Cara Mudah Mengatasi Sim Card Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mudah Mengatasi Sim Card Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal

Share This

Cara Mudah Mengatasi Sim Card Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal - Di zaman seperti sekarang ini sinyal merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan sehari-hari masyarakat kita. Mungkin, hampir setiap jam orang akan selalu membuka/memainkan handphonenya masing-masing, entah itu untuk keperluan hiburan, pekerjaan, bersosial media, dan lain sebagainya. 


Sim Card merupakan alat perantara untuk menjembatani antara handphone dengan sinyal. Sinyal yang diterima di handphone berasal dari sim card provider yang digunakan. Jadi, apabila misalkan sim card-nya bermasalah maka sinyal pun akan ikut bermasalah juga. Keduanya saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Namun, pada beberapa kasus ada sim card yang bermasalah sehingga sinyal handphone tidak muncul.


Kasus yang sering terjadi adalah sim card yang terbaca di handphone namun sinyal tidak ada/tidak muncul seperti biasanya. Hal ini tentunya membuat bingung, karena tanpa adanya sinyal kita tidak bisa melakukan aktivitas di handphone, baik itu menerima sms pun tidak bisa. Lantas bagaimana? Apakah hal ini masih bisa diatasi? Jawabannya, tentu bisa. Anda bisa memperbaiki hal itu dengan sangat mudah.


Dalam keadaan normal, biasanya sinyal akan muncul di layar handphone pada bagian paling atas layar dengan icon grafik. Sebaliknya, jika dalam keadaan error sinyal tidak akan muncul dan biasanya muncul icon silang (X). Keadaan error seperti itu terjadi karena beberapa faktor, bisa terjadi karena setelah handphone jatuh atau dalam keadaan mati lampu. 


Baca Juga : 


Selanjutnya, langkah untuk mengatasinya bagaimana? Anda bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini. Silahkan di simak penjelasan dibawah ini ya agar lebih jelas mengenai cara mengatasinya.


Cara Mudah Mengatasi Sim Card Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal

1. Cek Posisi Sim Card

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek posisi sim card. Ditakutkan slot sim mengalami kerusakan, tidak ada salahnya kita mengecek posisi dari sim card handphone yang terpasang untuk memastikan bahwa posisi dari sim card yang terpasang sudah benar dan tidak ada kesalahan. Jika handphone memiliki lebih dari 1 slot sim, bisa mencoba memindahkan ke slot sim lainnya.


2. Restart Handphone

Jika cara pertama belum berhasil, coba lakukan dengan cara merestart handphone. Tidak adanya sinyal pada handphone biasanya juga terjadi karena adanya kesalahan sistem yang saat itu terjadi gara-gara berbagai faktor yang menyebabkan handphone mengalami hilang sinyal. 


Dengan melakukan restart, sistem handphone akan memulai kembali dan sistem yang sebelumnya bermasalah akan kembali normal ketika handphone di restart.  


Baca Juga :


3. Pancing Sinyal Dengan Mode Pesawat

Anda juga bisa menggunakan cara lainnya untuk mengatasi sim card yang terbaca namun tidak ada sinyal dengan memancing sinyal dengan mode pesawat. Nyalakan terlebih dahulu fitur mode pesawat, tunggu selama 5 - 30 detik, setelah itu matikan mode pesawat. Selanjutnya, setelah melakukan cara tersebut cek kembali sinyal pada handphone apakah sudah ada atau tidak. 


4. Cek Nomor IMEI Handphone

Apabila semua cara diatas masih tidak bisa, silahkan cek nomor IMEI handphone terlebih dahulu. Mengapa harus mengecek nomor IMEI? Karena jika handphone tidak memiliki nomor IMEI maka dipastikan handphone tersebut tidak akan memiliki layanan sinyal. Nomor IMEI adalah nomor unik yang dimiliki oleh setiap handphone, bila handphone tidak ada nomor IMEI terindikasi handphone tersebut BM.


Anda bisa cek nomor IMEI handphone pada artikel berikut, Cara Cek IMEI HP Yang Terdaftar di Kominfo.


5. Bawa Handphone ke Service Center

Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh Anda adalah dengan membawa handphone ke Service Center. Anda bisa hanya sekedar menanyakan mengapa mengalami kendala tidak ada sinyal di HP, dan bagaimana solusinya. Tapi ingat, cara ini Anda lakukan ketika benar-benar tidak ada cara lagi pada saat mengatasi masalah hal tersebut. 


Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Mengatasi Sim Card Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih telah membaca artikel ini, jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya. 

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close