagaimana? Mudah bukan untuk mengatasinya, semoga printer bisa kembali digunakan ya. Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Epson L120 Tidak Keluar Tinta Hitam. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan yang sedang Anda hadapi saat ini. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan konten artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu. Jika ada pertanyaan mengenai seputar dari artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar yang ada dibawah.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close